Pertanyaan

(1) Pada akhir tahun 1960-an, sejumlah ahli bahasa Indonesia beranggapan bahwa bahasa Indonesia kacau-balau sehingga harus ada pembakuan ejaan. (2) Menurut mereka, yang harus didahulukan dilakukan ialah pembakuan ejaan. (3) Kata mereka, Ejaan Republik yang diumumkan pada zaman revolusi oleh Menteri P dan K, Mr. Suwandi, tidak lagi ditaai. (4) Hal tersebut tentu harus tetap dipertahankan. (5) Harus disusun ejaan baru yang lebih sesuai dengan keadaan dan kebutuhan bahasa Indonesia sekarang. Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ....

            (1) Pada akhir tahun 1960-an, sejumlah ahli bahasa Indonesia beranggapan bahwa bahasa Indonesia kacau-balau sehingga harus ada pembakuan ejaan. (2) Menurut mereka, yang harus didahulukan dilakukan ialah pembakuan ejaan. (3) Kata mereka, Ejaan Republik yang diumumkan pada zaman revolusi oleh Menteri P dan K, Mr. Suwandi, tidak lagi ditaai. (4) Hal tersebut tentu harus tetap dipertahankan. (5) Harus disusun ejaan baru yang lebih sesuai dengan keadaan dan kebutuhan bahasa Indonesia sekarang.

 

Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ....

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

00

:

39

:

40

Klaim

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat yang tidak padu adalah kalimat (4) Hal tersebut tentu harus tetap dipertahankan . Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

kalimat yang tidak padu adalah kalimat (4) Hal tersebut tentu harus tetap dipertahankan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjelaskan atau memperinci kalimat utama. Kalimat ini biasanya masih berhubungan dengan kalimat utama teks tersebut. Dalam teks di atas, kalimat utamanya adalah kalimat (1) Pada akhir tahun 1960-an, sejumlah ahli bahasa Indonesia beranggapan bahwa bahasa Indonesia kacau balau sehingga harus ada pembakuan bahasa. Kalimat ini diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya (yakni kalimat 2, 3, dan 5). Dalam kalimat (2), (3), dan (5), dibahas mengenai pembakuan ejaan dan bahasa Indonesia. Kalimat-kalimat tersebut masih berhubungan dengan kalimat pertama. Akan tetapi, pada kalimat (4), yang dibahas ada klausa “harus tetap dipertahankan”. Padahal dalam kalimat sebelumnya dijelaskan bahwa ejaan Suwandi tidak lagi ditaati. Hal ini jelas tidak berhubungan (tidak padu) dengan kalimat utama dan keseluruhan isi paragraf tersebut. Oleh karena itu, kalimat yang tidak padu adalah kalimat (4) Hal tersebut tentu harus tetap dipertahankan . Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjelaskan atau memperinci kalimat utama. Kalimat ini biasanya masih berhubungan dengan kalimat utama teks tersebut. Dalam teks di atas, kalimat utamanya adalah kalimat (1) Pada akhir tahun 1960-an, sejumlah ahli bahasa Indonesia beranggapan bahwa bahasa Indonesia kacau balau sehingga harus ada pembakuan bahasa.  Kalimat ini diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya (yakni kalimat 2, 3, dan 5). Dalam kalimat (2), (3), dan (5), dibahas mengenai pembakuan ejaan dan bahasa Indonesia. Kalimat-kalimat tersebut masih berhubungan dengan kalimat pertama. Akan tetapi, pada kalimat (4), yang dibahas ada klausa “harus tetap dipertahankan”. Padahal dalam kalimat sebelumnya dijelaskan bahwa ejaan Suwandi tidak lagi ditaati. Hal ini jelas tidak berhubungan (tidak padu) dengan kalimat utama dan keseluruhan isi paragraf tersebut. Oleh karena itu, kalimat yang tidak padu adalah kalimat (4) Hal tersebut tentu harus tetap dipertahankan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

26

Pertanyaan serupa

Gagasan utama yang dikemukakan dalam paragraf tersebut adalah ....

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia