Putri D

10 Juni 2024 10:35

Iklan

Iklan

Putri D

10 Juni 2024 10:35

Pertanyaan

upaya yang harus segera dilakukan masyarakat sekitar sungai jika terjadi curah hujan tinggi?

upaya yang harus segera dilakukan masyarakat sekitar sungai jika terjadi curah hujan tinggi?


19

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Daniel N

10 Juni 2024 10:50

Jawaban terverifikasi

<p>Ketika terjadi curah hujan tinggi di sekitar sungai, masyarakat sekitar perlu segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi risiko banjir dan dampak negatif lainnya. Beberapa upaya yang bisa dilakukan termasuk:</p><p>1. **Menghindari daerah rawan banjir:** Jika memungkinkan, masyarakat sekitar sungai sebaiknya menghindari daerah-daerah yang rentan terhadap banjir saat hujan lebat.</p><p>2. **Menyusun rencana evakuasi:** Penting bagi masyarakat untuk memiliki rencana evakuasi darurat jika banjir terjadi. Rencana ini harus mencakup rute evakuasi yang aman dan titik pertemuan yang telah ditentukan sebelumnya.</p><p>3. **Menyimpan barang berharga dengan aman:** Barang berharga dan dokumen penting sebaiknya disimpan di tempat yang aman dan terlindung dari banjir.</p><p>4. **Mengamankan barang-barang yang berpotensi terbawa air:** Barang-barang di sekitar sungai yang berpotensi terbawa air banjir sebaiknya diamankan atau dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi.</p><p>5. **Membantu tetangga:** Masyarakat sekitar sungai dapat saling membantu dan bersiap siaga dalam menyelamatkan diri dan harta benda jika diperlukan.</p><p>6. **Memantau perkembangan situasi:** Mengikuti perkembangan cuaca dan situasi banjir melalui radio, televisi, atau sumber informasi lainnya agar dapat mengambil tindakan yang tepat waktu.</p><p>7. **Melapor ke pihak berwenang:** Jika diperlukan, masyarakat sekitar sungai harus segera melaporkan situasi banjir kepada pihak berwenang seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau pihak yang bertanggung jawab lainnya.</p><p>8. **Bersiap menghadapi pemutusan pasokan listrik dan air:** Dalam situasi banjir yang parah, pasokan listrik dan air bisa terputus. Masyarakat perlu bersiap dengan menyimpan persediaan air bersih dan sumber pencahayaan darurat.</p><p>9. **Tetap tenang dan waspada:** Hal terpenting adalah tetap tenang dan waspada dalam menghadapi situasi banjir. Panik hanya akan memperburuk situasi.</p><p>Dengan mengambil langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat sekitar sungai dapat mengurangi risiko dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh curah hujan tinggi dan potensi banjir. Moga membantu kamu ya Putri D &lt;3</p>

Ketika terjadi curah hujan tinggi di sekitar sungai, masyarakat sekitar perlu segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi risiko banjir dan dampak negatif lainnya. Beberapa upaya yang bisa dilakukan termasuk:

1. **Menghindari daerah rawan banjir:** Jika memungkinkan, masyarakat sekitar sungai sebaiknya menghindari daerah-daerah yang rentan terhadap banjir saat hujan lebat.

2. **Menyusun rencana evakuasi:** Penting bagi masyarakat untuk memiliki rencana evakuasi darurat jika banjir terjadi. Rencana ini harus mencakup rute evakuasi yang aman dan titik pertemuan yang telah ditentukan sebelumnya.

3. **Menyimpan barang berharga dengan aman:** Barang berharga dan dokumen penting sebaiknya disimpan di tempat yang aman dan terlindung dari banjir.

4. **Mengamankan barang-barang yang berpotensi terbawa air:** Barang-barang di sekitar sungai yang berpotensi terbawa air banjir sebaiknya diamankan atau dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi.

5. **Membantu tetangga:** Masyarakat sekitar sungai dapat saling membantu dan bersiap siaga dalam menyelamatkan diri dan harta benda jika diperlukan.

6. **Memantau perkembangan situasi:** Mengikuti perkembangan cuaca dan situasi banjir melalui radio, televisi, atau sumber informasi lainnya agar dapat mengambil tindakan yang tepat waktu.

7. **Melapor ke pihak berwenang:** Jika diperlukan, masyarakat sekitar sungai harus segera melaporkan situasi banjir kepada pihak berwenang seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau pihak yang bertanggung jawab lainnya.

8. **Bersiap menghadapi pemutusan pasokan listrik dan air:** Dalam situasi banjir yang parah, pasokan listrik dan air bisa terputus. Masyarakat perlu bersiap dengan menyimpan persediaan air bersih dan sumber pencahayaan darurat.

9. **Tetap tenang dan waspada:** Hal terpenting adalah tetap tenang dan waspada dalam menghadapi situasi banjir. Panik hanya akan memperburuk situasi.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat sekitar sungai dapat mengurangi risiko dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh curah hujan tinggi dan potensi banjir. Moga membantu kamu ya Putri D <3


Iklan

Iklan

Navniaaa N

10 Juni 2024 12:49

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Curah Hujan Tinggi dan Cara Mengatasi Banjir</strong></p><ol><li>Mengubah daerah rawan banjir menjadi daerah yang banyak resapan.</li><li>Penanaman pohon (reboisasi).</li><li>Pengelolaan sumberdaya air secara menyeluruh.</li><li>Membangun tanggul pengendali banjir.</li><li>Membersihkan bagian bawah sungai yang biasanya tertutup oleh sampah.</li><li>Tidak membangun rumah-rumah lagi di sekeliling sungai yang dapat mempersempit lahan sungai.</li><li>membuang sampah pada tempatnya agar tidak terjadi penumpukan pada aliran sungai.</li></ol>

Curah Hujan Tinggi dan Cara Mengatasi Banjir

  1. Mengubah daerah rawan banjir menjadi daerah yang banyak resapan.
  2. Penanaman pohon (reboisasi).
  3. Pengelolaan sumberdaya air secara menyeluruh.
  4. Membangun tanggul pengendali banjir.
  5. Membersihkan bagian bawah sungai yang biasanya tertutup oleh sampah.
  6. Tidak membangun rumah-rumah lagi di sekeliling sungai yang dapat mempersempit lahan sungai.
  7. membuang sampah pada tempatnya agar tidak terjadi penumpukan pada aliran sungai.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perubahan muka Bumi yang terjadi karenatenaga endogen diikuti dengan gempa. Inilahsalah satu bukti adanya tenaga-tenaga dari dalam Bumi. Bahkan dalam aktivitas vulkanisme, frekuensiterjadinya gempa menjadi indikator tingkat keaktifan suatu gunung api. Hal tersebut terjadikarena A.Adanya gerakan ekplosif B.adanya intrusi magma C.adanya gerakan efusi D.proses ekstrusi magma

5

0.0

Jawaban terverifikasi