Iklan

Iklan

Pertanyaan

Walaupun telah membentuk BPUPKI dan PPKI, sebagai pihak yang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II, Jepang tidak berhak memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. SEBAB Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan Soekarno dan Muhammad Hatta setelah Jepang menyerah kepada Sekutu.

Walaupun telah membentuk BPUPKI dan PPKI, sebagai pihak yang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II, Jepang tidak berhak memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

SEBAB

Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan Soekarno dan Muhammad Hatta setelah Jepang menyerah kepada Sekutu.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

  3. Pernyataan benar dan alasan salah

  4. Pernyataan salah dan alasan benar

  5. Pernyataan dan alasan salah

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan benar, alasan benar, dan saling berhubungan.

pernyataan benar, alasan benar, dan saling berhubungan.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B. Untuk lebih jelasnya. yuk pahami pembahasan berikut: Pernyataan benar karena sebagai pihak yang kalah Jepang harus menaati hasil perjanjian yang telah disepakati dengan pihak Sekutu setelah Perang Dunia II. Seperti yang dikatakan Jenderal Nishimura kepada Soekarno dan Hatta bahwa dengan menyerahnya Jepang terhadap Sekutu, artinya Jepang tidak boleh lagi mengubah status quo ( status politik Indonesia). Jadi, walaupun sudah membentuk BPUPKI dan PPKI, Jepang sudah tidak berhak memberikan kemerdekaan pada Indonesia. Alasan benar karena proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada saat Indonesia saat itu mengalami vacuum of power (kekosongan kekuasaan). Artinya Jepang yang saat itu menguasai Indonesia hanya menjaga status quo (status politik Indonesia) sampai pasukan Sekutu datang dan mengambil alih wilayah Indonesia. Jadi, proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan setelah Jepang menyerah kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Berdasarkan penjelasan diatas pernyataan benar, alasan benar, dan saling berhubungan.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B.

Untuk lebih jelasnya. yuk pahami pembahasan berikut:

Pernyataan benar karena sebagai pihak yang kalah Jepang harus menaati hasil perjanjian yang telah disepakati dengan pihak Sekutu setelah Perang Dunia II. Seperti yang dikatakan Jenderal Nishimura kepada Soekarno dan Hatta bahwa dengan menyerahnya Jepang terhadap Sekutu, artinya Jepang tidak boleh lagi mengubah status quo (status politik Indonesia). Jadi, walaupun sudah membentuk BPUPKI dan PPKI, Jepang sudah tidak berhak memberikan kemerdekaan pada Indonesia.

Alasan benar karena proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada saat Indonesia saat itu mengalami vacuum of power (kekosongan kekuasaan). Artinya Jepang yang saat itu menguasai Indonesia hanya menjaga status quo (status politik Indonesia) sampai pasukan Sekutu datang dan mengambil alih wilayah Indonesia. Jadi, proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan setelah Jepang menyerah kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945.

Berdasarkan penjelasan diatas pernyataan benar, alasan benar, dan saling berhubungan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

94

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang secara resmi mengakui kekalahannya dari Sekutu. Hal ini menyebabkan...

11

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia