Iklan

Iklan

Pertanyaan

Alasan utama Kahar Muzakar memimpin gerakan separatis DI!TII di Sulawesi Selatan adalah ... tidak semua anak buah Kahar Muzakar masuk menjadi pasukan APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat) kekecewaan Kahar Muzakar atas campur tangan TNI di Sulawesi Selatan. keinginan Kahar Muzakar untuk menjadi gubernur konflik Kahar Muzakar dengan pejabat- pejabat lokal.

Alasan utama Kahar Muzakar memimpin gerakan separatis DI!TII di Sulawesi Selatan adalah ...

  1. tidak semua anak buah Kahar Muzakar masuk menjadi pasukan APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat)
  2. kekecewaan Kahar Muzakar atas campur tangan TNI di Sulawesi Selatan.
  3. keinginan Kahar Muzakar untuk menjadi gubernur
  4. konflik Kahar Muzakar dengan pejabat- pejabat lokal.
  1. Jika jawaban (1 ), (2}, dan (3) benar

  2. Jika jawaban (1) dan (3) benar

  3. Jika jawaban (2) dan (4) benar

  4. Jika jawaban (4) saja yang benar

  5. Jika semua jawaban benar

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah A. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pada 1950, peristiwa pemberontakan besar terjadi di Sulawesi Selatan. Peristiwa ini dikenal sebagai Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) Kahar Muzakkar adalah dalang utama dibalik pemberontakan ini. Ia memimpin kelompok gerakan yang bernama Komando Gerilya Sulawesi Selatan atau KGSS dan melakukan berbagai kekacauan di Sulawesi Selatan. Mengutip dari Jurnal Penelitian Keislaman (2019) karya Nurul Azizah, dituliskan jika Kahar Muzakkar merupakan anak dari keluarga pedagang dalam tingkatan masyarakat to' maradeka atau orang merdeka. Dilansir dari situs Pemerintah Kota Makasar, Kahar Muzakkar memiliki nama kecil La Domeng. Menurut sejarah yang beredar, nama Abdul Kahar Muzakkar merupakan nama yang serupa dengan salah satu guru favoritnya yang bernama Abdul Kahar Muzakkir. Pada 20 Januari 1952, Kahar Muzakkar memutuskan untuk bergabung dengan DI/TII. Pada 7 Agustus 1953, ia mengumumkan jika Sulawesi Selatan dan daerah sekitarnya merupakan bagian dari Negara Islam Indonesia. Pemberontakan oleh Kahar Muzakkar didasari oleh rasa kekecewaanya karena banyak anggota KGSS yang tidak diterima menjadi Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS). Awalnya Kahar Muzakkar meminta agar seluruh personel KGSS menjadi bagian dari APRIS.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah A.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pada 1950, peristiwa pemberontakan besar terjadi di Sulawesi Selatan. Peristiwa ini dikenal sebagai Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) Kahar Muzakkar adalah dalang utama dibalik pemberontakan ini. Ia memimpin kelompok gerakan yang bernama Komando Gerilya Sulawesi Selatan atau KGSS dan melakukan berbagai kekacauan di Sulawesi Selatan. Mengutip dari Jurnal Penelitian Keislaman (2019) karya Nurul Azizah, dituliskan jika Kahar Muzakkar merupakan anak dari keluarga pedagang dalam tingkatan masyarakat to' maradeka atau orang merdeka. Dilansir dari situs Pemerintah Kota Makasar, Kahar Muzakkar memiliki nama kecil La Domeng. Menurut sejarah yang beredar, nama Abdul Kahar Muzakkar merupakan nama yang serupa dengan salah satu guru favoritnya yang bernama Abdul Kahar Muzakkir. Pada 20 Januari 1952, Kahar Muzakkar memutuskan untuk bergabung dengan DI/TII. Pada 7 Agustus 1953, ia mengumumkan jika Sulawesi Selatan dan daerah sekitarnya merupakan bagian dari Negara Islam Indonesia. Pemberontakan oleh Kahar Muzakkar didasari oleh rasa kekecewaanya karena banyak anggota KGSS yang tidak diterima menjadi Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS). Awalnya Kahar Muzakkar meminta agar seluruh personel KGSS menjadi bagian dari APRIS.

992

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Menjelang peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945, golongan pemuda membawa Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok....

108

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia