Roboguru

Apa perbedaan gagasan antarparagraf dalam teks tersebut?

Pertanyaan

Apa perbedaan gagasan antarparagraf dalam teks tersebut?

  1. Paragraf pertama memaparkan pendidikan karakter secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan pendidikan karakter secara khusus.

  2. Paragraf pertama memaparkan konsep pendidikan karakter, sedangkan paragraf kedua memaparkan unsur pendidikan karakter.

  3. Paragraf pertama memaparkan pendidikan secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan tujuan pendidikan secara khusus.

  4. Paragraf pertama memaparkan pendidikan pendidikan secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan konsep pendidikan karakter.

  5. Paragraf pertama memaparkan pendidikan secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan manfaat pendidikan karakter.

Pembahasan Soal:

Gagasan adalah segala sesuatu yang dimaksud berupa ide atau hasil pemikiran untuk dituangkan dan dibagikan kepada pendengarnya serta gagasan juga bisa menjadi komunikasi antara penulis dengan pendengar lewat membagikan gagasan tersebut.

Berikut ini adalah analisis gagasan pada paragraf kesatu dan kedua pada wacana di atas, yaitu:

  • Gagasan pada paragraf pertama memaprkan mengenai konsep pendidikan secara umum. Hal ini sesuai dengan kutipan kalimat utama yang berbunyi "(1) Semua orang pasti mengenal pendidikan."
  • Gagasan pada paragraf kedua memaparkan konsep pendidikan karakter. Hal ini sesuai dengan kutipan kalimat utama yang berbunyi "Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, dan tindakan."


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa simpulan keseluruhan isi tabel dalam teks tersebut?

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simpulan adalah sesuatu yang disimpulkan atau diikatkan; hasil menyimpulkan; kesimpulan.

Simpulan bisa didefinisikan sebagai pendapat atau gagasan akhir dari suatu teks, uraian, bacaan, dan sebagainya. Pada dasarnya, simpulan bisa dinyatakan secara tersirat maupun tersurat. Simpulan yang tersurat ditandai dengan konjungsi, seperti ‘jadi’, ‘oleh karena itu’, ‘dengan demikian’, dan sebagainya. Untuk simpulan tersirat bisa diketahui dari kalimat utamanya. 

Simpulan keseluruhan isi tabel dalam teks tersebut adalah persentase PDB sektor kelautan meningkat setiap tahun. Hal tersebut karena teks tersebut membicarakan/menjelaskan mengenai sektor kelautan yang menjadi prospek pertumbuhan ekonomi di dunia. Jadi, persentase sektor kelautan meningkat setiap tahun.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.  

Roboguru

Ide pokok bacaan di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah pernyataan yang menjiwai sebuah paragraf. Ide pokok ada yang tersurat, yakni yang muncul sebagai kalimat utama dan yang tersirat di keseluruhan isi paragraf. Paragraf ini memiliki kalimat utama yang terletak pada kalimat pertama. Paragraf dengan ide pokok yang tersurat biasanya dimunculkan dalam sebuah kalimat yang disebut kalimat utama. Kalimat utama ini biasanya berisi pernyataan umum dan dijelaskan oleh kalimat-kalimat selanjutnya. Paragraf ini menjelaskan tentang salah satu energi yang dihasilkan oleh bumi yang disebut sebagai energi geotermal. Penjelasan mengenai energi geotermal ini memang menjadi fokus paragraf karena dijelaskan dengan terperinci, terutama berkenaan dengan temperatur inti bumi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Paragraf di tersebut termasuk ke dalam jenis paragraf ...

Pembahasan Soal:

Paragraf adalah gabungan beberapa kalimat yang saling berhubungan (padu), dan menghasilkan suatu topik tertentu.

Berikut jenis-jenis paragraf berdasarkan tujuannya:

  1. Paragraf Narasi: paragraf yang menyajikan suatu kejadian dari awal hingga akhir berdasarkan urutan waktu.
     
  2. Paragraf Eksposisi: paragraf yang memaparkan atau menyampaikan suatu informasi kepada pembaca.
     
  3. Paragraf Argumentasi: paragraf yang berisi ide, gagasan, atau pendapat untuk meyakinkan orang lain bahwa ide, gagasan, dan pendapat yang diungkapkan adalah benar adanya.
     
  4. Paragraf Persuasi: paragraf yang bertujuan untuk membuat pembaca percaya, yakin, yang tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu yang disampaikan oleh penulisnya (berisi ajakan, larangan, imbauan, hingga perintah kepada pembaca).

Paragraf di atas termasuk ke dalam jenis paragraf persuasif, karena berisi imbauan kepada pembacanya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Berdasarkan kutipan berikut:

Oleh karena itu, marilah kita menjaga kebersihan dengan cara membersihkan lingkungan sekitar kita.

Ditandai dengan kata ajakan, marilah.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.undefined 

Roboguru

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf adalah menemukan hal/kajian yang berkaitan dengan isi paragraf yang dimaksud.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf adalah kardio merupakan olahraga yang keliru untuk menurunkan berat badan. Pernyatataan tersebut diperkuat dalam kalimat (1), (2), dan (3). Dalam paragraf tersebut dijelaskan bahwa kardio bisa membakar lemak, tetapi hanya sedikit dan kurang sesuai dengan tujuan seseorang berolahraga. Dengan demikian, kardio tidak dianjurkan untuk menurunkan berat badan seseorang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Manakah pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf ke-2?

Pembahasan Soal:

Wacana berisikan pembahasan tentang topik atau hal tertentu yang ingin disampaikan. Wacana memiliki keterikatan antar unsur dalam suatu teks, serta memiliki hubungan logis antar kalimat dalam suatu paragraf. Di dalam wacana terdapat beberapa paragraf, tiap paragraf memiliki ide pokok dan ide penjelas. 

Paragraf kedua wacana di atas membahas pendidikan karakter dan tiga aspek yang penting dalam pendidikan tersebut, yaitu pengetahuan, perasaan, dan tindakan. Sesuai dengan isinya, pertanyaan yang jawaban ada pada paragraf kedua adalah Bagaimana pendapat Lickona tentang aspek pendidikan karakter?. Jawaban dari pertanyaan ini ada kalimat ke (7) Menurut Lickona, tanpa ketiga aspek itu, pendidikan karakter tidak akan efektif. Pertanyaan pada pilihan jawaban (A), (B), (C), dan (E) tidak terdapat di teks.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved