Ade P

26 Maret 2024 01:28

Iklan

Iklan

Ade P

26 Maret 2024 01:28

Pertanyaan

Yang termasuk dalam konsep dasar tari melayu yaitu, kecuali 


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:32

Jawaban terverifikasi

<p>Konsep dasar tari Melayu mencakup berbagai elemen yang merupakan ciri khas dari seni tari tradisional Melayu. Beberapa elemen yang termasuk dalam konsep dasar tari Melayu antara lain:</p><p><strong>Gerak dan Ekspresi Tubuh</strong>: Tarian Melayu sering menampilkan gerakan yang lemah gemulai dan elegan, dengan penekanan pada ekspresi tubuh yang lembut dan berirama. Gerakan-gerakan ini sering menggambarkan berbagai emosi, seperti kegembiraan, kesedihan, atau kerinduan.</p><p><strong>Pakaian dan Aksesoris</strong>: Pakaian tradisional yang dipakai dalam tarian Melayu juga menjadi bagian penting dari konsep tari. Pakaian seperti baju kurung, kebaya, atau baju tradisional lainnya dipadukan dengan aksesoris seperti selendang, samping, atau hiasan kepala yang khas.</p><p><strong>Musik dan Instrumen</strong>: Musik pengiring dalam tari Melayu sering menggunakan alat musik tradisional seperti rebana, gendang, gambus, atau seruling. Ritme dan melodi yang digunakan mencerminkan nuansa dan tema dari tarian tersebut.</p><p><strong>Koreografi dan Formasi</strong>: Koreografi dalam tarian Melayu sering mengandalkan pola gerakan yang simetris dan repetitif, dengan penekanan pada gerakan tangan, kaki, dan kepala yang halus dan berirama. Formasi grup juga sering digunakan, di mana penari membentuk pola tertentu atau bergerak secara bersama-sama.</p><p><strong>Makna dan Konteks</strong>: Setiap gerakan dalam tari Melayu sering memiliki makna dan konteks budaya yang dalam. Misalnya, gerakan tertentu dapat menggambarkan aktivitas sehari-hari, mitos atau legenda, atau nilai-nilai sosial dan spiritual dalam budaya Melayu.</p><p><br>&nbsp;</p>

Konsep dasar tari Melayu mencakup berbagai elemen yang merupakan ciri khas dari seni tari tradisional Melayu. Beberapa elemen yang termasuk dalam konsep dasar tari Melayu antara lain:

Gerak dan Ekspresi Tubuh: Tarian Melayu sering menampilkan gerakan yang lemah gemulai dan elegan, dengan penekanan pada ekspresi tubuh yang lembut dan berirama. Gerakan-gerakan ini sering menggambarkan berbagai emosi, seperti kegembiraan, kesedihan, atau kerinduan.

Pakaian dan Aksesoris: Pakaian tradisional yang dipakai dalam tarian Melayu juga menjadi bagian penting dari konsep tari. Pakaian seperti baju kurung, kebaya, atau baju tradisional lainnya dipadukan dengan aksesoris seperti selendang, samping, atau hiasan kepala yang khas.

Musik dan Instrumen: Musik pengiring dalam tari Melayu sering menggunakan alat musik tradisional seperti rebana, gendang, gambus, atau seruling. Ritme dan melodi yang digunakan mencerminkan nuansa dan tema dari tarian tersebut.

Koreografi dan Formasi: Koreografi dalam tarian Melayu sering mengandalkan pola gerakan yang simetris dan repetitif, dengan penekanan pada gerakan tangan, kaki, dan kepala yang halus dan berirama. Formasi grup juga sering digunakan, di mana penari membentuk pola tertentu atau bergerak secara bersama-sama.

Makna dan Konteks: Setiap gerakan dalam tari Melayu sering memiliki makna dan konteks budaya yang dalam. Misalnya, gerakan tertentu dapat menggambarkan aktivitas sehari-hari, mitos atau legenda, atau nilai-nilai sosial dan spiritual dalam budaya Melayu.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

06 April 2024 05:09

Jawaban terverifikasi

<p>Konsep dasar tari Melayu meliputi beberapa elemen penting yang membentuk identitas tarian tersebut. Beberapa di antaranya adalah:</p><p>Gerakan Tubuh: Gerakan tubuh dalam tari Melayu cenderung lemah gemulai dan berirama. Gerakan-gerakan tersebut sering kali menggambarkan keanggunan dan kehalusan, dengan gerakan tangan dan kaki yang lembut dan indah.</p><p>Ekspresi Wajah: Ekspresi wajah juga memegang peranan penting dalam tarian Melayu. Penari sering kali mengekspresikan emosi seperti kegembiraan, kecemasan, atau cinta melalui ekspresi wajah yang halus dan berkesan.</p><p>Busana: Busana dalam tari Melayu sangatlah khas dan berwarna-warni. Biasanya menggunakan busana tradisional yang elegan seperti baju kurung, kebaya, atau baju bodo. Busana tersebut sering kali dihiasi dengan hiasan-hiasan tradisional seperti sulam atau payet.</p><p>Musik dan Iringan: Musik dan irama yang digunakan dalam tarian Melayu juga sangat khas. Penggunaan alat musik tradisional seperti gamelan atau gendang melayu memberikan kesan yang khas dan memperkuat atmosfir tarian.</p><p>Cerita atau Tema: Tarian Melayu sering kali mengandung cerita atau tema tertentu yang menggambarkan kehidupan sehari-hari, mitos, atau legenda dari budaya Melayu. Tema-tema tersebut sering kali mencerminkan nilai-nilai tradisional dan kebudayaan Melayu.</p><p>Gerakan Tangan dan Kaki: Gerakan tangan dan kaki yang khas juga merupakan bagian dari konsep dasar tari Melayu. Gerakan-gerakan tersebut sering kali melibatkan gestur-gestur halus yang menggambarkan ekspresi atau emosi tertentu, seperti penggunaan aban-aban atau sapuan tangan yang indah.</p>

Konsep dasar tari Melayu meliputi beberapa elemen penting yang membentuk identitas tarian tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

Gerakan Tubuh: Gerakan tubuh dalam tari Melayu cenderung lemah gemulai dan berirama. Gerakan-gerakan tersebut sering kali menggambarkan keanggunan dan kehalusan, dengan gerakan tangan dan kaki yang lembut dan indah.

Ekspresi Wajah: Ekspresi wajah juga memegang peranan penting dalam tarian Melayu. Penari sering kali mengekspresikan emosi seperti kegembiraan, kecemasan, atau cinta melalui ekspresi wajah yang halus dan berkesan.

Busana: Busana dalam tari Melayu sangatlah khas dan berwarna-warni. Biasanya menggunakan busana tradisional yang elegan seperti baju kurung, kebaya, atau baju bodo. Busana tersebut sering kali dihiasi dengan hiasan-hiasan tradisional seperti sulam atau payet.

Musik dan Iringan: Musik dan irama yang digunakan dalam tarian Melayu juga sangat khas. Penggunaan alat musik tradisional seperti gamelan atau gendang melayu memberikan kesan yang khas dan memperkuat atmosfir tarian.

Cerita atau Tema: Tarian Melayu sering kali mengandung cerita atau tema tertentu yang menggambarkan kehidupan sehari-hari, mitos, atau legenda dari budaya Melayu. Tema-tema tersebut sering kali mencerminkan nilai-nilai tradisional dan kebudayaan Melayu.

Gerakan Tangan dan Kaki: Gerakan tangan dan kaki yang khas juga merupakan bagian dari konsep dasar tari Melayu. Gerakan-gerakan tersebut sering kali melibatkan gestur-gestur halus yang menggambarkan ekspresi atau emosi tertentu, seperti penggunaan aban-aban atau sapuan tangan yang indah.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bentuk lightning modern untuk menyinari objek secara khusus adalah .... A. petromaks B. follow spotlight lampu Sentral C. strip light lampu berderet D. general light E. spotlight

0

5.0

Jawaban terverifikasi