Roboguru

1000 eksemplar buku tentang Sejarah Indonesia Baru terjual sudah. Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah...

Pertanyaan

1000 eksemplar buku tentang Sejarah Indonesia Baru terjual sudah.


Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah... 

  1. 1000 eksemplar tentang Sejarah Indonesia Baru 1000 eksemplar 

  2. Sudah terjual buku Sejarah Indonesia Baru 1000 eksemplar 

  3. Buku Sejarah Indonesia Baru terjual 1000 eksemplar 

  4. Buku tentang Sejarah Indonesia Baru sudah terjual 1000 eksemplar 

Pembahasan Soal:

Angka tidak dapat diletakkan di awal kalimat sehingga kalimat tersebut harus dibuat sedemikian rupa agar tidak memunculkan angka di awal kalimat. Kemudian, subjek pada kalimat tersebut dapat berupa frasa buku tentang Sejarah Indonesia Baru, diikuti predikat sudah terjual, dan frasa 1000 eksemplar berfungsi sebagai pelengkap.

Maka, perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah Buku tentang Sejarah Indonesia Baru sudah terjual 1000 eksemplar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cermati kalimat berikut!   Tiga orang karyawan  perusahaan itu diPHK, karena mereka melakukan kesalahan. Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah …

Pembahasan Soal:

Tanda koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat (keterangan) dari induk kalimat (inti kalimat) jika anak kalimat itu mendahului induk kalimatnya.  Penulisan tanda baca hubung (-) digunakan untuk memisahkan imbuhan dan kata singkatan berhuruf kapital.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Roboguru

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Kata baku adalah kata yang telah ditentukan dalam satu kaidah tertentu dan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menjadi acuannya.

Pada teks di atas, terdapat tiga kata baku yang perlu di tambahkan. Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah konteks dari kalimat tersebut, yaitu kata/kalimat sebelum dan sesudah kata baku yang ingin di tambahkan agar menjadi kalimat yang padu dan bermakna.

Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat tersebut adalah alternatif. Kalimat tersebut berpola sebab akibat. Pada kalimat sebelum kata baku tersebut menjelaskan sebab yaitu kawasan gas alam jauh lebih tinggi dibandingkan cadangan minyak bumi dunia, kalimat selanjutnya menyatakan akibat, sehingga menjadi menyebabkan energi fosil ini menjadi salah satu alternatif utama energi minyak bumi dalam waktu dekat. 

Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat tersebut adalah Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat tersebut adalah relatif. Kalimat kedua merupakan kalimat pendukung pernyataan kalimat pertama. Jadi kalimat kedua adalah Emisi yang dikeluarkan dalam sistem pembakaran gas alam juga relatif lebih ramah lingkungan. Kata relatif digunakan untuk menyatakan hasil perbandingan.

Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat tersebut adalah Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat tersebut adalah konversi. Konversi merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan perubahan sistem satu ke sistem lainnya. Jadi kalimatnya menjadi Tidak heran jika program konversi minyak tanah ke gas mendapat apresiasi dari banyak penggiat kelestarian lingkungan dunia.

Denagan demikian, kata baku yang tepat untuk melengkapi teks di atas yaitu alternatif; relatif; konversi.space 

Roboguru

Perbaikan tata kalimat yang bercetak miring agar menjadi paragraf yang padu adalah ....

Pembahasan Soal:

Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf artinya mengubah tata letak/posisi kata-kata dalam suatu kalimat sesuai dengan letak/posisi yang benar berdasarkan fungsi/jabatan kata-kata dalam kalimat. Kata-kata dalam kalimat dapat menduduki fungsi sebagai subjek (S), predikat (P), objek (O), pelengkap (Pel.), atau keterangan (K). Hal ini {merujuk pada hari tanpa rokok(s)} bertujuan mengajak (p) masyarakat Bandung (o) agar (konjungsi) waspada (p) terhadap bahaya rokok yang merusak kesehatan dan menyebabkan polusi udara (k).

Jadi, perbaikan kalimat yang tepat: Hal ini bertujuan mengajak masyarakat Bandung agar waspada terhadap bahaya rokok yang merusak kesehatan dan menyebabkan polusi udara.space 

Roboguru

Maksud kalimat bercetak miring pada penggalan teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks di atas merupakan penggalan dari teks berita, yaitu informasi terkini yang sedang hangat diperbincangkan dan bersifat fakta. Di kalimat pertama terdapat kata "...masyarakat diimbau untuk.." yang menunjukkan bahwa adanya imbauan bagi masyarakat. Imbauan tersebut disebutkan di kalimat kedua yakni "Salah satunya masyarakat jangan asal menyentuh fasilitas atau permainan publik". Jadi, maksud dari kalimat kedua adalah sebaiknya tidak menyentuh fasilitas atau permainan untuk umum.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Selepas kebanjiran, warga yang tinggal di tepi kali madiun mulai membenahi tempat tinggalnya.   Penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Warga bukanlah pengacuan sehingga penulisannya tidak menggunakan huruf kapital. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi sehingga cara penulisan yang tepat adalah Kali Madiun. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved