Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Pada akhir tahun 1960-an, sejumlah ahli bahasa Indonesia beranggapan bahwa bahasa Indonesia kacau-balau sehingga harus ada pembakuan ejaan. (2) Menurut mereka, yang harus didahulukan dilakukan ialah pembakuan ejaan. (3) Kata mereka, Ejaan Republik yang diumumkan pada zaman revolusi oleh Menteri P dan K, Mr. Suwandi, tidak lagi ditaai. (4) Hal tersebut tentu harus tetap dipertahankan. (5) Harus disusun ejaan baru yang lebih sesuai dengan keadaan dan kebutuhan bahasa Indonesia sekarang. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....

           (1) Pada akhir tahun 1960-an, sejumlah ahli bahasa Indonesia beranggapan bahwa bahasa Indonesia kacau-balau sehingga harus ada pembakuan ejaan. (2) Menurut mereka, yang harus didahulukan dilakukan ialah pembakuan ejaan. (3) Kata mereka, Ejaan Republik yang diumumkan pada zaman revolusi oleh Menteri P dan K, Mr. Suwandi, tidak lagi ditaai. (4) Hal tersebut tentu harus tetap dipertahankan. (5) Harus disusun ejaan baru yang lebih sesuai dengan keadaan dan kebutuhan bahasa Indonesia sekarang.

 

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang paling sesuai adalah (A).

pilihan jawaban yang paling sesuai adalah (A).

Iklan

Pembahasan

Kalimat utama merupakan kalimat yang menjiwai seluruh isi paragraf. Kalimat ini bisa terletak di awal ataupun di akhir paragraf. Dalam teks ini, kalimat utama terletak di Awal paragraf, yakni dalam kalimat (1) Pada akhir tahun 1960-an, sejumlah ahli bahasa beranggapan bahwa bahasa Indonesia kacau balau sehingga harus ada pembakuan ejaan. Jenis paragraf teks tersebut adalah deduktif. Paragraf diawali dengan menjelaskan hal-hal khusus, lalu menyempit menjadi hal umum, yakni mengenai pembakuan ejaan baru. Kata yang menjadi inti (kata kunci) paragraf ini adalah ejaan. Jadi, pilihan jawaban yang paling sesuai adalah (A).

Kalimat utama merupakan kalimat yang menjiwai seluruh isi paragraf. Kalimat ini bisa terletak di awal ataupun di akhir paragraf. Dalam teks ini, kalimat utama terletak di Awal  paragraf, yakni dalam kalimat (1) Pada akhir tahun 1960-an, sejumlah ahli bahasa beranggapan bahwa bahasa Indonesia kacau balau sehingga harus ada pembakuan ejaan. Jenis paragraf teks tersebut adalah deduktif. Paragraf diawali dengan menjelaskan hal-hal khusus, lalu menyempit menjadi hal umum, yakni mengenai pembakuan ejaan baru. Kata yang menjadi inti (kata kunci) paragraf ini adalah ejaan. Jadi, pilihan jawaban yang paling sesuai adalah (A).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

(1) Pada akhir tahun 1960-an, sejumlah ahli bahasa Indonesia beranggapan bahwa bahasa Indonesia kacau-balau sehingga harus ada pembakuan ejaan. (2) Menurut mereka, yang harus didahulukan dilakukan ial...

37

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia