Shaffana N

23 Maret 2024 04:29

Iklan

Iklan

Shaffana N

23 Maret 2024 04:29

Pertanyaan

Wujud sikap dan perilaku membela negara sesuai dengan amanat UUD 1945...


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dearta D

23 Maret 2024 10:02

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah : 1. Mengikuti wajib militer 2. Menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan negara 3. Menunjukkan rasa cinta tanah air 4. Mematuhi hukum dan peraturan 5. Aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan komunitas 6. Menghindari tindakan yang membahayakan keamanan umum 7. Berperan serta dalam menjaga kerukunan 8. Menghormati keberagaman dan toleransi 9. Mendukung kebijakan pemerintah 10. Mengedukasi diri dan orang lain mengenai Pancasila 11. Berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan pendidikan.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Maret 2024 07:16

Jawaban terverifikasi

<p>Sikap dan perilaku membela negara sesuai dengan amanat UUD 1945 dapat diwujudkan melalui berbagai tindakan konkret yang mencerminkan kesetiaan, tanggung jawab, dan dedikasi terhadap negara. Berikut adalah beberapa contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan amanat UUD 1945:</p><p><strong>Menghormati dan Mematuhi Hukum</strong>: Mematuhi hukum dan peraturan negara merupakan langkah pertama dalam membela negara. Ini mencakup patuh terhadap aturan lalu lintas, peraturan tempat umum, serta norma-norma sosial dan moral yang berlaku.</p><p><strong>Menjunjung Tinggi Bhinneka Tunggal Ika</strong>: Menghargai keragaman budaya, agama, suku, dan etnis adalah bagian dari membela negara. Ini mencakup sikap toleransi, menghormati perbedaan, dan mendorong persatuan dalam keberagaman.</p><p><strong>Menghormati Lambang Negara dan Simbol Kebangsaan</strong>: Menghormati dan menjaga keutuhan lambang negara seperti bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta simbol-simbol kebangsaan lainnya adalah bagian dari rasa cinta dan hormat terhadap negara.</p><p><strong>Mengambil Bagian dalam Pembangunan Negara</strong>: Aktif berkontribusi dalam pembangunan negara, baik melalui partisipasi dalam pembangunan ekonomi, sosial, maupun politik, adalah sikap yang mencerminkan dedikasi terhadap kemajuan bangsa.</p><p><strong>Menjaga Keamanan dan Ketertiban</strong>: Menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar adalah wujud konkret dari membela negara. Ini mencakup partisipasi dalam program keamanan, melaporkan kegiatan yang mencurigakan, serta mendukung upaya penegakan hukum.</p>

Sikap dan perilaku membela negara sesuai dengan amanat UUD 1945 dapat diwujudkan melalui berbagai tindakan konkret yang mencerminkan kesetiaan, tanggung jawab, dan dedikasi terhadap negara. Berikut adalah beberapa contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan amanat UUD 1945:

Menghormati dan Mematuhi Hukum: Mematuhi hukum dan peraturan negara merupakan langkah pertama dalam membela negara. Ini mencakup patuh terhadap aturan lalu lintas, peraturan tempat umum, serta norma-norma sosial dan moral yang berlaku.

Menjunjung Tinggi Bhinneka Tunggal Ika: Menghargai keragaman budaya, agama, suku, dan etnis adalah bagian dari membela negara. Ini mencakup sikap toleransi, menghormati perbedaan, dan mendorong persatuan dalam keberagaman.

Menghormati Lambang Negara dan Simbol Kebangsaan: Menghormati dan menjaga keutuhan lambang negara seperti bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta simbol-simbol kebangsaan lainnya adalah bagian dari rasa cinta dan hormat terhadap negara.

Mengambil Bagian dalam Pembangunan Negara: Aktif berkontribusi dalam pembangunan negara, baik melalui partisipasi dalam pembangunan ekonomi, sosial, maupun politik, adalah sikap yang mencerminkan dedikasi terhadap kemajuan bangsa.

Menjaga Keamanan dan Ketertiban: Menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar adalah wujud konkret dari membela negara. Ini mencakup partisipasi dalam program keamanan, melaporkan kegiatan yang mencurigakan, serta mendukung upaya penegakan hukum.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Keberadaan dan kekuasaan lembaga tinggi negara di Indonesia diatur oleh UUD 1945. Hal ini menunjukkan bahwa UUD 1945 merupakan … . A. Konstitusi tertulis Indonesia C. Hukum Dasar di Indonesia B. Hukum tertinggi di Indonesia D. Dasar Negara Indonesia

11

5.0

Jawaban terverifikasi