Iklan

Iklan

Pertanyaan

Teks 1 Ada banyak Banun di perkampungan lereng bukit yang sejak dulu tanahnya subur hingga tersohor sebagai daerah penghasil padi kwalitet nomor satu itu. Pertama, Banun dukun patah-tulang yang dangau usangnya kerap didatangi laki-laki pekerja keras bila pinggang atau pangkal lengannya terkilir akibat terlampau bergairah mengayun cangkul. Disebut-sebut, kemampuan turun-temurun Banun ini tak hanya ampuh mengobati patah-tulang . Banun , Damhuru Muhammad Teks 2 Begitulah pentingnya Makaji. Tanpa campur tangannya, kenduri terasa hambar, sehambar Gulai Kambing dan Gulai Rebung karena bumbu-bumbu tak diracik oleh tangan dingin lelaki itu. Sejak dulu, Makaji tak pernah keberatan membantu keluarga mana saja yang hendak menggelar pesta, tak peduli apakah tuan rumah hajatan itu orang terpandang yang tamunya membludak atau orang biasa yang hanya sanggup menggelar syukuran seadanya. Makaji tak pilih kasih, meski ia satu-satunya juru masak yang masih tersisa di Lareh Panjang. Juru Masak, Damhuri Muhammad Persamaan unsur intrinsik kedua tersebut adalah ...

Teks 1

      Ada banyak Banun di perkampungan lereng bukit yang sejak dulu tanahnya subur hingga tersohor sebagai daerah penghasil padi kwalitet nomor satu itu. Pertama, Banun dukun patah-tulang yang dangau usangnya kerap didatangi laki-laki pekerja keras bila pinggang atau pangkal lengannya terkilir akibat terlampau bergairah mengayun cangkul. Disebut-sebut, kemampuan turun-temurun Banun ini tak hanya ampuh mengobati patah-tulang .

Banun, Damhuru Muhammad

Teks 2

     Begitulah pentingnya Makaji. Tanpa campur tangannya, kenduri terasa hambar, sehambar Gulai Kambing dan Gulai Rebung karena bumbu-bumbu tak diracik oleh tangan dingin lelaki itu. Sejak dulu, Makaji tak pernah keberatan membantu keluarga mana saja yang hendak menggelar pesta, tak peduli apakah tuan rumah hajatan itu orang terpandang yang tamunya membludak atau orang biasa yang hanya sanggup menggelar syukuran seadanya. Makaji tak pilih kasih, meski ia satu-satunya juru masak yang masih tersisa di Lareh Panjang.

Juru Masak, Damhuri Muhammad

 

Persamaan unsur intrinsik kedua tersebut adalah ...

  1. Menceritakan seseorang yang menjadi bahan pembicaraan di lingkungannya.

  2. Banyak tokih sebagai  orang seperti Banun atau juru masak.

  3. Pekerjaan kedua tokoh cerita sangat berat.

  4. Hasil pekerjaan tokoh cerita sangat mengagumkan.

  5. Latar kedua cerita verada di kuluarga luar

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban D merupakan jawaban yang paling tepat.

jawaban D merupakan jawaban yang paling tepat.

Iklan

Pembahasan

Kedua teks tersebut membahas tokoh yang mempunyai peran spesial. Teks pertama membahas seorang Banun yang dapat mengobati patah tulang,sedangkan teks kedua membahas Makaji sebagai juru masak di Lareh Panjang. Oleh karena itu, jawaban D merupakan jawaban yang paling tepat.

Kedua teks tersebut membahas tokoh yang mempunyai peran spesial. Teks pertama membahas seorang Banun yang dapat mengobati patah tulang, sedangkan teks kedua membahas Makaji sebagai juru masak di Lareh Panjang. Oleh karena itu, jawaban D merupakan jawaban yang paling tepat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

213

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

(1). Tetapi, ternyata Kang Darsip punya rencana diam-diam. Ia mengambil sisa-sisa surat undangan. (2). Bagian belakangnya yang kosong digunakan untuk menulis surat. (3). Ternyata ditunjukkan kepada pa...

18

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia