Roboguru

"Selanjutnya, masalah pengobatan dana perawatan, biar nanti seluruh guru dsini yang memikirkan," tegas Bu Eli. Pak Bon bersikeras tidak mau dibawa ke rumah sakit. Pak Bon memang seorang berpendirian kuat. Meskipun bukan orang kaya, ia tidak mau dibantu begitu saja. Semua guru yang mengunjunginya, hanya menggelengkan kepala, kagum akan ketangguhan Pak Bon. Cara pengarang menggambatkan watak tokoh Pak Bon adalah ...

Pertanyaan

"Selanjutnya, masalah pengobatan dana perawatan, biar nanti seluruh guru dsini yang memikirkan," tegas Bu Eli. Pak Bon bersikeras tidak mau dibawa ke rumah sakit. Pak Bon memang seorang berpendirian kuat. Meskipun bukan orang kaya, ia tidak mau dibantu begitu saja. Semua guru yang mengunjunginya, hanya menggelengkan kepala, kagum akan ketangguhan Pak Bon.

Cara pengarang menggambatkan watak tokoh Pak Bon adalah ...

  1. dialog antar tokoh

  2. pelukisan tindakan

  3. diceritakan tokoh lain

  4. diceritakan pengarang

Pembahasan Soal:

Watak tokoh Pak Bon tampak pada kalimat “Pak Bon bersikeras tidak mau dibawa ke rumah sakit. Pak Bon memang seorang berpendirian kuat. Meskipun bukan orang kaya, ia tidak mau dibantu begitu saja. Semua guru yang mengunjunginya, hanya menggelengkan kepala, kagum akan keteguhan Pak Bon.” Kalimat tersebut diceritakan langsung oleh pengarang melalui tulisannya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved