Avrillya S

25 Juni 2024 23:50

Iklan

Iklan

Avrillya S

25 Juni 2024 23:50

Pertanyaan

Dalam melakukan penelitian sejarah,seorang sejarawan dipengaruhi oleh beberapa hal,Hal ini menyebabkan penulisan sejarah (Historiografi) memiliki kecenderungan bias (subjektivitas).Beberapa hal yang mempengaruhi objektivitas penulisan sejarah seperti di bawah ini adalah,kecuali.... A.Kecenderungan kelompok B. Prasangka kclompok C. Teori-teori yang saling bersangkutan D. Adanya proses crasscbeck (uji silang) sumber E. Pandangan filsafat yang berbeda

Dalam melakukan penelitian sejarah,seorang sejarawan dipengaruhi oleh beberapa hal,Hal ini menyebabkan penulisan sejarah (Historiografi) memiliki kecenderungan bias (subjektivitas).Beberapa hal yang mempengaruhi objektivitas penulisan sejarah seperti di bawah ini adalah,kecuali....

A.Kecenderungan kelompok 

B. Prasangka kclompok 

C. Teori-teori yang saling bersangkutan 

D. Adanya proses crasscbeck (uji silang) sumber

E. Pandangan filsafat yang berbeda 

alt

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 Juni 2024 07:40

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam melakukan penelitian sejarah, beberapa hal dapat mempengaruhi objektivitas penulisan sejarah dan menyebabkan kecenderungan bias atau subjektivitas. Hal-hal tersebut meliputi kecenderungan kelompok, prasangka kelompok, teori-teori yang saling bersangkutan, dan pandangan filsafat yang berbeda. Namun, adanya proses cross-check (uji silang) sumber justru membantu meningkatkan objektivitas penulisan sejarah.</p><p>Jadi, jawaban yang tepat adalah:</p><p><strong>D. Adanya proses cross-check (uji silang) sumber</strong></p>

Dalam melakukan penelitian sejarah, beberapa hal dapat mempengaruhi objektivitas penulisan sejarah dan menyebabkan kecenderungan bias atau subjektivitas. Hal-hal tersebut meliputi kecenderungan kelompok, prasangka kelompok, teori-teori yang saling bersangkutan, dan pandangan filsafat yang berbeda. Namun, adanya proses cross-check (uji silang) sumber justru membantu meningkatkan objektivitas penulisan sejarah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah:

D. Adanya proses cross-check (uji silang) sumber


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

03 Juli 2024 02:27

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah D, yaitu Adanya proses crosscheck (uji silang) sumber. Proses crosscheck (uji silang) sumber merupakan salah satu langkah penting dalam penelitian sejarah untuk memastikan kevalidan dan kredibilitas sumber sejarah. Dengan melakukan crosscheck, sejarawan dapat membandingkan informasi dari berbagai sumber yang berbeda untuk melihat apakah ada kesesuaian atau perbedaan. Jika terdapat kesesuaian informasi dari berbagai sumber, maka informasi tersebut dapat dianggap sebagai informasi yang valid dan kredibel. Sebaliknya, jika terdapat perbedaan informasi dari berbagai sumber, maka sejarawan perlu melakukan analisis lebih lanjut untuk menentukan informasi mana yang paling akurat. Proses crosscheck (uji silang) sumber dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain: * Membandingkan informasi dari sumber primer dengan sumber sekunder. Sumber primer adalah sumber sejarah yang berasal langsung dari peristiwa yang sedang dipelajari, seperti dokumen, artefak, atau rekaman suara. Sumber sekunder adalah sumber sejarah yang dibuat berdasarkan sumber primer, seperti buku sejarah atau artikel ilmiah. * Membandingkan informasi dari sumber yang berbeda sudut pandangnya. Sejarawan perlu mempertimbangkan berbagai sudut pandang dalam penelitian sejarah untuk mendapatkan gambaran yang lebih utuh tentang peristiwa yang sedang dipelajari. * Membandingkan informasi dari sumber yang berbeda bahasanya. Jika sejarawan menggunakan sumber bahasa asing, maka mereka perlu menerjemahkan sumber tersebut dengan cermat untuk memastikan bahwa makna informasi tersebut tidak berubah. Proses crosscheck (uji silang) sumber merupakan salah satu cara untuk memastikan objektivitas penulisan sejarah. Dengan melakukan crosscheck, sejarawan dapat meminimalkan bias dan subjektivitas dalam penulisan sejarah. Berikut adalah beberapa alasan mengapa jawaban A, B, C, dan E bukan jawaban yang tepat: * A. Kecenderungan kelompok. Kecenderungan kelompok dapat memengaruhi sejarawan dalam memilih dan menginterpretasikan sumber sejarah. Namun, crosscheck (uji silang) sumber dapat membantu sejarawan untuk mengatasi kecenderungan kelompok ini. * B. Prasangka kelompok. Prasangka kelompok dapat memengaruhi sejarawan dalam menilai dan menginterpretasikan informasi. Namun, crosscheck (uji silang) sumber dapat membantu sejarawan untuk mengatasi prasangka kelompok ini. * C. Teori-teori yang saling bertentangan. Teori-teori yang saling bertentangan dapat memengaruhi sejarawan dalam menginterpretasikan informasi. Namun, crosscheck (uji silang) sumber dapat membantu sejarawan untuk memilih teori yang paling akurat. * E. Pandangan filsafat yang berbeda. Pandangan filsafat yang berbeda dapat memengaruhi sejarawan dalam menginterpretasikan informasi. Namun, crosscheck (uji silang) sumber dapat membantu sejarawan untuk memilih interpretasi yang paling objektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan tersebut adalah D, yaitu Adanya proses crosscheck (uji silang) sumber.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam kurun waktu abad ke-7 hingga abad ke-13 M, dinasti-dinasti kekaisaran Tiongkok, seperti Tang, Song, Yuan, dan Ming menjalin hubungan dengan kerajaan- kerajaan yang ada di Kepulauan Nusantara, termasuk Sriwijaya. Pada abad ke-7 M, tercatat cukup banyak orang Tiongkok dan Arab yang bermukim di Sriwijaya. Hal ini menunjukkan bahwa.... A. orang-orang Tiongkok ingin menetap di Nusantara B. pedagang Sriwijaya menguasai pasar-pasar di Tiongkok C. rempah-rempah Nusantara dibutuhkan bangsa Tiongkok D. Nusantara menempatkan Tiongkok sebagai mitra dagang utama E. Rempah Nusantara lebih bagus mutunya dari rempah endemik Tiongkok

27

0.0

Jawaban terverifikasi

Pilihlah Jawaban Yang Paling Benar 1. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangannya lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi organiasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1928 - 20 Mei 1908 - 2 Mei 1928 2. Budi Utomo mengadakan Kongres Pertama di Yogyakarta pada tanggal* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1908 - 5 Oktober 1908 - 28 Oktober 1908 3. Perjuangan melawan penjajah selalu mengalami kegagalan, penyebab kegagalan perjuangan melawan penjajah adalah* - bangsa Indonesia kekurangan pejuang - kuranganya persatuan dan kesatuan - penjajah terlalu banyak jumlahnya - banyak orang Indonesia yang ikut penjajah 4. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah* - W.R. Soepratman - C. Simanjuntak - Muhammad Tabrani - M.H. Thamrin 5. Salah satu pendiri Budi Utomo adalah* - Jokowi - Bung Karno - Dr. Sutomo - Soeharto 6. Sikap positif yang perlu diwujudkan dalam rangka mengisi dan mempertahkan proklamasi Kemerdekaan RI adalah* - Semangat menantang dominasi asing dalam segala bentuk - Semangat tahan derita dan tahan uji - Semangat persatuan dan kesatuan - Semangat opportunitasi yang selalu mementingkan diri sendiri. 7. Setiap tanggal 20 Mei bagi bangsa Indonesia diperingati sebagai hari* - Sumpah pemuda - Kebangkitan nasional - Kemerdekaan Indonesia - Pendidikan Nasional 8. Bentuk penghargaan terhadap para pahlawan bangsa diwujudkan dengan cara* - diteruskan cita-citanya untuk kepentingan bangsa dan Negara - dibuat monumen atau patung pahlawan yang megah - dijadikan nama tempat yang bersejarah - diperingati setiap tahun secara meriah. 9. Contoh sikap patriotisme berbangsa dan bernegara adalah* - bersedia bertugas di daerah terpencil dengan baik - selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa - menyumbangkan harta benda untuk pembangunan - membeli barang barang mewah 10. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena* - Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika - Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat 11. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk* - Menanamkan nasionalisme - Menanamkan kebiasaan baik - Mengenal penciptanya - Agar hafal syair lagunya 12. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu* - Bekerja keras - Bekerja cerdas - Menorehkan prestasi di berbagai bidang - Tiada mengenal putus asa 13. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta* - Dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain - Dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju - Dapat menjadi negara yang kompetitif - Dapat melawan ketidakadilan dunia 14. Rasa cinta terhadap tanah air disebut juga dengan* - Sukuisme - Nasionalisme - Imprealisme - Rasisme 15. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah* - Cinta bangsa dan tanah air - Sikap rela berkorban - Aktualisasi diri - Bangga dengan produk luar negeri 16. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak* - Lembaran Negara - Surat Kabar Sin Po - Berita Negara - Surat Kabar Kompas 17. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama* - Moh. Hatta - Soeharto - Bung Tomo - Sutomo 18. Lahirnya organisasi kebangsaan di Indonesia mempunyai pengaruh terhadap perubahan bentuk perjuangan bangsa Indonesia yaitu* - Tidak tergantung pada satu pimpinan - Menggunakan persenjataan tradisional - Bersifat lokal kedaerahan - Kurang menggunakan siasat perjuangan diplomasi. 19. Semangat sumpah pemuda bukan hanya menggerakkan pada pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara yang mencapai puncaknya pada...* - 28 Oktober 1945 - 20 Mei 1908 - 17 Agustus 1945 - 18 Agustus 1945 20. Sumpah pemuda merupakan intisari putusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia yang dikenal dengan kongres pemuda I dan kongres pemuda II melalui kongres itulah kita bisa mengenal istilah ...* - Bhineka tunggal ika berbeda-beda tetap satu jua - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Satu tanah air, bangsa dan bahasa 21. Awal kebangkitan semangat persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa Indonesia ditandai dengan* - Lahirnya Budi Utomo - Tumbangnya Rezim Orde Baru - Dicetuskannya Sumpah Pemuda - Proklamasi Kemerdekaan 22. Peristiwa nasional yang mampu menggerakkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga mewujudkan perasaan sebangsa, setanah air, dan berbahasa satu adalah* - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Pergerakan Nasional - Proklamasi Kemerdekaan 23. Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan RI demi terciptanya persatuan dan kesatuan, seluruh bangsa Indonesia hendaknya dapat menuunjung tinggi nilai-nilai persatuan. Nilai-nilai tersebut merupakan cerminan nilai Pancasila yang terdapat pada sila* - I - II - III - V 24. Sikap berani dan pantang menyerah seseorang yang ditunjukkan dengan rela berkorban untuk bangsa dan negara demi keutuhan negara disebut sebagai* - Patriotisme - Chauvenisme - Imprealisme - kolonialisme 25. Dari sekian banyak negara yang menjajah bangsa Indonesia, negara mana yang paling lama menjajah Indonesia* - Jepang - Belanda - Portugal - Inggris 26. Berdasarkan hasil Kongres Pemuda I semua organisasi kepemudaan dilebur dalam satu wadah organisasi dengan nama...* - PPM - PPI - PIR - PI 27. Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena hal-hal berikut ini, kecuali...* - Perjuangan menggunakan senjata meriam dan rudal - Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat lokal adalah sia-sia - Mereka juga sadar bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan cita-cita kemerdekaan dapat diraih - Perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat nasional 28. Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh para pemuda Indonesia memiliki tujuan utama...* - Membantu penduduk yang fakir dan miskin - Menjual hasil rempah rempah kepada belanda, dan keuntunganya untuk kesejahteraan penduduk - Pendidikan dan pengajaran - membantu pihak jepang untuk mengalahkan belanda 29. Hidup di jaman now yang sangat akrab dengan media sosial tentu kita sering membaca HOAX (berita palsu yang menyesatkan) bagaimana sikap anda, Sebagai pelajar yang memahami dan menerapkan nilai nilai Kebangkitan Nasional, harus bersikap* - Membiarkan saja dan ikut menyebarkan - berusaha mencari tahu kebenarannya dengan bertanya kepada guru atau orang tua - Membalas dengan membuat info lain yang menyesatkan - Berusaha menenangkan diri 30. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah* - Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu - Belanda bersikap lunak kepada pejuang indonesia - Mempercepat proses kemerdekaan indonesia - Para pemuda makin berani melawan penjajah 31.Berikut ini merupakan katakteristik yang dimiliki oleh budaya Indonesia, kecuali...* - hasil dari budidaya individu - merupakan kebanggan nasional - hasil dari budidaya masyarakat Indonesia yang sudah ada sebelum tahun 1945 - berasal dari budaya-budaya lokal daerah dan budaya nasional 32. Pembangunan nasional harus didasarkan pada pembangunan karakter dan semangat gotong royong. Hal tersebut merupakan contoh dari tujuan pemajuan budaya, yaitu...* - haluan pembangunan nasional - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - melestarikan warisan budaya Indonesia 33. Dalam pemajuan budaya, hendaknya kebudayaan dilaksanakan dengan semangat kerja sama yang tulus. Hal tersebut merupakan asas.... dalam pemajuan kebudayaan.* - keberlanjutan - kelokalan - keterpaduan - gotong royong 34. Investasi kebudayaan atau pencatatan kebudayaan merupakan salah satu upaya pemajuan kebudayaan. Hasil dari pencatatan ini umumnya akan mengalami peningkatan, misalnya pada tahun 2016 tercatat ada 50 warisan budaya tak benda berupa adat istiadat dan ritual di seluruh Indonesia. Ternyata pada tahun 2018 ditemukan lebih banyak lagi yang jumlahnya mencapai 72. Oleh karena itu, dapat disimpulkan kebudayaan Indonesia makin berkembang tiap tahunnya. Hal sesuai dengan salah satu tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - menciptakan masyrakat yang sejahtera - meningkatkan citra bangsa di mata dunia 35. Pengenalan kebudayaan tradisional Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar generasi muda tidak lupa dengan asalnya dan malah mengikuti kebudayaan asing dari negara lain. Uraian tersebut berkaitan erat dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperteguh jati diri bangsa - mewujudkan masyarakat madani - mencerdaskan kehidupan bangsa - memperkaya keberagaman budaya 36. Pemajuan kebudayaan Indonesia harus dilakukan dengan memperhatikan karakteristik daerahnya masing-masing. Hal ini merupakan penjabaran dari salah satu asas pemajuan kebudayaan, yaitu...* - keberagaman - kelokalan - kesederajatan - keselarasan 37. Berikut yang bukan merupakan tujuan pemajuan kebudayaan adalah...* - memperteguh jati diri bangsa - mengembangkan nilai luhur bangsa - mewujudkan masyarakat madani - menerima kebudayaan asing sebagai kebudayaan bangsa 38. Anak-anak dari SMP Ruan Raya memainkan permainan tradisional bakiak. Permainan ini melatih keseimbangan, konsentrasi serta kerja sama tim sehingga dapat memupuk karakter anak. Ilustrasi tersebut sesuai dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa 39. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Merawat alat musik tradisional (2) Menulis penelitian seputar batik dan memublikasikannya (3) Menggelar lomba robotik (4) Menggeluti hobi fotograi Dari pernyataan tersebut, yang merupakan upaya melestarikan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor ….* - 1 dan 2 - 1 dan 3 - 2 dan 3 - 2 dan 4 40. Setiap bangsa memiliki karakteristik budaya masing-masing, termasuk bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya nilai-nilai yang mendasari kebudayaan bangsa Indonesia yang membedakannya dari - kebudayaanbangsa-bangsalain. Pernyataanyangsesuaidenganparagraf tersebut yaitu...* - budaya nasional memiliki persamaan dan perbedaan dengan budaya bangsa lain - gaya berpakaian dan berbahasa bukan merupakan bagian dari suatu budaya - budaya nasional menjadi identitas dan jati diri yang terdapat pada suatu bangsa budaya nasional dapat tersisih oleh budaya yang terdapat pada bangsa-bangsa lain

5

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan