Roboguru

Apa pengertian dari Masa Kemerdekaan (1945-1950) ...

Pertanyaan

Apa pengertian dari Masa Kemerdekaan (1945-1950) ...

Pembahasan Soal:

Periodisasi sejarah Indonesia pada tahun 1945-1950 disebut sebagai Masa Revolusi Indonesia. Masa Revolusi atau usaha untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia itu terjadi disebabkan kedatangan Sekutu dan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) atau Pemerintahan Sipil Hindia Belanda yang dianggap dan terindikasi ingin menguasai kembali Indonesia pasca kemerdekaanya. Adapun bentuk usaha perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia terbagi dalam dua cara. Pertama, yaitu perang fisik sebagaimana terlihat dalam serangkaian Pertempuran Surabaya, Ambarawa, Bandung Lautan Api dan sebagainya. Kedua adalah dengan jalan diplomasi, yakni jalur perundingan antara pemerintahan Indonesia dan Belanda, seperti Perundingan Linggarjati, Renville, Roem-Royen dan Konferensi Meja Bundar. 

Dengan memahami begitu, maka pengertian Indonesia pada masa 1945-1950 adalah usaha perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaanya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 28 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang melatarbelakangi perjuangan mempertahankan kemerdekaan berupa pertempuran fisik di daerah-daerah, padahal Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaan?

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia menyatakan diri sebagai bangsa yang merdeka atas penjajahan, hal ini diwujudkan ketika Sukarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia didampingi Mohammad Hatta atas nama bangsa Indonesia.  Akan tetapi, setelah beberapa bulan kemudian, ketika Negara Indonesia sedang melakukan upaya penyusunan regulasi dan pembentukan lembaga-lembaga kenegaraan, pihak Sekutu diwakili oleh Inggris sebagai pemenang dalam Perang Dunia II, datang ke Indonesia melalui AFNEI (Allied Forced Netherland East Indies). Kedatangan pihak Sekutu ini membawa misi-misi internasional, yaitu:

  • membebaskan tawanan perang Jepang,
  • melucuti senjata tentara Jepang, dan
  • mengembalikan tentara Jepang ke negeri asalnya. 

Pada awalnya, kedatangan sekutu Sekutu diterima dengan baik oleh para petinggi Negara Indonesia, namun pada praktiknya Sekutu (AFNEI) juga membawa NICA (Netherland Indies Civil Administration) atau Pemerintahan Sipil Hindia Belanda. Kecurigaan bangsa Indonesia sebagai negara yang telah menyatakan kemerdekaanya muncul karena Sekutu membawa NICA yang berambisi untuk kembali menguasai pemerintahan di Indonesia kembali. Hal ini terbukti dari beberapa pemicu pertempuran Masa Revolusi Nasional, seperti Pertempuran Ambarawa yang dipicu lantaran Sekutu dan NICA mempersenjatai tawanan perang Sekutu yang dibebaskan. Sebab itu, sejak rentang waktu dari 1945-1950 meski telah merdeka, Indonesia dalam periodisasi sejarah masuk pada tahap Revolusi Nasional, yakni serangkaian pertentangan antara Indonesia dengan Sekutu dan NICA dalam konflik pertempuran fisik dan diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaannya.

Jadi, latar belakang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah hadirnya NICA dalam kesatuan tentara Sekutu dan praktik yang dilakukan olehnya, seperti mempersenjatai tawanan perang Sekutu.

0

Roboguru

Revolusi nasional Indonesia berlangsung pada periode…

Pembahasan Soal:

Secara lini masa, revolusi nasional Indonesia berlangsung pada periode 1945-1949. Tepatnya, revolusi terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia hingga pengakuan Belanda atas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.

0

Roboguru

Revolusi Indonesia yang berlangsung dari kurun waktu 1945-1949 penuh dinamika dan drama. Ada saatnya perjuangan harus ditempuh dengan jalan fisik, namun ada saatnya pula perjuangan harus ditempuh mela...

Pembahasan Soal:

Fakta menunjukkan bahwa diplomasi menjadi bagian terpenting dalam sejarah revolusi Indonesia. Meski tidak mengabaikan perjuangan fisik yang telah dilakukan para pejuang Indonesia, namun begitu, perjuangan diplomatik menjadi penentu perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan yang telah diraih dengan susah payah. Hal ini dapat dibuktikan dengan berhasilnya misi-misi diplomatik yang diinisiasi Indonesia dalam menekan Belanda mau bersikap kooperatif dan mau mengakui kedaulatan Indonesia. Sederet misi diplomatik seperti Perundingan Linggajati, Perundingan Renville, Perundingan Roem-Royen, Konferensi Inter Indonesia hingga puncaknya Konferensi Meja Bundar di mana pada momentum ini Belanda secara resmi mau mengakui Indonesia sebagai sebuah negara merdeka dan berdaulat adalah bukti nyata betapa langkah diplomasi Indonesia melalui proses perundingan yang tidak sebentar memainkan peran vital dalam upaya mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan. 

1

Roboguru

Perang Dunia II 1939-1945 dimenangkan oleh kelompok Blok Sekutu, maka setelah perang selesai maka Sekutu datang ke Indonesia dan diwakili oleh Inggris. Apakah alasan sekutu datang ke Indonesia?

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat terhadap Sekutu. Hal tersebut berdampak pada kemerdekaan sekaligus vacuum of power di Indonesia. Pasca Perang Dunia II tersebut, Belanda dan Inggris melakukan perundingan yang menghasilkan Civil Affairs Agreement. Isi dari Civil Affairs Agreement adalah pengaturan penyerahan kembali Indonesia dari pihak Inggris kepada Belanda selaku salah satu negara dari blok sekutu dan merupakan negara yang pernah menjajah Indonesia. Civil Affairs Agreement disahkan pada 24 Agustus 1945. Setelah disahkanya perjanjian tersebut, Sekutu yang kemudian diboncengi Belanda, datang ke Indonesia. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Tugas Mandiri 6.1 Setelah kalian membaca uraian materi pada bagian ini, coba kalian deskripsikan perjuangan bangsa Indonesia sejak zaman penjajahan sampai sekarang. Kemudian, tulislah dalam tabel sep...

Pembahasan Soal:

No Perjuangan bangsa Indonesia Deskripsi
4. masa mempertahankan kemerdekaan Setelah Indonesia merdeka, ternyata masih ada keinginan dari Belanda untuk menjajah kembali Indonesia dengan nama NICA (Netherland Indies Civil Administration) yang membonceng tentara Sekutu yang ingin mengambil alih kekuasaa Jepang di Indonesia. NICA dan Sekutu melancarkan berbagai serangan yang dilakukan diberbagai daerah dalam rangka ingin menguasai Indonesia. Pihak Indonesia bersama-sama melawan Sekutu dan NICA melalui perjuangan fisik yang dilakukan diberbagai daerah diantaranya: Pertempuran 10 November di Surabaya, Pertempuran Lima Hari di Semarang, Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Medan Area, Peristiwa Bandung Lautan Api dll. Perjuangan tidak hanya dilakukan secara fisik namun juga dengan perjuangan diplomasi melalui berbagai perundingan diantaranya: Perundingan Linggarjati, Perundingan Renville, Perundingan Roem-Royen, Konferensi Inter-Indonesia, KMB.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved