Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gamma di fasilitas iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam benih sorgum di lahan-lahan kering Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dan hasilnya positif. (4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kualitas unggul sorgum bernama Pahat. Apa manfaat menanam sorgum?

       (1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gamma di fasilitas iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam benih sorgum di lahan-lahan kering Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dan hasilnya positif. (4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kualitas unggul sorgum bernama Pahat.

Apa manfaat menanam sorgum?

  1. Sorgum memiliki gizi tinggi

  2. Petani lebih mudah menanam sorgum

  3. Sorgum dapat menjadi pengganti padi

  4. Harga sorgum lebih mahal daripada pagi

  5. Sorgum dapat meningkatkan kesejahteraan petani

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang sesuai adalah (C) Sorgum dapat menjadi pengganti padi.

pilihan jawaban yang sesuai adalah (C) Sorgum dapat menjadi pengganti padi.  

Iklan

Pembahasan

Jenis teks tersebut adalah teks argumentasi (yang berisi argumen mengenai kondisi suatu masyarakat). Dalam teks ini, penulis biasanya memaparkan kondisi suatu hal disertai bukti-bukti pendukungnya. Tujuan penulis membuat teks tersebut tidak lain adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa harga sorgum lebih murah daripada harga padi. Dengan harganya yang lebih terjangkau tersebut, petani tentu lebih memilih sorgum daripada padi. Salah satu manfaat menanam sorgum adalah ia dapat menjadi pengganti padi. Hal ini merupakan jawaban dari pertanyaan Apa manfaat menanam sorgum? Dengan demikian, pilihan jawaban yang sesuai adalah (C) Sorgum dapat menjadi pengganti padi.

Jenis teks tersebut adalah teks argumentasi (yang berisi argumen mengenai kondisi suatu masyarakat). Dalam teks ini, penulis biasanya memaparkan kondisi suatu hal disertai bukti-bukti pendukungnya. Tujuan penulis membuat teks tersebut tidak lain adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa harga sorgum lebih murah daripada harga padi. Dengan harganya yang lebih terjangkau tersebut, petani tentu lebih memilih sorgum daripada padi. Salah satu manfaat menanam sorgum adalah ia dapat menjadi pengganti padi. Hal ini merupakan jawaban dari pertanyaan Apa manfaat menanam sorgum? Dengan demikian, pilihan jawaban yang sesuai adalah (C) Sorgum dapat menjadi pengganti padi.  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

768

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah artikel berikut! Waspadai Rentenir Digital Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semestinya lebih serius mencegah munculnya rentenir digital. Banyak orang mengeluhkan pelayanan aplikasi yang ...

15

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia