Roboguru

Ahmad Soebardjo adalah salah satu tokoh penting dalam peristiwa Proklamasi. Peran Soebardjo dalam peritiwa Proklamasi adalah….

Pertanyaan

Ahmad Soebardjo adalah salah satu tokoh penting dalam peristiwa Proklamasi. Peran Soebardjo dalam peritiwa Proklamasi adalah…. 

  1. Memimpin Gerakan bawah tanah 

  2. Mengetik naskah proklamasi 

  3. Memberi masukan terhadap teks yang dibuat Soekarno 

  4. Sebagai pengibar bendera 

  5. Tokoh yang menyelamatkan teks rumusan Soekarno

Pembahasan Soal:

Ahmad Subarjo dapat dianggap sebagai salah satu orang yang dimana memiliki peranan yang sangat penting dalam masa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan menjalankan berbagaimacam kebijakan yang dimana dilakukan olehnya disaat ia akan menjadi seorang Menteri Luar Negeri Pertama Republik Indonesia. Berikut ini 4 peran Ahmad Subarjo dalam peristiwa proklamasi

  1. Ahmad Subarjo adalah orang yang dimana dipilih sebagai anggota dari BPUPKI. Ahmad Subarjo diangkat oleh Gunseikanbu yang dimana ia mendapatkan status keanggotaan tersebut dikarenakan ia adalah orang yang memiliki sebuah pengalaman kerja yang dimana dilakukanya untuk Laksamana Muda Maeda.
  2. Ahmad Subarjo adalah orang yang menyumbangkan buah pemikirannya dalam pembentukan dari dasar negara bagi Republik Indonesia. Ahmad Subarjo sebagai orang yang dimana memiliki sebuah pengaruh yang besar, kemudian Ia juga sebagai seorang yang dimana mampu menjadi orang yang memberikan berbagai macam pemikiran yang dimana berguna untuk menyusun dasar negara. Sebagaimana contohnya adalah ketika disaat melakukan perancangan konstitusi bagi Republik Indonesia, Ahmad Subarjo memiliki sebuah pendapat untuk tidak hanya meniru konstitusi yang dimana dimiliki oleh negara lain dan diimplementasikannya di Indonesia. Tetapi sebuah kosntitusi ada baiknya untuk menjadi sesuatu yang dimana akan menjadi sebuah pandangan hidup bagi sebuah negara dan sebaiknya juga memiliki sebuah pandangan yang dimana mengenai kehidupan dan juga dunia ini. Kemudian, dari hal tersebutlah BPUPKI menjadikan pendapatan yang diberikan oleh Ahmad Subarjo sebagai sebuah bahan dari pertimbangan untuk melakukan sidang BPUPKI dalam kegiatan untuk mencari sebuah dasar negara.
  3. Membujuk Laksamana Muda Maeda untuk menggunakan rumahnya sebagai tempat menyusun naskah proklamasi. Dikarenakan pangkat dari Laksamana Muda Maeda yang tinggi, hal tersebut membuat pihak dari tentara Angkatan Darat Jepang sendiri tidak akan memiliki kuasa untuk masuk ke dalam rumah tersebut yang dimana kemudian membuat Soekarno dan Hatta akan lebih terjamin keselamatannya.
  4. Ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri Pertama di Indonesia. Setelah melakukan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dimana dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945 membuat Ahmad Subarjo sebagai orang yang ditunjuk oleh Presiden Soekarno untuk menjjadi Menteri Luar Negeri Pertama di Indonesia yang dimana tugasnya adalah untuk meyakinkan sekutu bahwa Indonesia telah merdeka dan melucuti senjata Jepang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved