Fadia F

21 Mei 2024 14:35

Iklan

Fadia F

21 Mei 2024 14:35

Pertanyaan

Uraikan apa yang dimaksud dengan uang giral!

Uraikan apa yang dimaksud dengan uang giral!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

15

:

11

:

42

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

21 Mei 2024 14:40

Jawaban terverifikasi

Uang giral adalah uang berbentuk saldo yang diterbitkan oleh bank untuk transaksi rekening koran. Uang giral diciptakan oleh bank dengan merilis surat berharga sebagai bukti pembayaran sah. Oleh sebab itu, uang giral hanya bisa digunakan pada transaksi tertentu dengan syarat dan ketentuan berlaku


Iklan

Nanda R

Community

22 Mei 2024 06:10

Jawaban terverifikasi

<p>Uang giral adalah jenis uang yang berbentuk simpanan di bank yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran melalui mekanisme pemindahan dana. Uang giral tidak berbentuk fisik seperti uang kertas atau koin, melainkan berupa saldo rekening di bank. Uang giral dapat digunakan untuk melakukan transaksi keuangan dengan berbagai cara, seperti:</p><ol><li><strong>Cek:</strong> Instrumen pembayaran yang memerintahkan bank untuk membayar sejumlah uang tertentu dari rekening penulis cek kepada penerima cek.</li><li><strong>Bilyet Giro:</strong> Surat perintah dari pemilik rekening kepada bank untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya kepada pihak ketiga pada tanggal tertentu.</li><li><strong>Transfer Bank:</strong> Pemindahan dana dari satu rekening bank ke rekening lain, baik dalam bank yang sama maupun antar bank.</li><li><strong>Kartu Debit:</strong> Kartu yang memungkinkan pemegangnya melakukan pembayaran langsung dari rekening banknya.</li><li><strong>Internet Banking dan Mobile Banking:</strong> Layanan perbankan elektronik yang memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi keuangan secara online.</li></ol>

Uang giral adalah jenis uang yang berbentuk simpanan di bank yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran melalui mekanisme pemindahan dana. Uang giral tidak berbentuk fisik seperti uang kertas atau koin, melainkan berupa saldo rekening di bank. Uang giral dapat digunakan untuk melakukan transaksi keuangan dengan berbagai cara, seperti:

  1. Cek: Instrumen pembayaran yang memerintahkan bank untuk membayar sejumlah uang tertentu dari rekening penulis cek kepada penerima cek.
  2. Bilyet Giro: Surat perintah dari pemilik rekening kepada bank untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya kepada pihak ketiga pada tanggal tertentu.
  3. Transfer Bank: Pemindahan dana dari satu rekening bank ke rekening lain, baik dalam bank yang sama maupun antar bank.
  4. Kartu Debit: Kartu yang memungkinkan pemegangnya melakukan pembayaran langsung dari rekening banknya.
  5. Internet Banking dan Mobile Banking: Layanan perbankan elektronik yang memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi keuangan secara online.

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan