Roboguru

Tuliskan unsur penghubung antar kalimat (1) dengan kalimat (2), kalimat (2) dengan kalimat (3), dan kalimat (3) dengan kalimat (4), yang menjadikan paragraf tersebut menjadi koheren.

Pertanyaan

Tuliskan unsur penghubung antar kalimat (1) dengan kalimat (2), kalimat (2) dengan kalimat (3), dan kalimat (3) dengan kalimat (4), yang menjadikan paragraf tersebut menjadi koheren.space 

Pembahasan Soal:

Penghubung antarkalimat (discourse connective) adalah kata atau ungkapan yang menghubungkan suatu kalimat dengan kalimat lain dalam satu alinea guna menambah kepaduan wacana. Penghubung antarkalimat diletakkan di awal kalimat (tetapi bukan di awal kalimat pertama suatu paragraf) dan diikuti dengan tanda koma.

Analisis unsur penghubung antar kalimat berdasarkan teks pada soal di atas:

  • Unsur penghubung antar kalimat (1) dengan kalimat (2) adalah kata "konon", yang memiliki maksud untuk menjelaskan kejadian lalu atau kejadian sebelumnya berdasarkan acuan dari kalimat pertama.
  • Unsur penghubung antarkalimat (2) dengan kalimat (3) adalah kata "awalnya", yang memiliki maksud untuk menjadi kalimat penjelas dari kalimat sebelumnya.
  • Unsur penghubung antarkalimat (3) dengan kalimat (4) adalah kata "bahkan", yang memiliki maksud untuk menegaskan bahwa dari kejadian atau peristiwa di kalimat ketiga, menyebabkan peristiwa atau kejadian baru lagi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Rozalina

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbaikan tata kalimat yang bercetak miring agar menjadi paragraf yang padu adalah ....

Pembahasan Soal:

Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf artinya mengubah tata letak/posisi kata-kata dalam suatu kalimat sesuai dengan letak/posisi yang benar berdasarkan fungsi/jabatan kata-kata dalam kalimat. Kata-kata dalam kalimat dapat menduduki fungsi sebagai subjek (S), predikat (P), objek (O), pelengkap (Pel.), atau keterangan (K). Hal ini {merujuk pada hari tanpa rokok(s)} bertujuan mengajak (p) masyarakat Bandung (o) agar (konjungsi) waspada (p) terhadap bahaya rokok yang merusak kesehatan dan menyebabkan polusi udara (k).

Jadi, perbaikan kalimat yang tepat: Hal ini bertujuan mengajak masyarakat Bandung agar waspada terhadap bahaya rokok yang merusak kesehatan dan menyebabkan polusi udara.space 

Roboguru

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Kata baku adalah kata yang telah ditentukan dalam satu kaidah tertentu dan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menjadi acuannya.

Pada teks di atas, terdapat tiga kata baku yang perlu di tambahkan. Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah konteks dari kalimat tersebut, yaitu kata/kalimat sebelum dan sesudah kata baku yang ingin di tambahkan agar menjadi kalimat yang padu dan bermakna.

Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat tersebut adalah alternatif. Kalimat tersebut berpola sebab akibat. Pada kalimat sebelum kata baku tersebut menjelaskan sebab yaitu kawasan gas alam jauh lebih tinggi dibandingkan cadangan minyak bumi dunia, kalimat selanjutnya menyatakan akibat, sehingga menjadi menyebabkan energi fosil ini menjadi salah satu alternatif utama energi minyak bumi dalam waktu dekat. 

Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat tersebut adalah Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat tersebut adalah relatif. Kalimat kedua merupakan kalimat pendukung pernyataan kalimat pertama. Jadi kalimat kedua adalah Emisi yang dikeluarkan dalam sistem pembakaran gas alam juga relatif lebih ramah lingkungan. Kata relatif digunakan untuk menyatakan hasil perbandingan.

Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat tersebut adalah Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat tersebut adalah konversi. Konversi merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan perubahan sistem satu ke sistem lainnya. Jadi kalimatnya menjadi Tidak heran jika program konversi minyak tanah ke gas mendapat apresiasi dari banyak penggiat kelestarian lingkungan dunia.

Denagan demikian, kata baku yang tepat untuk melengkapi teks di atas yaitu alternatif; relatif; konversi.space 

Roboguru

Acuan dalam menelaah dan merevisi sebuah teks berita adalah ....

Pembahasan Soal:

Untuk menelaah dan merevisi sebuah teks berita, kita harus memiliki pedoman sebagai acuan. Pedoman tersebut bisa didapatkan pada buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Buku tersebut berisi aturan penulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined undefined

Roboguru

(1) Sejumlah kendaraan pun mogok di Kota Padang, baik mobil, angkutan kota, maupun sepeda motor. (2) Beberapa lokasi tepian jalan menjadi lokasi mirip bengkel dadakan untuk upaya menghidupkan kembali ...

Pembahasan Soal:

Teks di atas membicarakan kendaraan yang mogok akibat banjir sehingga banyak kendaraan yang terpaksa berhenti dan diperbaiki di pinggir jalan. Fokus paragraf di atas adalah kendaraan mogok akibat banjir sehingga kalimat 3 yang berfokus ke masalah kenaikan harga bensin merupakan kalimat yang tidak padu.

Roboguru

Hal-hal kebahasaan yang perlu dicermati dari sebuah teks sesuai dengan PUEBI adalah ....

Pembahasan Soal:

Untuk menelaah dan merevisi sebuah teks berita, tentunya kita harus memiliki pedoman sebagai acuan dalam menelaah sebuah teks. Pedoman tersebut bisa didapatkan pada buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Hal-hal kebahasaan yang perlu dicermati dari sebuah teks sesuai dengan PUEBI, antara lain, adalah sebagai berikut.undefined

  • Pemakaian huruf (seperti huruf kapital dan huruf miring)
  • Penulisan kata depan di dan ke
  • Pemakaian tanda baca, seperti tanda titik, tanda koma, dan tanda petik


Dengan demikian, hal-hal kebahasaan yang perlu dicermati dari sebuah teks sesuai dengan PUEBI terdapat pada pilihan jawaban B.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved