Salsabila F

26 Juli 2024 02:45

Salsabila F

26 Juli 2024 02:45

Pertanyaan

Tugas 1. Observasi kantor dilingkungan belajar. Tujuan tugas ini adalah untuk memahami tentang manajemen perkantoran. Langkah Kerja : 1. Bentuk kelompok kerja terdiri dari 4 orang. 2. Lakukan koordinasi untuk menentukan rencana dan pembagian tugas pelaksanaan project. Hal yang dikoordinasikan meliputi: a. pembagian tugas kelompok terdiri dari ketua, sekertaris, dan 2 anggota. b. diskusikan rencana observasi dengan memilih tempat/kantor/ unit kerja sebagai object observasi. c. membuat daftar pertanyaan atau caklis yang akan digunakan untuk observasi untuk mengetahui: > Identitas keberadaan kantor/ unit kerja. > Kerangka kepengurusan kantor (struktur organisasi). > Fungsi fungsi bagian dalam pelayanan kantor. 3. Lakukan observasi sesuai rencana kerja kelompok. 4. Diskusikan hasil observasi. Dari Hasil diskusi akan dapat menyimpulkan bagian apa saja yang melaksanakan fungsi fungsi kantor dan jenis jenis asas. MOHON DIBANTUU KAKK ๐Ÿฅบ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

20

:

55

:

40

Klaim

56

2

Jawaban terverifikasi

Rendi R

Community

26 Juli 2024 03:22

Jawaban terverifikasi

<p>Baik, berikut adalah langkah-langkah untuk tugas observasi kantor di lingkungan belajar:</p><p>&nbsp;</p><p>Langkah 1: Bentuk Kelompok Kerja<br>1. Bentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang.<br>2. Tentukan peran masing-masing anggota:<br>&nbsp; - Ketua: Memimpin koordinasi dan memastikan semua anggota berkontribusi.<br>&nbsp; - Sekretaris: Mencatat semua diskusi dan hasil observasi.<br>&nbsp; - Dua anggota lainnya: Membantu dalam observasi dan pengumpulan data.</p><p>&nbsp;</p><p>Langkah 2: Koordinasi dan Perencanaan<br>1. Pembagian Tugas Kelompok:<br>&nbsp; - Ketua: Memimpin rapat, mengatur jadwal observasi, memastikan semua tugas selesai tepat waktu.<br>&nbsp; - Sekretaris: Menyusun daftar pertanyaan, mencatat hasil rapat dan observasi.<br>&nbsp; - Anggota 1 dan 2: Melakukan observasi di lapangan, membantu menyusun laporan.</p><p>2. Rencana Observasi:<br>&nbsp; a. Pilih tempat observasi:<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp;- Tentukan kantor atau unit kerja yang akan diobservasi (misalnya: kantor administrasi sekolah, perpustakaan, atau laboratorium komputer).<br>&nbsp; b. Diskusikan rencana observasi:<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp;- Tentukan jadwal observasi.<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp;- Persiapkan daftar pertanyaan atau checklist yang akan digunakan.</p><p>3. Menyusun Daftar Pertanyaan atau Checklist:<br>&nbsp; - Identitas Kantor atau Unit Kerja:<br>&nbsp; &nbsp; - Nama kantor atau unit kerja<br>&nbsp; &nbsp; - Alamat<br>&nbsp; &nbsp; - Tugas utama<br>&nbsp; - Kerangka Kepengurusan Kantor (Struktur Organisasi):<br>&nbsp; &nbsp; - Bagian-bagian dalam kantor<br>&nbsp; &nbsp; - Nama dan jabatan setiap bagian<br>&nbsp; - Fungsi-fungsi Bagian dalam Pelayanan Kantor:<br>&nbsp; &nbsp; - Fungsi masing-masing bagian<br>&nbsp; &nbsp; - Prosedur pelayanan<br>&nbsp; &nbsp; - Sistem kerja dan alur komunikasi</p><p>&nbsp;</p><p>Langkah 3: Lakukan Observasi<br>1. Mengunjungi Tempat Observasi:<br>&nbsp; - Bertemu dengan kontak yang telah ditentukan di kantor atau unit kerja.<br>&nbsp; - Lakukan observasi dengan mengikuti daftar pertanyaan atau checklist.<br>&nbsp; - Mencatat semua informasi yang diperlukan secara rinci.</p><p>&nbsp;</p><p>Langkah 4: Diskusikan Hasil Observasi<br>1. Pertemuan Kelompok:<br>&nbsp; - Semua anggota kelompok bertemu untuk membahas hasil observasi.<br>&nbsp; - Sekretaris mencatat poin-poin penting dari diskusi.</p><p>2. Analisis dan Kesimpulan:<br>&nbsp; - Identifikasi fungsi-fungsi kantor berdasarkan hasil observasi.<br>&nbsp; - Tentukan jenis-jenis asas manajemen kantor yang diterapkan (contoh: asas efisiensi, asas koordinasi).</p><p>Contoh Hasil Laporan<br>1. Identitas Kantor:<br>&nbsp; - Nama: Kantor Administrasi Sekolah XYZ<br>&nbsp; - Alamat: Jalan Pendidikan No. 123, Kota ABC<br>&nbsp; - Tugas utama: Mengelola administrasi sekolah, keuangan, dan data siswa.</p><p>2. Struktur Organisasi:<br>&nbsp; - Kepala Kantor: Nama Kepala Kantor<br>&nbsp; - Sekretariat: Nama Sekretaris<br>&nbsp; - Bagian Keuangan: Nama Kepala Bagian<br>&nbsp; - Bagian Data Siswa: Nama Kepala Bagian</p><p>3. Fungsi-Fungsi Bagian:<br>&nbsp; - Kepala Kantor: Memimpin dan mengawasi semua kegiatan kantor.<br>&nbsp; - Sekretariat: Mengelola surat-menyurat, arsip, dan administrasi umum.<br>&nbsp; - Bagian Keuangan: Mengelola anggaran, keuangan, dan laporan keuangan.<br>&nbsp; - Bagian Data Siswa: Mengelola data siswa, pendaftaran, dan administrasi akademik.</p><p>4. Asas Manajemen yang Diterapkan:<br>&nbsp; - Asas Efisiensi: Optimalisasi sumber daya untuk mencapai hasil maksimal.<br>&nbsp; - Asas Koordinasi: Mengkoordinasikan antar bagian untuk memastikan alur kerja yang lancar.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan kamu bisa menyelesaikan tugas observasi kantormu dengan baik.</p>

Baik, berikut adalah langkah-langkah untuk tugas observasi kantor di lingkungan belajar:

 

Langkah 1: Bentuk Kelompok Kerja
1. Bentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang.
2. Tentukan peran masing-masing anggota:
  - Ketua: Memimpin koordinasi dan memastikan semua anggota berkontribusi.
  - Sekretaris: Mencatat semua diskusi dan hasil observasi.
  - Dua anggota lainnya: Membantu dalam observasi dan pengumpulan data.

 

Langkah 2: Koordinasi dan Perencanaan
1. Pembagian Tugas Kelompok:
  - Ketua: Memimpin rapat, mengatur jadwal observasi, memastikan semua tugas selesai tepat waktu.
  - Sekretaris: Menyusun daftar pertanyaan, mencatat hasil rapat dan observasi.
  - Anggota 1 dan 2: Melakukan observasi di lapangan, membantu menyusun laporan.

2. Rencana Observasi:
  a. Pilih tempat observasi:
     - Tentukan kantor atau unit kerja yang akan diobservasi (misalnya: kantor administrasi sekolah, perpustakaan, atau laboratorium komputer).
  b. Diskusikan rencana observasi:
     - Tentukan jadwal observasi.
     - Persiapkan daftar pertanyaan atau checklist yang akan digunakan.

3. Menyusun Daftar Pertanyaan atau Checklist:
  - Identitas Kantor atau Unit Kerja:
    - Nama kantor atau unit kerja
    - Alamat
    - Tugas utama
  - Kerangka Kepengurusan Kantor (Struktur Organisasi):
    - Bagian-bagian dalam kantor
    - Nama dan jabatan setiap bagian
  - Fungsi-fungsi Bagian dalam Pelayanan Kantor:
    - Fungsi masing-masing bagian
    - Prosedur pelayanan
    - Sistem kerja dan alur komunikasi

 

Langkah 3: Lakukan Observasi
1. Mengunjungi Tempat Observasi:
  - Bertemu dengan kontak yang telah ditentukan di kantor atau unit kerja.
  - Lakukan observasi dengan mengikuti daftar pertanyaan atau checklist.
  - Mencatat semua informasi yang diperlukan secara rinci.

 

Langkah 4: Diskusikan Hasil Observasi
1. Pertemuan Kelompok:
  - Semua anggota kelompok bertemu untuk membahas hasil observasi.
  - Sekretaris mencatat poin-poin penting dari diskusi.

2. Analisis dan Kesimpulan:
  - Identifikasi fungsi-fungsi kantor berdasarkan hasil observasi.
  - Tentukan jenis-jenis asas manajemen kantor yang diterapkan (contoh: asas efisiensi, asas koordinasi).

Contoh Hasil Laporan
1. Identitas Kantor:
  - Nama: Kantor Administrasi Sekolah XYZ
  - Alamat: Jalan Pendidikan No. 123, Kota ABC
  - Tugas utama: Mengelola administrasi sekolah, keuangan, dan data siswa.

2. Struktur Organisasi:
  - Kepala Kantor: Nama Kepala Kantor
  - Sekretariat: Nama Sekretaris
  - Bagian Keuangan: Nama Kepala Bagian
  - Bagian Data Siswa: Nama Kepala Bagian

3. Fungsi-Fungsi Bagian:
  - Kepala Kantor: Memimpin dan mengawasi semua kegiatan kantor.
  - Sekretariat: Mengelola surat-menyurat, arsip, dan administrasi umum.
  - Bagian Keuangan: Mengelola anggaran, keuangan, dan laporan keuangan.
  - Bagian Data Siswa: Mengelola data siswa, pendaftaran, dan administrasi akademik.

4. Asas Manajemen yang Diterapkan:
  - Asas Efisiensi: Optimalisasi sumber daya untuk mencapai hasil maksimal.
  - Asas Koordinasi: Mengkoordinasikan antar bagian untuk memastikan alur kerja yang lancar.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan kamu bisa menyelesaikan tugas observasi kantormu dengan baik.


Salsabila F

26 Juli 2024 03:27

TERIMAAA KAASIIIHH KAAAA ๐Ÿ˜๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

Nanda R

Community

26 Juli 2024 14:01

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah panduan terperinci untuk melaksanakan tugas observasi kantor dalam lingkungan belajar:</p><p><strong>Langkah 1: Pembentukan Kelompok Kerja</strong></p><p><strong>Bentuk Kelompok:</strong></p><ul><li>Bentuk kelompok kerja yang terdiri dari 4 orang.</li></ul><p><strong>Penugasan:</strong></p><ul><li><strong>Ketua:</strong> Memimpin kelompok, mengatur jadwal, dan memastikan semua tugas terlaksana.</li><li><strong>Sekretaris:</strong> Mencatat hasil diskusi, menyusun laporan, dan mengatur administrasi.</li><li><strong>Anggota 1 dan 2:</strong> Melakukan tugas observasi dan analisis sesuai dengan penugasan.</li></ul><p><strong>Langkah 2: Koordinasi dan Perencanaan</strong></p><p><strong>Pembagian Tugas:</strong></p><ul><li><strong>Ketua:</strong> Menyusun rencana observasi dan memimpin koordinasi dengan pihak terkait.</li><li><strong>Sekretaris:</strong> Menyiapkan dan mendokumentasikan pertanyaan atau ceklis observasi.</li><li><strong>Anggota 1 dan 2:</strong> Mengumpulkan data observasi dan melaporkan hasilnya.</li></ul><p><strong>Diskusi Rencana Observasi:</strong></p><ul><li><strong>Tempat/Kantor/Unit Kerja:</strong> Pilih lokasi yang akan diobservasi. Misalnya, kantor sekolah, unit administrasi, atau bagian pelayanan.</li><li><strong>Identifikasi Tempat:</strong> Pastikan tempat yang dipilih memiliki struktur organisasi dan fungsi-fungsi yang jelas.</li></ul><p><strong>Daftar Pertanyaan atau Ceklis:</strong></p><p><strong>Identitas Kantor/Unit Kerja:</strong></p><ul><li>Nama kantor/unit kerja.</li><li>Lokasi dan alamat.</li><li>Jam operasional.</li><li>Kontak person (nama, jabatan, dan nomor telepon).</li></ul><p><strong>Kerangka Kepengurusan Kantor (Struktur Organisasi):</strong></p><ul><li>Struktur organisasi kantor/unit kerja.</li><li>Jabatan dan tanggung jawab masing-masing posisi.</li><li>Hubungan antar bagian dan departemen.</li></ul><p><strong>Fungsi Bagian dalam Pelayanan Kantor:</strong></p><ul><li>Fungsi utama dari setiap bagian.</li><li>Proses kerja dan alur tugas.</li><li>Interaksi antar bagian dalam pelayanan kantor.</li></ul><p><strong>Langkah 3: Pelaksanaan Observasi</strong></p><p><strong>Observasi di Lokasi:</strong></p><ul><li>Kunjungi kantor/unit kerja yang telah dipilih.</li><li>Gunakan daftar pertanyaan atau ceklis untuk mengumpulkan informasi.</li></ul><p><strong>Catat Temuan:</strong></p><ul><li>Dokumentasikan setiap temuan sesuai dengan ceklis.</li><li>Ambil catatan tentang struktur organisasi, fungsi bagian, dan proses kerja.</li></ul><p><strong>Langkah 4: Diskusi Hasil Observasi</strong></p><p><strong>Diskusikan Temuan:</strong></p><ul><li>Bertemu dengan anggota kelompok untuk membahas hasil observasi.</li><li>Analisis data yang dikumpulkan untuk menentukan bagaimana fungsi-fungsi kantor dilaksanakan.</li></ul><p><strong>Identifikasi Fungsi dan Asas:</strong></p><ul><li>Identifikasi bagian-bagian yang melaksanakan fungsi kantor dan jenis-jenis asas yang diterapkan dalam struktur organisasi.</li><li>Diskusikan bagaimana setiap fungsi berkontribusi pada keseluruhan manajemen kantor.</li></ul><p><strong>Contoh Hasil Observasi</strong></p><p><strong>Identitas Kantor</strong></p><ul><li><strong>Nama Kantor:</strong> Kantor Administrasi Sekolah XYZ</li><li><strong>Alamat:</strong> Jl. Pendidikan No. 12, Jakarta</li><li><strong>Jam Operasional:</strong> Senin-Jumat, 08:00-16:00</li><li><strong>Kontak Person:</strong> Budi Santoso, Kepala Administrasi, 021-12345678</li></ul><p><strong>Struktur Organisasi</strong></p><ul><li><strong>Kepala Kantor:</strong> Budi Santoso</li><li><strong>Bagian Keuangan:</strong> Mengelola anggaran dan keuangan sekolah</li><li><strong>Bagian Akademik:</strong> Menangani administrasi akademik dan jadwal pelajaran</li><li><strong>Bagian SDM:</strong> Mengelola kepegawaian dan rekrutmen</li></ul><p><strong>Fungsi Bagian</strong></p><p><strong>Bagian Keuangan:</strong></p><ul><li>Fungsi: Pengelolaan dana, penyusunan laporan keuangan.</li><li>Proses Kerja: Menerima dan memproses pengajuan dana, menyusun laporan bulanan.</li></ul><p><strong>Bagian Akademik:</strong></p><ul><li>Fungsi: Pengelolaan kurikulum, jadwal pelajaran.</li><li>Proses Kerja: Menyusun jadwal, memantau perkembangan akademik siswa.</li></ul><p><strong>Bagian SDM:</strong></p><ul><li>Fungsi: Rekrutmen dan administrasi pegawai.</li><li>Proses Kerja: Menerima lamaran kerja, menyusun jadwal pelatihan.</li></ul>

Berikut adalah panduan terperinci untuk melaksanakan tugas observasi kantor dalam lingkungan belajar:

Langkah 1: Pembentukan Kelompok Kerja

Bentuk Kelompok:

  • Bentuk kelompok kerja yang terdiri dari 4 orang.

Penugasan:

  • Ketua: Memimpin kelompok, mengatur jadwal, dan memastikan semua tugas terlaksana.
  • Sekretaris: Mencatat hasil diskusi, menyusun laporan, dan mengatur administrasi.
  • Anggota 1 dan 2: Melakukan tugas observasi dan analisis sesuai dengan penugasan.

Langkah 2: Koordinasi dan Perencanaan

Pembagian Tugas:

  • Ketua: Menyusun rencana observasi dan memimpin koordinasi dengan pihak terkait.
  • Sekretaris: Menyiapkan dan mendokumentasikan pertanyaan atau ceklis observasi.
  • Anggota 1 dan 2: Mengumpulkan data observasi dan melaporkan hasilnya.

Diskusi Rencana Observasi:

  • Tempat/Kantor/Unit Kerja: Pilih lokasi yang akan diobservasi. Misalnya, kantor sekolah, unit administrasi, atau bagian pelayanan.
  • Identifikasi Tempat: Pastikan tempat yang dipilih memiliki struktur organisasi dan fungsi-fungsi yang jelas.

Daftar Pertanyaan atau Ceklis:

Identitas Kantor/Unit Kerja:

  • Nama kantor/unit kerja.
  • Lokasi dan alamat.
  • Jam operasional.
  • Kontak person (nama, jabatan, dan nomor telepon).

Kerangka Kepengurusan Kantor (Struktur Organisasi):

  • Struktur organisasi kantor/unit kerja.
  • Jabatan dan tanggung jawab masing-masing posisi.
  • Hubungan antar bagian dan departemen.

Fungsi Bagian dalam Pelayanan Kantor:

  • Fungsi utama dari setiap bagian.
  • Proses kerja dan alur tugas.
  • Interaksi antar bagian dalam pelayanan kantor.

Langkah 3: Pelaksanaan Observasi

Observasi di Lokasi:

  • Kunjungi kantor/unit kerja yang telah dipilih.
  • Gunakan daftar pertanyaan atau ceklis untuk mengumpulkan informasi.

Catat Temuan:

  • Dokumentasikan setiap temuan sesuai dengan ceklis.
  • Ambil catatan tentang struktur organisasi, fungsi bagian, dan proses kerja.

Langkah 4: Diskusi Hasil Observasi

Diskusikan Temuan:

  • Bertemu dengan anggota kelompok untuk membahas hasil observasi.
  • Analisis data yang dikumpulkan untuk menentukan bagaimana fungsi-fungsi kantor dilaksanakan.

Identifikasi Fungsi dan Asas:

  • Identifikasi bagian-bagian yang melaksanakan fungsi kantor dan jenis-jenis asas yang diterapkan dalam struktur organisasi.
  • Diskusikan bagaimana setiap fungsi berkontribusi pada keseluruhan manajemen kantor.

Contoh Hasil Observasi

Identitas Kantor

  • Nama Kantor: Kantor Administrasi Sekolah XYZ
  • Alamat: Jl. Pendidikan No. 12, Jakarta
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08:00-16:00
  • Kontak Person: Budi Santoso, Kepala Administrasi, 021-12345678

Struktur Organisasi

  • Kepala Kantor: Budi Santoso
  • Bagian Keuangan: Mengelola anggaran dan keuangan sekolah
  • Bagian Akademik: Menangani administrasi akademik dan jadwal pelajaran
  • Bagian SDM: Mengelola kepegawaian dan rekrutmen

Fungsi Bagian

Bagian Keuangan:

  • Fungsi: Pengelolaan dana, penyusunan laporan keuangan.
  • Proses Kerja: Menerima dan memproses pengajuan dana, menyusun laporan bulanan.

Bagian Akademik:

  • Fungsi: Pengelolaan kurikulum, jadwal pelajaran.
  • Proses Kerja: Menyusun jadwal, memantau perkembangan akademik siswa.

Bagian SDM:

  • Fungsi: Rekrutmen dan administrasi pegawai.
  • Proses Kerja: Menerima lamaran kerja, menyusun jadwal pelatihan.

Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut! Gotong Royong dan Manfaatnya Gotong royong merupakan bentuk kerja sama yang khas di Indonesia. Gotong royong berasal dari kata gotong yang berarti pikul atau angkat dan royong yang berarti bersamasama. Dengan demikian, gotong royong dapat diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama untuk mencapai hasil yang diinginkan. Saat melakukan gotong royong, warga melakukan pekerjaan tersebut secara sukarela atau tanpa pamrih sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Gotong royong dibedakan menjadi dua, yaitu gotong royong dalam arti tolong-menolong dan gotong royong dalam arti kerja bakti. Gotong royong dalam arti tolong-menolong biasanya dilakukan untuk kepentingan perorangan atau kelompok. Misal nya, gotong royong pada kegiatan pertanian, perayaan, dan bencana seperti kematian. Sementara itu, gotong royong dalam arti kerja bakti biasanya dilakukan untuk kepentingan umum. Misalnya, goyong royong untuk membersihkan saluran air atau tempat ibadah. Kegiatan gotong royong memiliki berbagai manfaat dan penting untuk di lakukan. Adapun manfaat dari gotong royong adalah membuat pekerjaan terasa lebih ringan, membuat tujuan bersama dapat tercapai dengan efektif, memupuk rasa tanggung jawab, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, menciptakan kerukunan, dan mempererat tali persaudaraan antaranggota masyarakat. Diolah dari berbagai sumber Gagasan utama paragraf kedua adalah .... a. pentingnya gotong royong b. pengertian gotong royong c. jenis-jenis gotong royong d. manfaat gotong royong

8

5.0

Jawaban terverifikasi

Pilihlah Jawaban Yang Paling Benar 1. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangannya lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi organiasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1928 - 20 Mei 1908 - 2 Mei 1928 2. Budi Utomo mengadakan Kongres Pertama di Yogyakarta pada tanggal* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1908 - 5 Oktober 1908 - 28 Oktober 1908 3. Perjuangan melawan penjajah selalu mengalami kegagalan, penyebab kegagalan perjuangan melawan penjajah adalah* - bangsa Indonesia kekurangan pejuang - kuranganya persatuan dan kesatuan - penjajah terlalu banyak jumlahnya - banyak orang Indonesia yang ikut penjajah 4. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah* - W.R. Soepratman - C. Simanjuntak - Muhammad Tabrani - M.H. Thamrin 5. Salah satu pendiri Budi Utomo adalah* - Jokowi - Bung Karno - Dr. Sutomo - Soeharto 6. Sikap positif yang perlu diwujudkan dalam rangka mengisi dan mempertahkan proklamasi Kemerdekaan RI adalah* - Semangat menantang dominasi asing dalam segala bentuk - Semangat tahan derita dan tahan uji - Semangat persatuan dan kesatuan - Semangat opportunitasi yang selalu mementingkan diri sendiri. 7. Setiap tanggal 20 Mei bagi bangsa Indonesia diperingati sebagai hari* - Sumpah pemuda - Kebangkitan nasional - Kemerdekaan Indonesia - Pendidikan Nasional 8. Bentuk penghargaan terhadap para pahlawan bangsa diwujudkan dengan cara* - diteruskan cita-citanya untuk kepentingan bangsa dan Negara - dibuat monumen atau patung pahlawan yang megah - dijadikan nama tempat yang bersejarah - diperingati setiap tahun secara meriah. 9. Contoh sikap patriotisme berbangsa dan bernegara adalah* - bersedia bertugas di daerah terpencil dengan baik - selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa - menyumbangkan harta benda untuk pembangunan - membeli barang barang mewah 10. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena* - Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika - Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat 11. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk* - Menanamkan nasionalisme - Menanamkan kebiasaan baik - Mengenal penciptanya - Agar hafal syair lagunya 12. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu* - Bekerja keras - Bekerja cerdas - Menorehkan prestasi di berbagai bidang - Tiada mengenal putus asa 13. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta* - Dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain - Dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju - Dapat menjadi negara yang kompetitif - Dapat melawan ketidakadilan dunia 14. Rasa cinta terhadap tanah air disebut juga dengan* - Sukuisme - Nasionalisme - Imprealisme - Rasisme 15. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah* - Cinta bangsa dan tanah air - Sikap rela berkorban - Aktualisasi diri - Bangga dengan produk luar negeri 16. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak* - Lembaran Negara - Surat Kabar Sin Po - Berita Negara - Surat Kabar Kompas 17. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama* - Moh. Hatta - Soeharto - Bung Tomo - Sutomo 18. Lahirnya organisasi kebangsaan di Indonesia mempunyai pengaruh terhadap perubahan bentuk perjuangan bangsa Indonesia yaitu* - Tidak tergantung pada satu pimpinan - Menggunakan persenjataan tradisional - Bersifat lokal kedaerahan - Kurang menggunakan siasat perjuangan diplomasi. 19. Semangat sumpah pemuda bukan hanya menggerakkan pada pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara yang mencapai puncaknya pada...* - 28 Oktober 1945 - 20 Mei 1908 - 17 Agustus 1945 - 18 Agustus 1945 20. Sumpah pemuda merupakan intisari putusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia yang dikenal dengan kongres pemuda I dan kongres pemuda II melalui kongres itulah kita bisa mengenal istilah ...* - Bhineka tunggal ika berbeda-beda tetap satu jua - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Satu tanah air, bangsa dan bahasa 21. Awal kebangkitan semangat persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa Indonesia ditandai dengan* - Lahirnya Budi Utomo - Tumbangnya Rezim Orde Baru - Dicetuskannya Sumpah Pemuda - Proklamasi Kemerdekaan 22. Peristiwa nasional yang mampu menggerakkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga mewujudkan perasaan sebangsa, setanah air, dan berbahasa satu adalah* - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Pergerakan Nasional - Proklamasi Kemerdekaan 23. Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan RI demi terciptanya persatuan dan kesatuan, seluruh bangsa Indonesia hendaknya dapat menuunjung tinggi nilai-nilai persatuan. Nilai-nilai tersebut merupakan cerminan nilai Pancasila yang terdapat pada sila* - I - II - III - V 24. Sikap berani dan pantang menyerah seseorang yang ditunjukkan dengan rela berkorban untuk bangsa dan negara demi keutuhan negara disebut sebagai* - Patriotisme - Chauvenisme - Imprealisme - kolonialisme 25. Dari sekian banyak negara yang menjajah bangsa Indonesia, negara mana yang paling lama menjajah Indonesia* - Jepang - Belanda - Portugal - Inggris 26. Berdasarkan hasil Kongres Pemuda I semua organisasi kepemudaan dilebur dalam satu wadah organisasi dengan nama...* - PPM - PPI - PIR - PI 27. Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena hal-hal berikut ini, kecuali...* - Perjuangan menggunakan senjata meriam dan rudal - Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat lokal adalah sia-sia - Mereka juga sadar bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan cita-cita kemerdekaan dapat diraih - Perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat nasional 28. Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh para pemuda Indonesia memiliki tujuan utama...* - Membantu penduduk yang fakir dan miskin - Menjual hasil rempah rempah kepada belanda, dan keuntunganya untuk kesejahteraan penduduk - Pendidikan dan pengajaran - membantu pihak jepang untuk mengalahkan belanda 29. Hidup di jaman now yang sangat akrab dengan media sosial tentu kita sering membaca HOAX (berita palsu yang menyesatkan) bagaimana sikap anda, Sebagai pelajar yang memahami dan menerapkan nilai nilai Kebangkitan Nasional, harus bersikap* - Membiarkan saja dan ikut menyebarkan - berusaha mencari tahu kebenarannya dengan bertanya kepada guru atau orang tua - Membalas dengan membuat info lain yang menyesatkan - Berusaha menenangkan diri 30. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah* - Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu - Belanda bersikap lunak kepada pejuang indonesia - Mempercepat proses kemerdekaan indonesia - Para pemuda makin berani melawan penjajah 31.Berikut ini merupakan katakteristik yang dimiliki oleh budaya Indonesia, kecuali...* - hasil dari budidaya individu - merupakan kebanggan nasional - hasil dari budidaya masyarakat Indonesia yang sudah ada sebelum tahun 1945 - berasal dari budaya-budaya lokal daerah dan budaya nasional 32. Pembangunan nasional harus didasarkan pada pembangunan karakter dan semangat gotong royong. Hal tersebut merupakan contoh dari tujuan pemajuan budaya, yaitu...* - haluan pembangunan nasional - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - melestarikan warisan budaya Indonesia 33. Dalam pemajuan budaya, hendaknya kebudayaan dilaksanakan dengan semangat kerja sama yang tulus. Hal tersebut merupakan asas.... dalam pemajuan kebudayaan.* - keberlanjutan - kelokalan - keterpaduan - gotong royong 34. Investasi kebudayaan atau pencatatan kebudayaan merupakan salah satu upaya pemajuan kebudayaan. Hasil dari pencatatan ini umumnya akan mengalami peningkatan, misalnya pada tahun 2016 tercatat ada 50 warisan budaya tak benda berupa adat istiadat dan ritual di seluruh Indonesia. Ternyata pada tahun 2018 ditemukan lebih banyak lagi yang jumlahnya mencapai 72. Oleh karena itu, dapat disimpulkan kebudayaan Indonesia makin berkembang tiap tahunnya. Hal sesuai dengan salah satu tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - menciptakan masyrakat yang sejahtera - meningkatkan citra bangsa di mata dunia 35. Pengenalan kebudayaan tradisional Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar generasi muda tidak lupa dengan asalnya dan malah mengikuti kebudayaan asing dari negara lain. Uraian tersebut berkaitan erat dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperteguh jati diri bangsa - mewujudkan masyarakat madani - mencerdaskan kehidupan bangsa - memperkaya keberagaman budaya 36. Pemajuan kebudayaan Indonesia harus dilakukan dengan memperhatikan karakteristik daerahnya masing-masing. Hal ini merupakan penjabaran dari salah satu asas pemajuan kebudayaan, yaitu...* - keberagaman - kelokalan - kesederajatan - keselarasan 37. Berikut yang bukan merupakan tujuan pemajuan kebudayaan adalah...* - memperteguh jati diri bangsa - mengembangkan nilai luhur bangsa - mewujudkan masyarakat madani - menerima kebudayaan asing sebagai kebudayaan bangsa 38. Anak-anak dari SMP Ruan Raya memainkan permainan tradisional bakiak. Permainan ini melatih keseimbangan, konsentrasi serta kerja sama tim sehingga dapat memupuk karakter anak. Ilustrasi tersebut sesuai dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa 39. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Merawat alat musik tradisional (2) Menulis penelitian seputar batik dan memublikasikannya (3) Menggelar lomba robotik (4) Menggeluti hobi fotograi Dari pernyataan tersebut, yang merupakan upaya melestarikan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor โ€ฆ.* - 1 dan 2 - 1 dan 3 - 2 dan 3 - 2 dan 4 40. Setiap bangsa memiliki karakteristik budaya masing-masing, termasuk bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya nilai-nilai yang mendasari kebudayaan bangsa Indonesia yang membedakannya dari - kebudayaanbangsa-bangsalain. Pernyataanyangsesuaidenganparagraf tersebut yaitu...* - budaya nasional memiliki persamaan dan perbedaan dengan budaya bangsa lain - gaya berpakaian dan berbahasa bukan merupakan bagian dari suatu budaya - budaya nasional menjadi identitas dan jati diri yang terdapat pada suatu bangsa budaya nasional dapat tersisih oleh budaya yang terdapat pada bangsa-bangsa lain

53

0.0

Jawaban terverifikasi

Berita 1 Pasien Lupa Orang Tua karena Kecanduan Ponsel Kamis, 17 Okt 2019 Selain di Bandung Barat, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr. Arif Zainudin Surakarta juga menerima pasien kecanduan ponsel. Tahun ini, jumlah pasien tersebut semakin meningkat. Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Anak Remaja RSJD dr. Arif Zainudin Surakarta, Aliyah Himawati, mengatakan fenomena tersebut sudah terjadi sejak tiga tahun lalu. Namun belakangan, fenomena tersebut memang makin marak. โ€œTiga tahun lalu ada tapi sedikit. Sejak tahun ajaran baru ini ada sekitar 35 anak remaja. Sehari ada 1-2 anak yang berobat,โ€ kata Aliyah,Kamis (17/10/2019). Kondisi gangguan kejiwaan mereka berbeda-beda. Pasien dengan kondisi yang sangat parah bahkan tidak mengakui dan menganiaya orang tuanya. โ€œOrang tuanya tidak dianggap. Dia bilang kalau dia itu turun dari langit. Isi pikirannya itu yang ada di gim itu, bahasanya bahasa di gim itu,โ€ ujarnya. Kebanyakan pasien tersebut kecanduan gim ekstrem. Mereka tidak mau makan hingga tak mau sekolah. Kalaupun sekolah, mereka ingin segera pulang untuk bermain gim. โ€œAda yang niat ke sekolah itu untuk main gim. Karena di sekolah ada wifi gratis. Sedangkan di rumah sudah diputus orang tuanya,โ€ kata Aliyah. Penanganan pasien kecanduan ponsel ini dilakukan sesuai dengan gejalanya. Pertama, pasien harus mengakui jika dirinya kecanduan ponsel. Setelah itu, pasien diberi obat. โ€œKondisi kecanduan ini membuat cairan otak atau kerja saraf tidak seimbang. Langkah farmakoterapi atau pemberian obat ini yang paling cepat bisa menyeimbangkan,โ€ ujar dia. Kemudian pasien akan menjalani terapi perilaku. Secara berangsur, dosis obat juga diturunkan. โ€œUntuk pasien rawat jalan, kita evaluasi dua minggu sekali. Mereka kita beri kontrak kegiatan. Sehari ngapain saja. Sehari pegang ponsel itu hanya dua jam,โ€ katanya. Sebagai langkah pencegahan, dia mengimbau kepada orang tua agar menjauhkan ponsel dari anak sejak dini. Saat ini banyak orang tua yang mengenalkan ponsel terlalu dini. (Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4749582/ pasien-kecanduan-ponsel-di-rsj-solo-juga-bertambah-ada-yang-sampai-lupa-ortu dengan penyesuaian) Berita 2 Pasien Anak Kecanduan Ponsel Bertambah di RS Jiwa Solo Kamis : 17 Oktober 2019 Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr. Arif Zainudin, Solo, Jawa Tengah, mencatat adanya kenaikan signifikan jumlah pasien kecanduan ponsel. Bahkan dalam tiga bulan terakhir sudah ada 35 pasien kecanduan ponsel yang berobat ke RSJD Solo. Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja RSJD dr. Arif Zainudin, Aliyah Himawati, mengatakan, dulu pasien kecanduan ponsel baru ada mungkin satu orang dalam sepekan. Sekarang, dalam satu hari bisa satu sampai dua pasien. Semuanya merupakan anak-anak usia sekolah. โ€œIni kan tahun ajaran baru, baru mid semester itu sudah kira-kira ada 35 anak bahkan sampai rawat inap. Yang rawat inap kemarin ada dua anak, sekarang sudah pulang,โ€ kata Aliyah kepada wartawan, Kamis (17/10). Pasien yang rawat inap tersebut terdiri dari satu siswa SMP dan satu siswa SMA. Sedangkan pasien rawat jalan paling kecil usianya 10 tahun. Puluhan pasien tersebut berasal dari Solo dan sekitarnya. Dia menyebutkan, ciri-ciri anak kecanduan ponsel biasanya orang tuanya sudah tahu si anak pegang ponsel terus. Kemudian, anak sudah tidak bisa melakukan fungsi tugasnya sebagai anak sekolah seperti sudah membolos sekolah, tidak mau sekolah, tidak mau belajar. Selain itu, anak mengalami gangguan emosi dan kesulitan tidur. Menurutnya, dalam menangani pasien kecanduan ponsel disesuaikan dengan gejala yang muncul. Gejala bisa berbeda pada setiap anak. Misalnya, gangguan emosi dan sulit tidur diatasi terlebih dahulu. โ€œAda beberapa langkah yang kami lakukan untuk mengatasi gangguan emosi itu salah satunya dengan obat farmakoterapi, setelah itu langsung masuk ke terapi perilaku,โ€ ungkapnya. Pada awalnya, terkadang anak merasa tidak kecanduan ponsel dan merasa baik-baik saja. Langkah pertama sebelum masuk ke terapi perilaku, lanjutnya, anak harus mengakui kalau kecanduan ponsel. Aliyah menyatakan, proses terapi tersebut dilakukan secara berkelanjutan. Untuk farmakoterapi paling tidak dua pekan agar pasien lebih stabil. Sepekan pertama sudah bisa mulai terapi perilaku dan berlanjut paling tidak enam bulan. โ€œAda daftar kontrak apa yang harus dilakukan pasien. Misalnya untuk anak yang masih sekolah jam belajar sepulang sekolah harus ngapain, kalau dulu pegang ponsel setiap waltu sekarang harus dibatasi. Pegang ponsel hanya boleh jam tertentu maksimal satu hari hanya dua, jam apapun alasannya,โ€ tegasnya. Aliyah menambahkan, orang tua perlu melakukan upaya dan memberi contoh untuk mencegah agar anak tidak kecanduan ponsel. Meskipun, praktiknya agak susah karena tugas-tugas sekolah terkadang memakai gawai. Cara mencegahnya dengan menggunakan gawai hanya untuk tugas-tugas sekolah. Kemudian, pada jam-jam tertentu harusnya di keluarga tidak pegang ponsel semua. โ€œKalau orang tua pegang ponsel, anaknya tidak boleh ya sama saja,โ€ ujarnya. (Sumber: https://nasional.republika.co.id/berita/pzilao430/pasien-anak-kecanduan-ponsel-di-rs-jiwa-solo-bertambah dengan penyesuaian) 1. Tuliskan informasi yang sama dari berita 1, berita 2 dan komik berikut.

793

5.0

Jawaban terverifikasi