Roboguru

(1). Tetapi, ternyata Kang Darsip punya rencana diam-diam. Ia mengambil sisa-sisa surat undangan. (2). Bagian belakangnya yang kosong digunakan untuk menulis surat. (3). Ternyata ditunjukkan kepada pa

(1). Tetapi, ternyata Kang Darsip punya rencana diam-diam. Ia mengambil sisa-sisa surat undangan. (2). Bagian belakangnya yang kosong digunakan untuk menulis surat. (3). Ternyata ditunjukkan kepada para undangan uang kurang ajar itu. (4). “Saya dulu memberi Saudara Rp 200, kok, sekarang Saudara hanya mengasih Rp 100” tulisnya.

Bukti watak tokoh “tamak” pada kutipan cerpen tersebut adalah pada kalimat bernomor….

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

Jawaban:

Pada cerpen, terdapat unsur yang membangun karya sastra, yaitu unsur intrinsik. Unsur intrinsik terdiri dari tema, penokohan, latar, alur, amanat, dan sudut pandang. Unsur intrinsik latar terdiri dari latar tempat, latar waktu, dan latar suasana. Penokohan terdiri dari tokoh dan watak. Watak “tamak” pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat (4) yaitu “Saya dulu memberi Saudara Rp. 200, kok, sekarang Saudara hanya mengasih Rp. 100” tulisnya.” Kalimat tersebut menunjukkan sifat tamak tokoh Kang Darsip. Ia tidak terima jika para undangan hanya memberi Rp. 100, sedangkan ia memberi sumbangan Rp. 200. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved