Roboguru

Alasan mengapa teori kesatria banyak diragukan oleh para ahli adalah ....

Pertanyaan

Alasan mengapa teori kesatria banyak diragukan oleh para ahli adalah ....

  1. karena kaum bangsawan tidak melakukan dagang di Indonesia

  2. karena kurangnya bukti adanya kolonialisasi di Indonesia oleh para prajurit India

  3. karena menghindari perbudakan

  4. karena hanya kaum Brahmana yang menyebarkan agama Hindu

  5. karena raja tidak bertugas untuk menyebarkan agama

Pembahasan Soal:

Proses penyebaran ajaran Hindu dan Buddha di Indonesia didasarkan pada sejumlah teori, salah satunya teori ksatria. Teori ksatria dikemukakan oleh R. C. Majundar. Teori ini menekankan pada peran para ksatria atau prajurit India dalam penyebaran ajaran Hindu dan Buddha. Teori ksatria memiliki keunggulan serta kelemahan dibanding teori-teori yang lain. Kelebihan teori ksatria adalah sejarah kolonisasi atau penaklukkan yang kerap dilakukan para prajurit India di bebera tempat. Sedangkan kelemahan dari teori ksatria adalah kurangnya bukti adanya kolonisasi di Indonesia oleh para prajurit India.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan dan jelaskan tentang teori masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia!

Pembahasan Soal:

Teori Ksatria

  • Teori ini dikemukakan oleh R.C. Majumdar, C.C. Berg dan Mookerji. Para pendukung teori ksatria beranggapan bahwa agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh para ksatria, yakni golongan bangsawan dan prajurit perang

Teori Waisya 

  • Teori ini dicetuskan oleh N.J. Krom. Menurutnya kebudayaan India masuk ke Indonesia dibawa oleh kasta Waisya, terutama para pedagang. Kaum Waisya yang berdagang ke Nusantara berlayar mengikuti angin. Jika angin tidak memungkinkan untuk kembali, mereka akan menetap sementara waktu.

Teori Brahmana

  • Menurut teori ini para brahmana seperti ahli ulama, ahli hukum, ahli kitab suci, serta sarjana sastra dan filsafat berperan membawa kebudayaan India ke Indonesia. Teori ini dikemukakan oleh Van Leur. 

Teori Sudra 

  • Teori ini dikemukakan oleh van Faber. Teori Sudra beranggapan bahwa agama dan kebudayaan Hindu dibawa oleh golongan Sudra atau budak yang datang ke Indonesia untuk memperbaiki taraf hidupnya.

Teori Arus Balik 

  • Menurut F.D.K. Bosch, masyarakat Indonesia tidak hanya menerima pengetahuan agama dari orang asing yang datang. Kebudayaan Hindu yang masuk ke Indonesia itu adalah atas inisiatif dari bangsa Indonesia sendiri.

Dengan demikian, teori masukannya Hindu Buddha ke Indonesia terdiri dari teori Brahmana, Ksatria, Waisya, Sudra, dan Arus Balik.
 

 

0

Roboguru

Uraiankan tentang teori masuknya agama Hindu Buddha di Nusantara!

Pembahasan Soal:

Masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia berawal melalui jalur perdagangan. Pada masa tersebut sebelum bangsa kolonial datang ke Nusantara, Indonesia melakukan transaksi perdagangan dengan bangsa asing, terutama China dan India yang merupakan pusat Hindu-Buddha terbesar di Asia. Melalui jalur perdagangan, agama Hindu-Buddha mulai hadir di Indonesia. Para pedagang tersebut mengajarkan agama Hindu-Buddha ke Indonesia. Karena perbedaan budaya yang tidak terlalu mencolok antar bangsa Indonesia dan bangsa India serta China, maka agama Hindu-Buddha mudah diterima masyarakat. Terdapat 4 teori yang cukup terkenal dalam menjelaskan masuknya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia, yaitu:

  1. Teori Ksatria. Teori ini menyatakan bahwa agama Hindu Buddha dibawa oleh kaum ksatria yang melalukan ekspedisi militer ke Indonesia.
  2. Teori Waisya. Teori ini menyatakan kalau agama Hindu Buddha dibawa oleh pada pedagang India ke Indonesia
  3. Teori Brahmana. Teori ini menyatakan bahwa agama Hindu Buddha dibawa oleh kaum brahmana dengan 2 cara, yaitu kaum brahmana dari India diundang raja-raja Indonesia dan kaum brahmana datang dari India bersama para pedagang ke Indonesia
  4. Teori Arus balik. Teori ini menyatakan bahwa agama Hindu Buddha dibawa oleh: orang Indonesia yang pergi belajar ke India dan orang Indonesia balik dari India untuk menyebarkan agama Hindu Buddha ke Indonesia.

Dengan demikian 4 teori masuknya budaya Hindu-Budha ke Indonesia adalah teori ksatria, teori waisya, teori brahmana, dan teori arus balik.

0

Roboguru

Dalam pandangan Teori Ksatria, agama Hindu masuk ke Indonesia melalui ….

Pembahasan Soal:

Menurut Teori Ksatria, penyebaran Agama Hindu-Budha di Nusantara dilakukan oleh ksatria atau golongan bangsawan yang memegang kekuasaan dan pemerintahan di India saat itu. Ksatria merupakan kasta kedua dalam ajaran agama Hindu, kedudukannya berada di bawah golongan Brahmana. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan apa kelebihan dan kekurangan masing-masing terori masuknya Hindu-Buddha tersebut!

Pembahasan Soal:

1. Ksatria

  • Kelebihan

Mengemukakan bahwa pada abad ke-5, banyak para ksatria yang melarikan diri karena peperangan di India. Para ksatria yang berasal dari keluarga kerajaan  mendirikan kerajaan baru di Indonesia.

  • Kekurangan

Kasta Ksatria tidak dapat berbahasa Sanksekerta dan tidak adanya bukti berupa prasasti baik di India maupun di Indonesia yang menyebutkan adanya penaklukan/pembukaan daerah baru.

2. Waisya 

  • Kelebihan

Sistem pelayaran saat itu bergantung pada angin muson sehingga para pedagang harus menetap sehingga tumbuh kebudayaan Hindu-Buddha

  • Kelemahan

Para pedagang hanya tertarik pada perdagangan dan ketidak mampu membaca huruf Sanksekerta

3. Brahmana

  • Kelebihan

Para Raja nusantara mengunakan bahasa Sankserta pada  peninggalan Prasasti sehingga ada kemungkinan masuknya pengaruh Hindu-Budha masuk melalui Brahmana

  • Kekurangan 

Para Brahmana tidak dapat menyeberangi laut

4. Arus Balik 

  • kelebihan 

Ada Prasasti Nalanda yang menyebutkan Raja Balaputradewa (Raja Sriwijaya) telah dihadiahi sebidang tanah oleh Raja di Benggala. Tanah tersebut digunakan untuk mendirikan asrama bagi pelajar dari Sriwijaya yang belajar di India

  • kekurangan 

Teori ini tidak menjelaskan kedatangan Hindu-Buddha sebelum adanya Kerajaan Sriwijaya.

5. Teori Sudra

  • kelebihan

Para budak biasanya lebih mudah membaur dengan masyarakat sekitar sehingga lebih mudah komunikasi dan semua orang di  kasta sudra pasti ingin memperbaiki hidup, salah satunya caranya adalah pergi ketempat lain seperti Indonesia.

  • kekurangan

Budak dan tawanan tidak memahami bahasa sansekerta dan huruf pallawa

Dengan demikian, kelima teori masuknya Hindu-Buddha memiliki kelemahan dan kelebihan, terutama terkait perbedaan kemampuan masing masing kasta.

 

1

Roboguru

Sebutkan 4 teori masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Sebelum masuknya pengaruh kebudayaan India ke Nusantara, masyarakat masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Kepercayaan itu dipegang teguh oleh masyarakat Indonesia ketika kebudayaan India masuk. Banyak teori dan opini yang diberikan para ahli sejarah tentang masuknya agama Hindu- Buddha ke Nusantara, diantaranya:

  1. teori brahmana diungkap oleh J.C Van Leur. Dia menyatakan bahwa agama dan kebudayaan Hindu-Buddha yang datang ke Nusantara dibawa oleh golongan brahmanaundefined

  2. teori kesatria,dalam teori ini menyatakan jika masuk agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Nusantara dibawa oleh kasta kesatria, dikemukan oleh sejarawan C.C Bergundefined

  3. teori waisya, dikemukakan oleh Prof. Dr. N. J. Krom. Dia mengatakan jika proses masuknya kebudayaan Hindu-Buddha melalui hubungan dagang antara India dan Nusantaraundefined

  4. teori arus balik, teori ini menyatakan banyak orang Nusantara yang sengaja datang ke India untuk berziarah dan belajar agama Hindu-Buddha. Setelah kembali ke Nusantara mereka menyebarkan ajaran Hindu-Buddha ke masyarakat. Teori ini dikemukakan oleh F.D.K. Bosch.undefined

Dengan demikian, teori tentang masuknya agama Hindu-Budha diantaranya: teori brahmana, teori kesatria, teori waisya, teori arus balik. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved