Zahra A

09 Juni 2024 20:42

Iklan

Zahra A

09 Juni 2024 20:42

Pertanyaan

Sikap primordial yang masih digunakan dalam menghadapi kelompok lain dapat menjadi penghambat integrasi sosial. Namun, sikap primordial ternyata memiliki fungsi yang positif yaitu.. A. Mengurangi hambatan sosial dalam kelompok B. Menimbulkan keretakan dalam kelompok sendiri C. Memperkuat solidaritas antaranggota kelompok sendiri D. Mewujudkan kebersamaan dengan kelompok sosial lain E. Membentuk identitas yang berbeda dengan karakter awal

Sikap primordial yang masih digunakan dalam menghadapi kelompok lain dapat menjadi penghambat integrasi sosial. Namun, sikap primordial ternyata memiliki fungsi yang positif yaitu..

A. Mengurangi hambatan sosial dalam kelompok

B. Menimbulkan keretakan dalam kelompok sendiri

C. Memperkuat solidaritas antaranggota kelompok sendiri

D. Mewujudkan kebersamaan dengan kelompok sosial lain

E. Membentuk identitas yang berbeda dengan karakter awal

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

07

:

11

:

29

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Navniaaa N

10 Juni 2024 02:23

Jawaban terverifikasi

<p>C. memperkuat solidaritas antar kelompok sendiri</p><p>sifat ini muncul karena ada perbedaan antara kelompok satu dengan kelompok lainnya namun sifat ini memiliki manfaat,, yaitu adanya kesetiaan terhadap kelompoknya sendiri.</p><p>seperti contoh kelompok A dan kelompok B bersekutu,, dan kelompok A percaya kepada kelompoknya sendiri serta setia mempertahankan kelompoknya agar ia bisa menang dari kelompok B,, sifat inilah yang dimaksud sebagai fungsi atau manfaat dari sikap primordial</p><p><strong>Menciptakan Kesetiaan</strong></p><p><strong>&nbsp;Terhadap Kelompoknya </strong>Dengan adanya primordialisme, maka akan mendorong munculnya kesetiaan terhadap teman dan kelomoknya. Hal tersebut terjadi karena paham ini bisa menumbuhkan sikap cinta terhadap tanah air dan juga kebudayaan yang ada.</p>

C. memperkuat solidaritas antar kelompok sendiri

sifat ini muncul karena ada perbedaan antara kelompok satu dengan kelompok lainnya namun sifat ini memiliki manfaat,, yaitu adanya kesetiaan terhadap kelompoknya sendiri.

seperti contoh kelompok A dan kelompok B bersekutu,, dan kelompok A percaya kepada kelompoknya sendiri serta setia mempertahankan kelompoknya agar ia bisa menang dari kelompok B,, sifat inilah yang dimaksud sebagai fungsi atau manfaat dari sikap primordial

Menciptakan Kesetiaan

 Terhadap Kelompoknya Dengan adanya primordialisme, maka akan mendorong munculnya kesetiaan terhadap teman dan kelomoknya. Hal tersebut terjadi karena paham ini bisa menumbuhkan sikap cinta terhadap tanah air dan juga kebudayaan yang ada.


Iklan

Hesti A

15 Juni 2024 04:29

jawabnya C


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Dibawah ini yang tidak merupakan proses terbentuknya lembaga keluarga adalah... A. Adanya interaksi B. Adanya pernikahan C. Hubungan yang berulang D. Tertanamnya nilai dan norma E. Adanya hubungan sosial 2. Dani adalah seorang siswa yang pandai tetapi kurang mampu. la mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan sampai sarjana. Setelah lulus, ia diterima di perusahaan besar dengan posisi sebagai manager. Berdasarkan uraian tersebut, lembaga pendidikan berperan untuk A. Memberikan beasiswa B. Melakukan mobilitas vertikal C. Mewariskan budaya leluhur D. Membuka lapangan kerja baru E. Membentuk kepribadian ideal 3. Lembaga pendidikan berperan dalam mewujudkan integrasi sosial masyarakat Indonesia yang majemuk. Peran lembaga tersebut dilaksanakan dalam bentuk. A. Transmisi pengetahuan dan keterampilan B. Sosialisasi dan pendidikan multikultural C. Indoktrinasi ideologi pada peserta didik D. Pengajaran matematika dan bahasa daerah E. Pemberantasan buta aksara dan angka

3

0.0

Jawaban terverifikasi

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : • Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : • Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! • Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? • Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! • Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? • Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : • Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) • Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? • Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) • Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? • Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

9

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Soal Essay nomor 1-5! Hadiah : 5.000 poin 1) Apa perbedaan antara kejujuran dan kebohongan? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 2) Apa perbedaan antara sisi terang💡dan sisi gelap? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 3) Negara kita menempatkan peringkat kedua, sebagai negara paling tidak jujur dalam akademik di dunia. Selama ketidakjujuran masih ada, kita tidak dapat memberi harapan untuk bisa jadi negara maju di tahun 2035-2045 mendatang. Padahal kita mempunyai sebuah aplikasi Ruangguru untuk membantu belajar dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Sayangnya jumlah unduhan siswa hanya sekitar 25 juta orang dari 278 juta orang di seluruh Indonesia. Alasan tidak semua orang download apk adalah sebagian besar orang sudah pada kerja, sebagian pada penganggur, dan sebagian kecil pelajar belum mencoba apk ini. Bahkan orang menengah kebawah tidak bisa main apk Ruangguru, kalau tidak punya HP. Akibatnya, negara bangsa kita jadi tercemar, gara-gara manusia tidak jujur dan lemah hukum dari pemerintah otonomi daerah. Berdasarkan keburukan diatas, mengapa apk ruangguru tidak seramai di FYP medosos dan apa saja pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sisi gelap NKRI tersebut? Jelaskan harapan dan kesempatan! (Jika perlu) 4) Perhatikan Ilustrasi berikut! (berdasarkan nomor 2 atas) Sebagian orang yang melihat berita ini merasa, kalau negara kita sudah tidak ada harapan lagi untuk bisa memajukan negara. Karena negara kita semakin tertinggal dari negara lain. Tidak heran kalau suatu saat nanti ada negara menyerang NKRI, maka hancurlah semua harapan kehidupan dan mengambil ahli semua tanah kita dari negara asing. Akhirnya beberapa kelompok orang seluruh daerah menulis surat untuk mengakhiri hidupnya dengan cara b*n*h diri. Cara ini sebagai bentuk pasrah bagi sebagian rakyat negara, sampai dunia internasional jadi kaget. Berdasarkan ilustrasi tadi, mengapa rakyat begitu cemas sama situasi ketidakjujuran dan apa jadinya kalau 278 juta jiwa mengakhiri hidup barengan? Jelaskan dampaknya! 5) Setelah membaca nomor 3 dan 4, kita semakin paham betapa kejamnya manusia sebagai ketidakpedulian sesamanya. Walaupun begitu, bukan berarti kita langsung mengakhiri hidup. Perlu di ingat, bahwa tidak semua penduduk Indonesia antara penjabat atau rakyat itu jahat lho. Masih banyak orang yang peduli mengenai sosial postif dan kerjasama. Kalau sosial tidak ada, maka teknologi, makanan cepat saji, dan kendaraan gak bakalan ada sampai saat ini. Bandingkan sama negara lain, yang paling bahaya itu justru perang senjata yang bisa memakan banyak korban di timur tengah. Solusinya hanya satu, yaitu memperkuat hukum dalam UU tentang masalah kejujuran. Hukuman ini akan diberatkan, tergantung tingkat keparahan suatu negara. Berdasarkan diatas, bagaimana tanggapanmu?

17

5.0

Jawaban terverifikasi