Himas J

13 Januari 2024 23:25

Iklan

Himas J

13 Januari 2024 23:25

Pertanyaan

Tolong kakkk 2.Tuliskan kesimpulan yang dapat diambil dari 5 teori yang telah di pelajari! (Teori Brahmana,Teori Waisya,Teori Ksatria,Teori Sudra,Teori Arus balik)

Tolong kakkk

2.Tuliskan kesimpulan yang dapat diambil dari 5 teori yang telah di pelajari! (Teori Brahmana,Teori Waisya,Teori Ksatria,Teori Sudra,Teori Arus balik)

alt

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

21

:

55

:

35

Klaim

12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sassy.Sa S

16 Januari 2024 09:53

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;2. Teori masuknya agama hindu di Indonesia:</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; a. Teori Brahmana-&gt; ditemukannya prasasti yang menggunakan huruf sansekerta dan huruf pallawa dimana pada saat itu, huruf-huruf tersebut hanya dikuasai oleh Brahmana.&nbsp;</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp;b. Teori Ksatria-&gt;peranan kaum ksatria atau prajurit India yang diduga melarikan diri dari india dan mendirikan kerajaan-kerajaan di Indonesia.&nbsp;</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp;c. Teori Waisya-&gt; proses penyebaran pengaruh hindu di Indonesia adalah kaum waisya atau para pedagang. Letak Indonesia yang strategis dalam jalur perdagangan menjadikan Indonesia banyak dikunjungi oleh pedagang negeri lain, salah satunya pedagang India.&nbsp;</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp;d.Teori Sudra-&gt;agama Hindu masuk ke wilayah Nusantara dibawa oleh para golongan sudra (rakyat biasa/budak) yang berasal dari India. Mereka pergi dari India dengan tujuan untuk mengubah hidup menjadi lebih baik di negeri orang.</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; e. Teori Arus Balik-&gt;teori arus-balik meyakini bahwa bangsa Indonesia sendirilah yang memiliki peranan besar terhadap penyebaran agama Hindu di Indonesia. Tokoh masyarakat pergi ke India dan kemudian mempelajari agama serta kebudayaan Hindu.&nbsp;</p>

 2. Teori masuknya agama hindu di Indonesia:

      a. Teori Brahmana-> ditemukannya prasasti yang menggunakan huruf sansekerta dan huruf pallawa dimana pada saat itu, huruf-huruf tersebut hanya dikuasai oleh Brahmana. 

     b. Teori Ksatria->peranan kaum ksatria atau prajurit India yang diduga melarikan diri dari india dan mendirikan kerajaan-kerajaan di Indonesia. 

     c. Teori Waisya-> proses penyebaran pengaruh hindu di Indonesia adalah kaum waisya atau para pedagang. Letak Indonesia yang strategis dalam jalur perdagangan menjadikan Indonesia banyak dikunjungi oleh pedagang negeri lain, salah satunya pedagang India. 

     d.Teori Sudra->agama Hindu masuk ke wilayah Nusantara dibawa oleh para golongan sudra (rakyat biasa/budak) yang berasal dari India. Mereka pergi dari India dengan tujuan untuk mengubah hidup menjadi lebih baik di negeri orang.

      e. Teori Arus Balik->teori arus-balik meyakini bahwa bangsa Indonesia sendirilah yang memiliki peranan besar terhadap penyebaran agama Hindu di Indonesia. Tokoh masyarakat pergi ke India dan kemudian mempelajari agama serta kebudayaan Hindu. 


Iklan

Nanda R

Community

07 April 2024 03:09

Jawaban terverifikasi

<p>Kesimpulan dari kelima teori yang telah dipelajari, yaitu Teori Brahmana, Teori Waisya, Teori Ksatria, Teori Sudra, dan Teori Arus Balik, adalah sebagai berikut:</p><p><strong>Teori Brahmana:</strong> Teori ini menggambarkan masyarakat tradisional India yang terbagi atas empat varna, dengan Brahmana sebagai kelas paling tinggi yang terkait dengan kegiatan keagamaan dan pendidikan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya hierarki sosial yang kuat dan sistem kasta yang ketat, di mana status sosial seseorang ditentukan oleh kelahiran dan pekerjaan yang diwarisi.</p><p><strong>Teori Waisya:</strong> Waisya adalah kelas yang terkait dengan perdagangan, pertanian, dan kegiatan ekonomi lainnya. Kesimpulan dari teori ini adalah pentingnya peran ekonomi dalam masyarakat, di mana Waisya memiliki peran vital dalam memastikan kelangsungan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.</p><p><strong>Teori Ksatria:</strong> Ksatria adalah kelas yang terkait dengan kegiatan militer dan pemerintahan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya kebutuhan akan keamanan dan pemerintahan yang efektif dalam menjaga ketertiban sosial dan melindungi masyarakat.</p><p><strong>Teori Sudra:</strong> Sudra adalah kelas pekerja yang terkait dengan pekerjaan manual dan pelayanan kepada kelas yang lebih tinggi. Kesimpulan dari teori ini adalah pentingnya pekerjaan manual dalam menjaga kelangsungan hidup masyarakat, meskipun Sudra sering kali dianggap kelas yang rendah dalam sistem kasta.</p><p><strong>Teori Arus Balik:</strong> Teori ini menggambarkan perubahan dalam struktur sosial India, di mana masyarakat modern tidak lagi terikat oleh sistem kasta yang ketat dan ada pergeseran sosial yang lebih dinamis. Kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya perubahan sosial yang terjadi seiring dengan perkembangan zaman dan globalisasi, di mana faktor-faktor seperti pendidikan, pekerjaan, dan ekonomi menjadi lebih penting dalam menentukan status sosial seseorang.</p>

Kesimpulan dari kelima teori yang telah dipelajari, yaitu Teori Brahmana, Teori Waisya, Teori Ksatria, Teori Sudra, dan Teori Arus Balik, adalah sebagai berikut:

Teori Brahmana: Teori ini menggambarkan masyarakat tradisional India yang terbagi atas empat varna, dengan Brahmana sebagai kelas paling tinggi yang terkait dengan kegiatan keagamaan dan pendidikan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya hierarki sosial yang kuat dan sistem kasta yang ketat, di mana status sosial seseorang ditentukan oleh kelahiran dan pekerjaan yang diwarisi.

Teori Waisya: Waisya adalah kelas yang terkait dengan perdagangan, pertanian, dan kegiatan ekonomi lainnya. Kesimpulan dari teori ini adalah pentingnya peran ekonomi dalam masyarakat, di mana Waisya memiliki peran vital dalam memastikan kelangsungan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Teori Ksatria: Ksatria adalah kelas yang terkait dengan kegiatan militer dan pemerintahan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya kebutuhan akan keamanan dan pemerintahan yang efektif dalam menjaga ketertiban sosial dan melindungi masyarakat.

Teori Sudra: Sudra adalah kelas pekerja yang terkait dengan pekerjaan manual dan pelayanan kepada kelas yang lebih tinggi. Kesimpulan dari teori ini adalah pentingnya pekerjaan manual dalam menjaga kelangsungan hidup masyarakat, meskipun Sudra sering kali dianggap kelas yang rendah dalam sistem kasta.

Teori Arus Balik: Teori ini menggambarkan perubahan dalam struktur sosial India, di mana masyarakat modern tidak lagi terikat oleh sistem kasta yang ketat dan ada pergeseran sosial yang lebih dinamis. Kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya perubahan sosial yang terjadi seiring dengan perkembangan zaman dan globalisasi, di mana faktor-faktor seperti pendidikan, pekerjaan, dan ekonomi menjadi lebih penting dalam menentukan status sosial seseorang.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sumber lisan merupakan keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami p sejarah. Selain diperoleh dari orang-orang yang mengalami persitiwa secara la sumber lisan juga dapat diperoleh dari orang-orang yang mengetahui suatu peristiw secara rinci. Dengan kata lain sumber sejarah lisan dapat digunakan untuk sumba dan sekunder. Bagaimana cara mendapatkan sumber sejarah secara lisan denga tepat? Sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang mengandung informasi tenta peristiwa sejarah. Informasi yang dijadikan sumber sejarah harus berasal dari aktivi pada masa lampau. Sumber sejarah berfungsi sebagai sarana penyampaian inform ristiwa sejarah di masa lampau. Bagaimana cara membuktikan keaslian suatu sumber sejarah? Sumber sejarah berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber benda. Sumber tertulis merupakan sumber sejarah yang memberikan informasi melalui tulisan. Sumber lisan merupakan sumber sejarah yang disampaikan secara lisan oleh orang yang menyaksikan, mendengar, atau mengalami langsung suatu peristiwa sejarah. Sumber benda merupakan sumber sejarah yang diperoleh dari benda-benda peninggalan sejarah. Mengapa sumber sejarah sangat penting dalam sejarah? Sumber sejarah lisan sangat bermanfaat agar sejarah dapat terus diingat oleh masyarakat sebagai bagian dari identitas dari sebuah negara. Sumber sejarah lisan dapat berupa keterangan langsung dari pelaku, tradisi lisan yang berkembang di masyarakat, dan topomini. Mengapa sumber lisan memiliki keterbatasan dibandingkan sumber tertulis? Kritik sumber sering juga disebut proses verifikasi. Sering dilakukan peneliti untuk menguji keabsahan serta keaslian suatu dokumen atau sumber sejarah. Kritik sumber merupakan salah satu tahapan dalam penelitian sejarah. Apa yang dimaksud kritik sumber?

143

0.0

Jawaban terverifikasi

1.Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai.... a. dasar negara b. idelogi negara c. pandangan hidup bangsa d. cita-cita nasional 2.Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Wakil ketua BPUPKI ketika itu dijabat oleh .... a. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo b. K.R.T Radjiman Wediodiningrat c. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta d. Ichibangase Yosio dan Radern Pandji Soeroso 3.Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal .... a. 4 Juni 1945 b. 3 Juni 1945 c. 2 Juni 1945 d. 1 Juni 1945 4."Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Pernyataan tersebut tercantum di dalam UUD 1945 .... a. Pasal 1 Ayat 1 b. Pasal 1 Ayat 2 c. Pasal 1 Ayat 3 d. Pasal 18 5.Pemilu pada 15 Desember 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota.... a.MPRS b.KNIP c.DPR d.konstitusi 6.Pemilihan umum (pemilu) merupakan proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu mulai dari presiden, wakil rakyat dari tingkat pusat sampai daerah. Di Indonesia pemilu dilaksanakan tiap .... a. 3 tahun sekali b. 4 tahun sekali c. 5 tahun sekali d. 6 tahun sekali 7.Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang .... a. bersih b. terbuka c. transparan d. demokratis 8.Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara (2) Menyuarakan pemilu (3) Menyampaikan informasi kegiatan pemilu kepada masyarakat (4) Melaporkan penyelenggaraan pemilu Pernyataan-pernyataan di atas merupakan tugas .... a. KPU b. rakyat c. presiden d. PPS 9.Pemilu tahun 2004 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pemilu tersebut adalah untuk memilih .... a. anggota DPR dan DPRD b. anggota KPU c. persaingan calon presiden dan wakil presiden d. partai politik 10.Indonesia merupakan negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu eksekutif legislatif, dan yudikatif. Pemegang kekuasaan legislatif pada tingkat pemerintah desa ialah .... a. BPD b. kepala desa c. Sekretaris desa d. perangkat desa 11.Munurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh .... a. presiden b. DPR c. MPR d. MK 12.Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Perlindungan konstitusional (2) Kebebasan menyatakan pendapat (3) Kebebasan untuk berserikat (4) Jaminan hak asasi manusia (5) Badan peradilan dikendalikan pemerintah Prinsip-prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (1), dan (2) 13.Tiap negara memiliki sistem untuk menjalankan kehidupan pemerintahannya. Sistem tersebut adalah sistem pemerintahan. Ada beberapa macam sistem pemerintahan si dunia ini. Saat ini, Indonesia menganut sistem pemerintahan .... a. sosialisasi b. komunis c. Presidensial d. parlementer 14.Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, khusus nya pemerintahan daerah, sangat berhubungan erat dengan beberapa asas dalam pemerintahan suatu negara. Asas-asas yang dimaksud adalah .... a. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan b. desentralisasi, konsentrasi, dan tugas pembantuan c. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas utama d. desentralisasi, dekonsentrasi, dan sentralisasi 15.Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini ! (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa (4) Menciptakan masyarakat yang jujur dan adil (5) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum pada nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), dan (3) 16.Anggota komisi Yudisial di angkat diberhentikan oleh .... a. presiden dan para menteri b. presiden dengan persetujuan DPR RI c. DPR RI dan MPR d. Mahkamah Agung 17.Lembaga tinggi negeri ini menurut UUD 45 sebelum diamandemen memiliki fungsi memberi masukan atau pertimbangan kepada presiden. Lembaga tinggi negara ini juga berkewajiban memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak mengajukan usul kepada pemerintah. Namun sekarang, lembaga tinggi negara ini sudah dihapuskan. Lembaga yang dimaksudkan adalah .... a. Dewan Pertimbangan Daerah b. Dewan Pertimbangan Agung c. Mahkamah Konstitusi d. Mahkamah Agung 18.Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan atau kota bagi kepala daerah atau provinsi. Pernyataan ini merupakan tugas dan wewenang .... a. presiden b. kepala daerah c. wakil presiden d. wakil kepala daerah 19.Fungsi anggaran yang dijalankan oleh DPR ditunjukkan oleh .... a. Kekuasaan dalam membentuk UU b. mengesahkan rancangan APBN yang telah diajukan oleh presiden c. mengawasi jalannya pemerintahan d. menindak pelaku kejahatan 20.Basis daerah pemilihan anggota DPD adalah provinsi. Tiap provinsi diwakili oleh perwakilan DPD, yang terdiri dari .... a. 2 anggota b. 3 anggota c. 5 anggota d. 4 anggota

7

5.0

Jawaban terverifikasi