(1) Berkali-kali aku memohon ibu menjemput Ena dan membawanya kembali tinggal bersama. Aku khawatir ia disiksa anak-anak Paman. (2) Lagi pula, pamanku jarang di rumah. Bibi sudah pasti membela anak-anaknya. Ibu malah tertawa keras. (3) Ketika aku mengulangi lagi permohonanku, Ibu memarahiku. “Saya tidak sanggup menanggung makan kalian berdua,” jawabnya, ketus. (4) Seandainya aku sudah bekerja. Ibu juga menganggur. Biaya hidup kami ditanggung adik nenekku. Ibuku mempunyai ibu yang kupanggil nenek dan nenek mempunyai adik perempuan yang kupanggil nenek juga. Nenek inilah yang membantu kami. Fatma adalah salah seorang pembantu di rumah nenek. Ibu memperoleh banyak perlakuan istimewa dari nenek, terlebih setelah ia kabur dari rumah. Konflik yang dialami oleh tokoh aku yang tepat adalah ....

Pertanyaan

(1) Berkali-kali aku memohon ibu menjemput Ena dan membawanya kembali tinggal bersama. Aku khawatir ia disiksa anak-anak Paman. (2) Lagi pula, pamanku jarang di rumah. Bibi sudah pasti membela anak-anaknya. Ibu malah tertawa keras. (3) Ketika aku mengulangi lagi permohonanku, Ibu memarahiku. “Saya tidak sanggup menanggung makan kalian berdua,” jawabnya, ketus. (4) Seandainya aku sudah bekerja.

Ibu juga menganggur. Biaya hidup kami ditanggung adik nenekku. Ibuku mempunyai ibu yang kupanggil nenek dan nenek mempunyai adik perempuan yang kupanggil nenek juga. Nenek inilah yang membantu kami. Fatma adalah salah seorang pembantu di rumah nenek. Ibu memperoleh banyak perlakuan istimewa dari nenek, terlebih setelah ia kabur dari rumah.


Konflik yang dialami oleh tokoh aku yang tepat adalah ....

  1. Anak-anak paman yang suka menyiksa

  2. Ingin menolong Ena tapi tidak ada biaya

  3. Ibu memarahi aku karena tidak punya uang

  4. Ibu mendapat perlakuan istimewa setelah kabur

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Konflik yang terjadi pada kutipan cerita tersebut ialah tokoh Aku yang ingin membawa Ena kembali ke rumahnya ditentang oleh ibunya karena mereka kekurangan biaya. Hal tersebut yang menyebabkan terjadi perdebatan antara Ibu dan tokoh Aku. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

74

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Penyebab konflik kutipan cerita tersebut adalah ....

178

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia