Amelia E

26 Januari 2024 07:52

Iklan

Iklan

Amelia E

26 Januari 2024 07:52

Pertanyaan

sumber sejarah kerajaan demak

sumber sejarah kerajaan demak


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 07:18

Jawaban terverifikasi

<p>Sumber sejarah mengenai Kerajaan Demak, seperti kerajaan-kerajaan lain di Indonesia pada masa lalu, dapat ditemukan dalam berbagai bentuk. Berikut adalah beberapa sumber sejarah yang dapat digunakan untuk memahami sejarah Kerajaan Demak:</p><p><strong>Tulisan Sejarah dan Kronik:</strong></p><ul><li>Beberapa naskah sejarah dan kronik kuno, seperti "Serat Kanda," "Serat Babad Tanah Jawi," dan "Babad Demak," memberikan catatan tertulis mengenai sejarah dan perkembangan Kerajaan Demak.</li></ul><p><strong>Artefak dan Prasasti:</strong></p><ul><li>Artefak dan prasasti yang ditemukan dari peninggalan arkeologi dapat memberikan wawasan mengenai kehidupan budaya, agama, dan aktivitas ekonomi di wilayah yang pernah menjadi wilayah Kerajaan Demak.</li></ul><p><strong>Cerita Rakyat dan Legenda:</strong></p><ul><li>Tradisi lisan dalam bentuk cerita rakyat dan legenda juga dapat menjadi sumber sejarah, meskipun perlu dicermati bahwa kadang-kadang cerita ini dapat dicampuradukkan dengan unsur mitos atau legendaris.</li></ul><p><strong>Catatan Eropa:</strong></p><ul><li>Catatan dari penjelajah Eropa, seperti catatan perjalanan dari Portugis, Spanyol, dan Belanda yang datang ke wilayah Nusantara, dapat memberikan perspektif Eropa tentang Kerajaan Demak dan wilayah sekitarnya.</li></ul><p><strong>Karya Sastra dan Sastra Sejarah:</strong></p><ul><li>Karya sastra klasik Jawa, seperti "Serat Centhini" dan "Babad Tanah Jawi," dapat memberikan pandangan tentang kehidupan sosial, budaya, dan sejarah Kerajaan Demak.</li></ul><p><strong>Arsip dan Dokumen Resmi:</strong></p><ul><li>Dokumen resmi, seperti surat-surat keputusan, perjanjian, dan dokumen administratif lainnya, yang dapat ditemukan di arsip nasional atau institusi sejarah, juga dapat menjadi sumber sejarah yang penting.</li></ul><p><strong>Penelitian Arkeologi dan Antropologi:</strong></p><ul><li>Penelitian arkeologis dan antropologis di wilayah yang pernah menjadi wilayah Kerajaan Demak dapat memberikan informasi penting mengenai struktur sosial, budaya material, dan praktik kehidupan sehari-hari masyarakat.</li></ul>

Sumber sejarah mengenai Kerajaan Demak, seperti kerajaan-kerajaan lain di Indonesia pada masa lalu, dapat ditemukan dalam berbagai bentuk. Berikut adalah beberapa sumber sejarah yang dapat digunakan untuk memahami sejarah Kerajaan Demak:

Tulisan Sejarah dan Kronik:

  • Beberapa naskah sejarah dan kronik kuno, seperti "Serat Kanda," "Serat Babad Tanah Jawi," dan "Babad Demak," memberikan catatan tertulis mengenai sejarah dan perkembangan Kerajaan Demak.

Artefak dan Prasasti:

  • Artefak dan prasasti yang ditemukan dari peninggalan arkeologi dapat memberikan wawasan mengenai kehidupan budaya, agama, dan aktivitas ekonomi di wilayah yang pernah menjadi wilayah Kerajaan Demak.

Cerita Rakyat dan Legenda:

  • Tradisi lisan dalam bentuk cerita rakyat dan legenda juga dapat menjadi sumber sejarah, meskipun perlu dicermati bahwa kadang-kadang cerita ini dapat dicampuradukkan dengan unsur mitos atau legendaris.

Catatan Eropa:

  • Catatan dari penjelajah Eropa, seperti catatan perjalanan dari Portugis, Spanyol, dan Belanda yang datang ke wilayah Nusantara, dapat memberikan perspektif Eropa tentang Kerajaan Demak dan wilayah sekitarnya.

Karya Sastra dan Sastra Sejarah:

  • Karya sastra klasik Jawa, seperti "Serat Centhini" dan "Babad Tanah Jawi," dapat memberikan pandangan tentang kehidupan sosial, budaya, dan sejarah Kerajaan Demak.

Arsip dan Dokumen Resmi:

  • Dokumen resmi, seperti surat-surat keputusan, perjanjian, dan dokumen administratif lainnya, yang dapat ditemukan di arsip nasional atau institusi sejarah, juga dapat menjadi sumber sejarah yang penting.

Penelitian Arkeologi dan Antropologi:

  • Penelitian arkeologis dan antropologis di wilayah yang pernah menjadi wilayah Kerajaan Demak dapat memberikan informasi penting mengenai struktur sosial, budaya material, dan praktik kehidupan sehari-hari masyarakat.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

16 Februari 2024 11:41

Jawaban terverifikasi

Sumber sejarah kerajaan Demak dapat ditemukan melalui berbagai sumber, seperti: 1. Prasasti: Prasasti adalah sumber sejarah tertulis yang berisi informasi mengenai kerajaan Demak. Beberapa prasasti yang terkait dengan kerajaan Demak antara lain Prasasti Giriloyo, Prasasti Giri Kedaton, dan Prasasti Pamotan. 2. Naskah Kuno: Naskah-naskah kuno juga menjadi sumber sejarah kerajaan Demak. Contohnya adalah naskah-naskah Babad Tanah Jawi yang mencatat sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa, termasuk kerajaan Demak. 3. Kronik: Kronik atau catatan sejarah juga menjadi sumber penting untuk mempelajari kerajaan Demak. Misalnya, Babad Tanah Jawi dan Babad Demak yang mencatat peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah kerajaan Demak. 4. Artefak: Artefak seperti candi, arca, dan benda-benda bersejarah lainnya juga menjadi sumber pengetahuan tentang kerajaan Demak. Melalui penelitian arkeologi, kita dapat mempelajari kehidupan dan kebudayaan masyarakat Demak pada masa lampau. 5. Penelitian Sejarah: Penelitian sejarah yang dilakukan oleh para sejarawan juga memberikan sumbangan penting dalam memahami sejarah kerajaan Demak. Mereka mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber sejarah untuk menghasilkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang kerajaan tersebut. Semua sumber ini berperan penting dalam mempelajari sejarah kerajaan Demak. Dengan memanfaatkan berbagai sumber tersebut, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan dan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah kerajaan Demak


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimana awal mula terjadinya Perang Dunia ke 2?

7

0.0

Jawaban terverifikasi