Roboguru

...      Adikku mengecap dahinya yang berkeringat.      "Enam bulan yang lalu, saat Dede datang ke rumah mereka, Om Danar minta tolong untuk mencetak revisi edisi kedua buku yang diterbitkan tahun lalu. Buku yang Kak Tania beli bersama Adi di toko buku Depok. Ingat, kan? Malam-malam setelah dari delapan tahun.. . dari pusara ibu."      Aku menelan ludah mendengar nama Adi.      "Om Danar memberikan password laptopnya. Dede membuka file naskah itu. Dede sungguh tidak berniat membuka file-file lain. Kak Tania tahu, Om Danar marah bukan lain waktu Dede membuka laptopnya tanpa izin. Dede hanya mencetak naskah itu, sesuai yang disuruh Om Danar. Dua ratus halaman. Besok Dede juga diminta mengantarkannya ke penerbit."      Adikku tersengal. Aku masih mencengkram tangannya.      "Tapi, tapi ... Dede nggak sengaja membuka recent document laptop Om Danar. Sumpah. Dede nggak sengaja. Di sana ada file dengan nama ganjil: Cinta dari Pohon Linden...Nama file itu berarti banyak bagi Dede. Nanti Kak Tania juga akan mengerti kenapa nama itu berarti banyak. Pohon linden. Dede penasaran. Maka Dede mengopinya dalam flash disk file."      Adikku menatapmu sedih, tertunduk. Latar yang menonjor ·dalam kutipan novel tersebut adalah ....

Pertanyaan

     ...

     Adikku mengecap dahinya yang berkeringat.

     "Enam bulan yang lalu, saat Dede datang ke rumah mereka, Om Danar minta tolong untuk mencetak revisi edisi kedua buku yang diterbitkan tahun lalu. Buku yang Kak Tania beli bersama Adi di toko buku Depok. Ingat, kan? Malam-malam setelah dari delapan tahun.. . dari pusara ibu."

     Aku menelan ludah mendengar nama Adi.

     "Om Danar memberikan password laptopnya. Dede membuka file naskah itu. Dede sungguh tidak berniat membuka file-file lain. Kak Tania tahu, Om Danar marah bukan lain waktu Dede membuka laptopnya tanpa izin. Dede hanya mencetak naskah itu, sesuai yang disuruh Om Danar. Dua ratus halaman. Besok Dede juga diminta mengantarkannya ke penerbit."

     Adikku tersengal. Aku masih mencengkram tangannya.

     "Tapi, tapi ... Dede nggak sengaja membuka recent document laptop Om Danar. Sumpah. Dede nggak sengaja. Di sana ada file dengan nama ganjil: Cinta dari Pohon Linden...Nama file itu berarti banyak bagi Dede. Nanti Kak Tania juga akan mengerti kenapa nama itu berarti banyak. Pohon linden. Dede penasaran. Maka Dede mengopinya dalam flash disk file."

     Adikku menatapmu sedih, tertunduk.

Latar yang menonjor ·dalam kutipan novel tersebut adalah ....

  1. tempat; di toko buku

  2. waktu; enam bulan lalu

  3. suasana; bingung, gelisah

  4. sosial; hubungan kekeluargaan

  5. adat; mengunjungi makam

Pembahasan:

Latar yang menonjol yaitu latar suasana yang bingung dan gelisah karena tokoh Dede jujur tentang sesuatu hal yang tidak pernah diutarakan oleh siapapun. Pilihan jawaban A tidak tepat karena tidak menunjukkan tempat di toko buku. Pilihan jawaban B tidak tepat karena waktu enam bulan lalu hanya diceritakan oleh tokoh, bukan saat kejadian yang berlangsung dalam cerita. Pilihan jawaban D tidak tepat karena hubungan kakak adik tidak terlalu diperlihatkan dalam ceriat tersebut. Pilihan jawaban E tidak tepat karena tidak terdapat dalam teks tersebut.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

P. Tessalonika

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Cuaca di Jakarta masih dikuasai mendung yang dengan setia mengiringi hujan ketika matahari melebihi setengah hari. Delta berdiri di depan jendela kamar yang masih terbuka. Dia menatap langit yang tela...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved