Zeva K

24 Mei 2024 08:14

Iklan

Iklan

Zeva K

24 Mei 2024 08:14

Pertanyaan

Tentukan kedudukan kata pada kalimat tersebut (SPOK/Pel)

Tentukan kedudukan kata pada kalimat tersebut (SPOK/Pel)

alt

13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dea K

24 Mei 2024 12:26

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam kalimat "Rumahku akan dijadikan posko pengungsian", kita bisa menentukan kedudukan kata dalam kalimat tersebut sebagai berikut:</p><p><strong>Subjek (S)</strong>: "Rumahku"</p><ul><li>Kata "Rumahku" berperan sebagai subjek dalam kalimat ini, yaitu rumah milik pembicara.</li></ul><p><strong>Predikat (P)</strong>: "akan dijadikan"</p><ul><li>Kata kerja "akan dijadikan" merupakan predikat dalam kalimat ini, menunjukkan tindakan atau kejadian yang akan dilakukan pada subjek.</li></ul><p><strong>Objek (O)</strong>: "posko pengungsian"</p><ul><li>Kata "posko pengungsian" berperan sebagai objek dalam kalimat ini, yaitu tempat atau tujuan di mana rumah akan dijadikan.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Jadi, penempatan kata dalam kalimat tersebut adalah Subjek (S) - Predikat (P) - Objek (O) - Keterangan (K) (jika ada).</p>

Dalam kalimat "Rumahku akan dijadikan posko pengungsian", kita bisa menentukan kedudukan kata dalam kalimat tersebut sebagai berikut:

Subjek (S): "Rumahku"

  • Kata "Rumahku" berperan sebagai subjek dalam kalimat ini, yaitu rumah milik pembicara.

Predikat (P): "akan dijadikan"

  • Kata kerja "akan dijadikan" merupakan predikat dalam kalimat ini, menunjukkan tindakan atau kejadian yang akan dilakukan pada subjek.

Objek (O): "posko pengungsian"

  • Kata "posko pengungsian" berperan sebagai objek dalam kalimat ini, yaitu tempat atau tujuan di mana rumah akan dijadikan.

 

Jadi, penempatan kata dalam kalimat tersebut adalah Subjek (S) - Predikat (P) - Objek (O) - Keterangan (K) (jika ada).


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Mei 2024 08:19

1. Rumahku (Subjek) - Subjek adalah kata benda, frasa, atau klausa yang melakukan tindakan dalam kalimat. Dalam hal ini, "Rumahku" adalah subjek karena rumah tersebut adalah tempat di mana tindakan dilakukan. 2. akan (Kata kerja) - Kata kerja menunjukkan tindakan atau keadaan yang sedang terjadi atau akan terjadi. Dalam kalimat ini, "akan" menunjukkan bahwa rumah akan dijadikan posko pengungsian. 3. dijadikan (Partikel) - Partikel adalah kata yang berfungsi sebagai penghubung antara kata kerja dan objeknya. Dalam hal ini, "di-" adalah partikel yang menunjukkan tempat tindakan. 4. posko (Objek) - Objek adalah kata benda atau frasa yang menerima tindakan dari subjek. Dalam kalimat ini, "posko" adalah objek karena rumah tersebut akan dijadikan posko pengungsian. 5. pengungsian (Pelengkap) - Pelengkap memberikan informasi tambahan tentang objek atau subjek dalam kalimat. Dalam hal ini, "pengungsian" memberikan informasi tambahan tentang jenis posko yang akan dibuat dari rumah tersebut. Jadi, kedudukan kata pada kalimat tersebut adalah: 1. Rumahku (Subjek) 2. akan (Kata kerja) 3. dijadikan (Partikel) 4. posko (Objek) 5. pengungsian (Pelengkap) Kalimat tersebut menggambarkan bahwa rumah seseorang akan diubah menjadi posko pengungsian, dengan "Rumahku" sebagai subjek utama yang melakukan tindakan dan "posko pengungsian" sebagai objek yang menerima tindakan tersebut.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

diketahui sebuah persegi kelilingnya adalah 108cm. berapakah luas persegi tersebut?

9

5.0

Jawaban terverifikasi