Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dahulu kala, di kota Palembang, ada dua kerajaan yang sama besarnya dan sama kuatnya, yaitu Kerajaan Hulu dan Kerajaan Hilir. Suatu hari, Kerajaan Hulu hendak menyerang Kerajaan Hilir yang baru saja berganti raja. Namun, kerajaan Hulu gagal karena Kerajaan Hilir mengetahui bahwa kerajaan mereka akan diserang. Meskipun memenangkan peperangan, Raja Hilir membebaskan pasukan Kerajaan Hulu yang telah menyerah. Putri Kembang Dadar adalah putri raja dari Kerajaan Hulu. Ia mengagumi kebaikan hati raja baru Kerajaan Hilir. Namun, ayahnya geram dan merasa dihina. Kemudian terdengar kabar bahwa Kerajaan Hilir akan menyerang Kerajaan Hulu. Mendengar kabar tersebut Putri Kembang Dadar pun pergi menemui raja Kerajaan Hilir dengan menyamar menjadi penjual kue. Raja tersebut pun jatuh cinta dengan kecantikan dan kebaikan hatinya. la mengatakan bahwa kerajaannya tidak pernah berniat untuk menyerang Kerajaan Hulu.space

 

 

Amanat dari cerita tersebut adalah ....

Amanat dari cerita tersebut adalah ....space

 

Iklan

N. Faizah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Amanat adalah suatu pesan moral atau nasihat yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun melalui suatu karya. Secara umum, pengertian amanat adalah sebuah kata yang memiliki arti pesan, nasihat atau keterangan. Konflik dalam cerita tersebut yaitu tentang prasangka buruk Kerajaan Hulu kepada kerajaan Hilir yang menurut kerajaan Hulu, kerajaan Hilir akan menyerangnya. Dengan demikian, amanat yang tepat untuk penggalan cerita tersebut adalah janganlah berprasangka buruk terhadap siapapun.

    Amanat adalah suatu pesan moral atau nasihat yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun melalui suatu karya. Secara umum, pengertian amanat adalah sebuah kata yang memiliki arti pesan, nasihat atau keterangan.

    Konflik dalam cerita tersebut yaitu tentang prasangka buruk Kerajaan Hulu kepada kerajaan Hilir yang menurut kerajaan Hulu, kerajaan Hilir akan menyerangnya.

    Dengan demikian, amanat yang tepat untuk penggalan cerita tersebut adalah janganlah berprasangka buruk terhadap siapapun.space

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Konflik puncak yang terjadi pada cerita di atas adalah ...

28

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia