Roboguru

Bacaan di atas gagasan utamanya dapat kita ketahui...

Bacaan di atas gagasan utamanya dapat kita ketahui dengan jenis ....space 

  1. membaca nyaringspace 

  2. membaca dalam hatispace 

  3. membaca intensifspace 

  4. membaca memindaispace 

Jawaban:

Jenis-jenis membaca dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Membaca nyaring adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang merupakan alat bagi guru murid ataupun pembaca bersama- sama dengan orang lain atau pendengar untuk menangkap serta memahami informasi pikiran dan perasaan seorang pengarang.
  2. Membaca dalam hati hanya mempergunakan ingatan visual-visual memori yang melibatkan pengaktifan mata dan ingatan.
  3. Membaca memindai adalah suatu keterampilan membaca yang digunakan untuk menemukan informasi atau hal-hal tertentu secara cepat dan tepat dengan cara melompati bagian yang tidak penting, mata bergerak cepat dengan menyapu halaman demi halaman, jika merasa pada hal yang diinginkan maka berhenti dan mulai membaca dengan kecepatan normal dan teliti.
  4. Membaca intensif adalah teknik membaca yang dapat diterapkan dalam upaya mencari informasi yang bersifat detail. Membaca intensif juga dapat diterapkan untuk mencari informasi sebagai bahan diskusi. Membaca intensif, disebut juga membaca secara cermat. Membaca dengan cermat akan memperoleh sebuah pokok persoalan atau perihal menarik dari suatu teks bacaan untuk dijadikan bahan diskusi.

Paragraf di atas, lebih tepat menemukan gagasan pokok dengan teknik membaca dalam hati, karena tanpa membaca intensif gagasan utama dapat dengan mudah diketahui karena terletak pada awal paragraf.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved