RoboguruRoboguru
SD

(1) Lanskap budaya subak di Bali telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada siding komite warisan dunia ke-36 organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan PBB/UNESCO di Saint Petersburg, Rusia, pada 2012. (2) Sistem subak menjadi sangat menarik karena terkait era dengan ajaran Hindu yang tertuang dalam Tri Hita Karma atau tiga sumber kebaikan, yaitu hubungan manusia dengan alam, dan hubungan manusia dengan manusia. (3) Harmonisasi hubungan yang diterapkan secara turun-menurun lewat subak sarat makna solidaritas sosial, gotong royong, dan toleransi. (4) Sistem subak ini tercatat dalam Prasasti Sukawana tahun 882 M yang menyebutkan kata “huma” dan “parlak” yang berarti tegalan. (5) Ini berarti masyarakat sudah mengenal cara menggarap sawah dan tegalan. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

Pertanyaan

            (1) Lanskap budaya subak di Bali telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada siding komite warisan dunia ke-36 organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan PBB/UNESCO di Saint Petersburg, Rusia, pada 2012. (2) Sistem subak menjadi sangat menarik karena terkait era dengan ajaran Hindu yang tertuang dalam Tri Hita Karma atau tiga sumber kebaikan, yaitu hubungan manusia dengan alam, dan hubungan manusia dengan manusia. (3) Harmonisasi hubungan yang diterapkan secara turun-menurun lewat subak sarat makna solidaritas sosial, gotong royong, dan toleransi. (4) Sistem subak ini tercatat dalam Prasasti Sukawana tahun 882 M yang menyebutkan kata “huma” dan “parlak” yang berarti tegalan. (5) Ini berarti masyarakat sudah mengenal cara menggarap sawah dan tegalan.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
 
 
  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

paragraf tersebut membicarakan alasan budaya subak yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia.

Pembahasan

Kalimat utama letaknya dapat di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), atau di awal dan akhir paragraf. Kalimat utama berisi ide pokok yang dijelaskan oleh kalimat penjelas. Pada paragraf di atas, kalimat utamanya terletak di kalimat 1 karena kalimat tersebut (Lanskap budaya subak di Bali telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia) dijelaskan pada kalimat-kalimat setelahnya yang menjelaskan alasan ditetapkannya budaya subak sebagai situs warisan dunia yang salah satunya adalah karena budaya tersebut berkaitan erat dengan ajaran Hindu. Jadi, paragraf tersebut membicarakan alasan budaya subak yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia.

328

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Gagasan pokok pada penggalan bacaan di atas adalah ...

630

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia