Sheniqua S

25 Mei 2024 13:23

Iklan

Iklan

Sheniqua S

25 Mei 2024 13:23

Pertanyaan

Sultan Hasanuddin peran dalam peristiwa fase sebelum kebangkitan nasional


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

25 Mei 2024 14:03

Jawaban terverifikasi

<p>Peranan Sultan Hasanuddin dalam mempertahankan Makassar adalah membantu menghimpun kekuatan dari masyarakat untuk dapat menyerang pasukan VOC. Hal tersebut dilakukan ketika menjabat pemimpin kerajaan Gowa. Dengan segala upaya yang dilakukannya, Sultan Hasanuddin berhasil mempertahankan Makassar dari serangan VOC.</p><p>beliau melakukan suatu perjanjian yaitu perjanjian Isi dari Perjanjian Bongaya adalah bahwa Sultan Hasanuddin sebagai Raja Gowa harus <strong>mengakui pemerintahan dan kekuasaan Belanda (VOC) di Makassar dan harus menyerahkan Benteng Ujung Pandang, yang kemudian berubah menjadi Fort Rotterdam, kepada Belanda</strong>.</p><p><strong>Perjuangan Sultan Hasanuddin Mengusir VOC</strong></p><ul><li>Makassar harus mengakui monopoli VOC.</li><li>Wilayah Makassar dipersempit hingga tiggal Gowa <strong>saja</strong>.</li><li>Makassar harus membayar ganti rugi peperangan.</li><li><strong>Hasanuddin</strong> harus mengakui Arung Palakka sebagai Raja Bone.</li><li>Gowa tertutup bagi orang asing selain VOC.</li></ul><p>Sultan Hasanuddin terus melakukan perlawanan kepada VOC dengan bekerja sama bersama kerajaan-kerajaan kecil di sekitarnya. Perlawanan yang dilakukan tersebut kemudian dikenal sebagai perang Makassar yang berlangsung memburuk dan akhirnya Belanda menciptakan politik devide et impera.</p>

Peranan Sultan Hasanuddin dalam mempertahankan Makassar adalah membantu menghimpun kekuatan dari masyarakat untuk dapat menyerang pasukan VOC. Hal tersebut dilakukan ketika menjabat pemimpin kerajaan Gowa. Dengan segala upaya yang dilakukannya, Sultan Hasanuddin berhasil mempertahankan Makassar dari serangan VOC.

beliau melakukan suatu perjanjian yaitu perjanjian Isi dari Perjanjian Bongaya adalah bahwa Sultan Hasanuddin sebagai Raja Gowa harus mengakui pemerintahan dan kekuasaan Belanda (VOC) di Makassar dan harus menyerahkan Benteng Ujung Pandang, yang kemudian berubah menjadi Fort Rotterdam, kepada Belanda.

Perjuangan Sultan Hasanuddin Mengusir VOC

  • Makassar harus mengakui monopoli VOC.
  • Wilayah Makassar dipersempit hingga tiggal Gowa saja.
  • Makassar harus membayar ganti rugi peperangan.
  • Hasanuddin harus mengakui Arung Palakka sebagai Raja Bone.
  • Gowa tertutup bagi orang asing selain VOC.

Sultan Hasanuddin terus melakukan perlawanan kepada VOC dengan bekerja sama bersama kerajaan-kerajaan kecil di sekitarnya. Perlawanan yang dilakukan tersebut kemudian dikenal sebagai perang Makassar yang berlangsung memburuk dan akhirnya Belanda menciptakan politik devide et impera.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Mei 2024 13:59

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: Sultan Hasanuddin memainkan peran penting dalam perlawanan terhadap penjajahan Belanda di Sulawesi Selatan dan sekitarnya, yang merupakan salah satu fase sebelum kebangkitan nasional Indonesia. 【Penjelasan】: Sultan Hasanuddin, yang juga dikenal dengan sebutan "Ayam Jantan dari Timur", adalah Sultan Makassar yang memerintah pada abad ke-17. Ia dikenal karena perlawanannya yang gigih terhadap VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) atau Perusahaan Hindia Timur Belanda. Sultan Hasanuddin memimpin perlawanan terhadap Belanda di Sulawesi Selatan dan sekitarnya, yang dikenal sebagai Perang Makassar (1666-1669). Meskipun akhirnya Makassar jatuh ke tangan Belanda, perlawanan Sultan Hasanuddin menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya dalam perjuangan melawan penjajahan. Peran Sultan Hasanuddin dalam perlawanan terhadap Belanda dianggap sebagai salah satu fase penting sebelum kebangkitan nasional Indonesia, di mana seluruh bangsa Indonesia mulai bangkit melawan penjajahan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kepulauan Banda merupakan salah satu penghasil pala terbaik dunia. Pada tahun 1621, VOC di bawah J.P. Coen membantai penduduk Banda. Salah satu dampak dari peristiwa tersebut adalah a. Penduduk Banda trauma dan tidak lagi menanam pala b. Berkurangnya petani yang memahami tentang budidaya pala c. VOC berhasil memonopoli komoditas pala di dunia d. Timbulnya berbagai perlawanan balas dendam rakyat Banda e. Meningkatnya produksi pala di kepulauan Banda tahun 1622

7

5.0

Jawaban terverifikasi