Azildhan Y

Ditanya 5 hari yang lalu

Iklan

Azildhan Y

Ditanya 5 hari yang lalu

Pertanyaan

teks berita adalah

teks berita adalah

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

06

:

08

:

43

Klaim

9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rendi R

Community

Dijawab 5 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>Teks berita adalah sebuah tulisan atau laporan yang berisi informasi mengenai peristiwa, kejadian, atau isu yang baru terjadi atau sedang hangat dibicarakan. Teks ini biasanya dipublikasikan melalui media massa, seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, atau platform digital. Berita memiliki struktur dan format yang khas, biasanya terdiri dari beberapa elemen seperti:</p><ol><li><strong>Judul</strong>: Bagian paling atas yang singkat dan menarik perhatian pembaca, memberikan gambaran inti dari berita.</li><li><strong>Teras Berita (Lead)</strong>: Paragraf pertama yang berisi rangkuman inti dari keseluruhan berita. Bagian ini menjawab pertanyaan penting seperti <i>apa, siapa, kapan, di mana, mengapa</i>, dan <i>bagaimana</i> (5W+1H).</li><li><strong>Isi Berita</strong>: Rincian lebih lanjut mengenai peristiwa yang dilaporkan, yang disajikan secara berurutan dari informasi paling penting hingga detail yang lebih rinci.</li><li><strong>Fakta dan Data</strong>: Berita didasarkan pada fakta dan disajikan secara objektif. Setiap informasi yang disampaikan harus bisa dipertanggungjawabkan.</li><li><strong>Penutup</strong>: Terkadang berita diakhiri dengan kesimpulan atau kutipan penting untuk menegaskan kembali inti berita.</li></ol><p>Teks berita harus informatif, aktual, objektif, dan jelas. Selain itu, berita sering kali harus disampaikan dengan cepat untuk menjaga relevansi dan keakuratan informasi yang diberikan kepada pembaca atau pendengar.</p>

Teks berita adalah sebuah tulisan atau laporan yang berisi informasi mengenai peristiwa, kejadian, atau isu yang baru terjadi atau sedang hangat dibicarakan. Teks ini biasanya dipublikasikan melalui media massa, seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, atau platform digital. Berita memiliki struktur dan format yang khas, biasanya terdiri dari beberapa elemen seperti:

  1. Judul: Bagian paling atas yang singkat dan menarik perhatian pembaca, memberikan gambaran inti dari berita.
  2. Teras Berita (Lead): Paragraf pertama yang berisi rangkuman inti dari keseluruhan berita. Bagian ini menjawab pertanyaan penting seperti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana (5W+1H).
  3. Isi Berita: Rincian lebih lanjut mengenai peristiwa yang dilaporkan, yang disajikan secara berurutan dari informasi paling penting hingga detail yang lebih rinci.
  4. Fakta dan Data: Berita didasarkan pada fakta dan disajikan secara objektif. Setiap informasi yang disampaikan harus bisa dipertanggungjawabkan.
  5. Penutup: Terkadang berita diakhiri dengan kesimpulan atau kutipan penting untuk menegaskan kembali inti berita.

Teks berita harus informatif, aktual, objektif, dan jelas. Selain itu, berita sering kali harus disampaikan dengan cepat untuk menjaga relevansi dan keakuratan informasi yang diberikan kepada pembaca atau pendengar.


Iklan

Sumber W

Community

Dijawab 5 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Teks berita</strong> adalah teks yang menyampaikan kabar atau informasi mengenai peristiwa faktual dan aktual kepada masyarakat</p>

Teks berita adalah teks yang menyampaikan kabar atau informasi mengenai peristiwa faktual dan aktual kepada masyarakat


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan