Roboguru

Ajaran yang mengajarkan manusia untuk menerima nasib, suka, duka, bahagia, bencana adalah sama , merupakan ajaran filsafat oleh ....

Pertanyaan

Ajaran yang mengajarkan manusia untuk menerima nasib, suka, duka, bahagia, bencana adalah sama , merupakan ajaran filsafat oleh .... undefined

  1. Lao-Tze undefined

  2. Kong Fu Tze undefined

  3. Meng Tze undefined

  4. Chung Yung undefined

  5. Ta-Hsueh undefined

Pembahasan Soal:

Filsafat China berkembang pada masa pemerintahan Dinasti Chou. Pada zaman itu lahir tiga ahli filsafat China, yaitu Lao Tse, Kong Fu Tse, dan Meng Tse yang menjadi pedoman hidup bangsa China. Ajaran Lao Tse tercantum dalam bukunya Tao Te Ching. Lao Tse percaya bahwa ada semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi, yaitu bernama Tao. Ajaran Lao Tse bernama Taoisme. Taoisme mengajarkan orang supaya menerima nasib. Menurut ajaran ini, suka dan duka, bahagia dan bencana adalah sama saja. Oleh karena itu, seorang yang menganut Taoisme dapat memikul suatu penderitaan dengan hati tidak berguncang. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang merupakan hasil peninggalan dari Dinasti Qin adalah….

Pembahasan Soal:

Kepala perunggu berasal dari masa Dinasti Shang, bejana perunggu dengan ukiran indah juga terdapat pada masa ini dan pedupaan atau perbaraan pegunungan luas yang digunakan untuk menaruh dupa untuk ritual keagamaan.

Roboguru

Pada masa Cina Kuno, muncul tokoh-tokoh filsafat terkenal seperti Kung Fu Tse, Mo Ti dan Lao Tse. Tokoh-tokoh filsafat ini muncul pada masa ....

Pembahasan Soal:

Filsafat kehidupan Cina berkembang pada zaman Dinasti Chou (1100 - 156 SM) sehingga Dinasti Chou berhasil meletakkan dasar-dasar kehidupan dan berpengaruh sepanjang sejarah Cina. Filsuf Cina antara lain sebagai berikut.

  1. Lao Tse, ajarannya disebut Taoisme, tertulis dalam buku Tao Te-ching, yang intinya adanya semangat keadilan dan kesejahteraan bernama Tao, orang tidak boleh mengekang jalannya alam, orang supaya mau menerima nasib; seperti suka, duka, bahagia, sengsara dan sebagainya.
  2. Mo Ti ajarannya mendasarkan pada Chien Ai, yakni cinta universal. Maksudnya, cinta yang tanpa pandang bulu, yakni mencintai sesama seperti mencintai dirinya sendiri. Jika setiap orang bertindak demikian, maka dunia akan damai.
  3. Kung Fu Tse (Konfusianisme) dalam bahasa Tionghoa, sedangkan orang-orang Barat menyebutnya Confusius. Ajarannya biasa disebut Ju Chia (Kung Chia), orang banyak menyebutnya Confusianisme. Pokok-pokok ajarannya terletak pada Li, Ren dan I. Jika manusia atau masyarakat telah memegang teguh Li, Ren dan I, maka dunia akan damai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Alasan yang melatarbelakangi lahirnya ajaran Konfusius pada masa Dinasti Zhou adalah…..

Pembahasan Soal:

Pada masa Dinasti Zhou terjadi berbagai peperangan yang dilakukan tanpa henti dan membuat rakyat merasa frustasi, di tengah pergolakan yang tiada henti maka lahirlah seorang pemikir bijaksana yang bernama Kong Fu Tse yang kembali mengajarkan Tao dan mengembalikan kedamaian melalui pemikiran-pemikirannya.

Roboguru

Perhatikan data di bawah ini. 1) Tembok Besar Tiongkok dibangun 2) Pasukan terakota. 3) Namanya menjadi asal-usul sebutan "Tiongkok". 4) Jalan sutera (silk road) dirintis. 5) Peletak dasar kekais...

Pembahasan Soal:

Dinasti Qin merupakan dinasti yang mampu membersatukan semua suku bangsa menjadi entitas tunggal nasional Tiongkok. Pada masa dinasti Qin, terjadi perubahan sistem pemerintahan dimana pemerintahan dijalankan seara terpusat dibawah kekuasaan kaisar. Dinasti Qin kemudian dianggap sebagai peletak dasar kekaisaran di Tiongkok. Pada masa pemerintahan Kaisar Shi Huang Ti dilakukan pembangunan Tembok Besar Tiongkok dan pembuatan patung tentara terakota.

Roboguru

Peradaban Tiongkok Kuno dimulai dari Lembah Sungai Kuning, penyebutan Sungai Kuning dikarenakan…..

Pembahasan Soal:

Peradaban Tiongkok Kuno terdapat di sepanjang aliran Sungai Huang He yang disebut juga sebagai sungai kuning karena membawa lumpur kuning sepanjang alirannya. Sungai ini berasal dari mata air di daerah Pegunungan Kwen-Lun di Tibet dan bermuara pada Laut Kuning. Pada lembah Sungai Huang He, peradaban Tiongkok Kuno dimulai.
    

 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved