Roboguru
SD

Agnia, Gempita, dan Dera sedang melakukan diskusi tentang sistem tata surya. Mereka ingin mengetahui planet mana yang memiliki kelajuan paling cepat. Dari 8 planet yang ada dipilih planet secara acak yang ingin mereka ketahui kelajuannya yaitu Bumi, Yupiter, dan Neptunus. Mereka mengumpulkan data-data hingga didapatkan data berikut: Setelah diperoleh data tersebut mereka mulai menghitung kelajuan setiap planet. Planet Bumi dihitung oleh Aghnia, Yupiter oleh Gempita, dan Neptunus oleh Dera. Planet manakah yang memiliki gaya tarik oleh matahari paling kecil?

Pertanyaan

Agnia, Gempita, dan Dera sedang melakukan diskusi tentang sistem tata surya. Mereka ingin mengetahui planet mana yang memiliki kelajuan paling cepat. Dari 8 planet yang ada dipilih planet secara acak yang ingin mereka ketahui kelajuannya yaitu Bumi, Yupiter, dan Neptunus.

Mereka mengumpulkan data-data hingga didapatkan data berikut:

Setelah diperoleh data tersebut mereka mulai menghitung kelajuan setiap planet. Planet Bumi dihitung oleh Aghnia, Yupiter oleh Gempita, dan Neptunus oleh Dera. Planet manakah yang memiliki gaya tarik oleh matahari paling kecil?spacespace

J. Khairina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

planet yang memiliki gaya tarik paling kecil adalah Bumi.space

Pembahasan

Yupiter
G equals 6 comma 672 space text Nm end text squared divided by text kg end text squared text m=1,89×10 end text to the power of 27 text  kg end text text r=7,8×10 end text to the power of 8 text  km= end text 7 , 8 × 10 to the power of 11 space text m end text

Bumi
Error converting from MathML to accessible text.

Neptunus
Error converting from MathML to accessible text.

Sistem Tata Surya memiliki delapan planet yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Dari semua planet ini, Jupiter memiliki gravitasi paling besar, sedangkan Bumi memiliki gravitasi paling kecil.

Gaya gravitasi yang diberikan suatu benda bergantung pada tiga hal; kepadatan, massa, dan ukurannya. Jupiter memiliki massa 1 comma 898 cross times 10 to the power of 27 kilogram dan merupakan kekuatan yang memiliki massa sendiri dalam astronomi yang disebut Massa Jupiter (alias Jovian Mass). Sedangkan Bumi memiliki massa 5 comma 90 cross times 10 to the power of 24 kilogram.

Dengan demikian, planet yang memiliki gaya tarik paling kecil adalah Bumi.space

21

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kecepatan satelit dapat dihitung dengan memperhatikan dua hal yaitu....

305

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia