Amalia T

03 Mei 2024 04:25

Iklan

Iklan

Amalia T

03 Mei 2024 04:25

Pertanyaan

Tekanan udara terjadi akibat udara memiliki massa yang besarnya bergantung pada tiga faktor

Tekanan udara terjadi akibat udara memiliki massa yang besarnya bergantung pada tiga faktor


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 01:17

Jawaban terverifikasi

<p>Tekanan udara terjadi akibat udara memiliki massa yang bergantung pada tiga faktor utama:</p><p><strong>Ketinggian:</strong> Tekanan udara akan berkurang seiring dengan ketinggian tempat tersebut di atas permukaan laut. Semakin tinggi ketinggian suatu lokasi, semakin rendah tekanan udaranya. Hal ini disebabkan karena semakin tinggi kita naik, semakin sedikit molekul udara yang menumpuk di atas kita, sehingga berat kolom udara di atas kita juga semakin berkurang.</p><p><strong>Suhu:</strong> Suhu udara juga memengaruhi tekanan udara. Udara yang lebih hangat memiliki molekul yang bergerak lebih cepat, sehingga lebih jarang berada dalam keadaan padat. Hal ini mengakibatkan tekanan udara yang lebih rendah dibandingkan dengan udara yang lebih dingin.</p><p><strong>Kelembaban:</strong> Kandungan uap air dalam udara juga dapat memengaruhi tekanan udara. Udara yang lebih lembab memiliki massa jenis yang lebih rendah dibandingkan dengan udara yang lebih kering, karena molekul air memiliki massa jenis yang lebih rendah daripada molekul gas-gas dalam udara. Oleh karena itu, udara yang lebih lembab cenderung memiliki tekanan udara yang lebih rendah.</p>

Tekanan udara terjadi akibat udara memiliki massa yang bergantung pada tiga faktor utama:

Ketinggian: Tekanan udara akan berkurang seiring dengan ketinggian tempat tersebut di atas permukaan laut. Semakin tinggi ketinggian suatu lokasi, semakin rendah tekanan udaranya. Hal ini disebabkan karena semakin tinggi kita naik, semakin sedikit molekul udara yang menumpuk di atas kita, sehingga berat kolom udara di atas kita juga semakin berkurang.

Suhu: Suhu udara juga memengaruhi tekanan udara. Udara yang lebih hangat memiliki molekul yang bergerak lebih cepat, sehingga lebih jarang berada dalam keadaan padat. Hal ini mengakibatkan tekanan udara yang lebih rendah dibandingkan dengan udara yang lebih dingin.

Kelembaban: Kandungan uap air dalam udara juga dapat memengaruhi tekanan udara. Udara yang lebih lembab memiliki massa jenis yang lebih rendah dibandingkan dengan udara yang lebih kering, karena molekul air memiliki massa jenis yang lebih rendah daripada molekul gas-gas dalam udara. Oleh karena itu, udara yang lebih lembab cenderung memiliki tekanan udara yang lebih rendah.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Mei 2024 06:27

Jawaban terverifikasi

<p>Tekanan udara terjadi akibat udara memiliki massa yang besarnya bergantung pada tiga faktor:</p><p><strong>Ketinggian</strong>: Semakin tinggi kita berada di atmosfer, semakin sedikit lapisan udara yang menumpuk di atas kita, sehingga tekanan udara akan semakin berkurang. Ini karena tekanan udara merupakan hasil dari berat kolom udara di atas suatu titik.</p><p><strong>Suhu</strong>: Suhu udara mempengaruhi densitas atau massa jenis udara. Udara yang lebih panas memiliki densitas yang lebih rendah daripada udara yang lebih dingin. Oleh karena itu, pada suhu yang sama, udara yang lebih dingin akan memiliki massa jenis yang lebih tinggi, dan tekanan udara akan lebih besar.</p><p><strong>Kelembaban</strong>: Kelembaban udara juga mempengaruhi densitasnya. Udara yang lebih kering memiliki densitas yang lebih rendah daripada udara yang lebih lembab pada suhu yang sama. Oleh karena itu, kelembaban juga dapat memengaruhi tekanan udara.</p>

Tekanan udara terjadi akibat udara memiliki massa yang besarnya bergantung pada tiga faktor:

Ketinggian: Semakin tinggi kita berada di atmosfer, semakin sedikit lapisan udara yang menumpuk di atas kita, sehingga tekanan udara akan semakin berkurang. Ini karena tekanan udara merupakan hasil dari berat kolom udara di atas suatu titik.

Suhu: Suhu udara mempengaruhi densitas atau massa jenis udara. Udara yang lebih panas memiliki densitas yang lebih rendah daripada udara yang lebih dingin. Oleh karena itu, pada suhu yang sama, udara yang lebih dingin akan memiliki massa jenis yang lebih tinggi, dan tekanan udara akan lebih besar.

Kelembaban: Kelembaban udara juga mempengaruhi densitasnya. Udara yang lebih kering memiliki densitas yang lebih rendah daripada udara yang lebih lembab pada suhu yang sama. Oleh karena itu, kelembaban juga dapat memengaruhi tekanan udara.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air di perairan darat dan perairan laut

2

0.0

Jawaban terverifikasi