Selvi P

12 Juni 2024 12:07

Iklan

Iklan

Selvi P

12 Juni 2024 12:07

Pertanyaan

sifat dan fungsi dari unsur senyawa dan campuran

sifat dan fungsi dari unsur senyawa dan campuran


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

13 Juni 2024 07:24

Jawaban terverifikasi

<p>Sifat Senyawa🌷</p><p>Senyawa bisa terbentuk dari reaksi kimia.</p><p>Unsur penyusun senyawa memiliki perbandingan yang bersifat tetap.</p><p>Senyawa tidak bisa terpisah dari komponen penyusunnya, ketika direaksikan secara kimia.</p><p>Senyawa merupakan zat tunggal.</p><p>Setiap senyawa memiliki sifat berbeda dari unsur penyusunnya.</p><p><br>Fungsi Senyawa🌷</p><p>kegunaan senyawa antara lain adalah sebagai penjernih, pewarna pada tekstil, deodoran alami, alat pengencang pati, dan sebagai pelekat kertas.</p><p><br>Zat Campuran🌷</p><p>Zat campuran memiliki sifat-sifat di antaranya</p><p>Terdiri dari dua jenis zat tunggal atau lebih.</p><p>Perbandingan komponen penyusun tidak tetap.</p><p>Masih mempunyai sifat zat asal.</p><p>Dapat dipisahkan menjadi komponennya melalui cara-cara fisis seperti penyaringan dan penyulingan.</p><p>Fungsi Campuran 🌷</p><p>Campuran digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam memasak, membersihkan, obat-obatan, dan dalam proses industri. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering menggunakan campuran tanpa kita sadari. Misalnya, saat kita memasak, kita sering mencampurkan berbagai bahan untuk membuat suatu masakan.</p><p><br>Perbedaan Senyawa dan Campuran 🌷</p><p>Perbedaan senyawa dan campuran adalah senyawa terbentuk dari gabungan beberapa unsur melalui reaksi kimia. Sedangkan campuran terbentuk dari gabungan beberapa zat dengan perbandingan tidak tetap tanpa melalui reaksi kimia.</p>

Sifat Senyawa🌷

Senyawa bisa terbentuk dari reaksi kimia.

Unsur penyusun senyawa memiliki perbandingan yang bersifat tetap.

Senyawa tidak bisa terpisah dari komponen penyusunnya, ketika direaksikan secara kimia.

Senyawa merupakan zat tunggal.

Setiap senyawa memiliki sifat berbeda dari unsur penyusunnya.


Fungsi Senyawa🌷

kegunaan senyawa antara lain adalah sebagai penjernih, pewarna pada tekstil, deodoran alami, alat pengencang pati, dan sebagai pelekat kertas.


Zat Campuran🌷

Zat campuran memiliki sifat-sifat di antaranya

Terdiri dari dua jenis zat tunggal atau lebih.

Perbandingan komponen penyusun tidak tetap.

Masih mempunyai sifat zat asal.

Dapat dipisahkan menjadi komponennya melalui cara-cara fisis seperti penyaringan dan penyulingan.

Fungsi Campuran 🌷

Campuran digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam memasak, membersihkan, obat-obatan, dan dalam proses industri. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering menggunakan campuran tanpa kita sadari. Misalnya, saat kita memasak, kita sering mencampurkan berbagai bahan untuk membuat suatu masakan.


Perbedaan Senyawa dan Campuran 🌷

Perbedaan senyawa dan campuran adalah senyawa terbentuk dari gabungan beberapa unsur melalui reaksi kimia. Sedangkan campuran terbentuk dari gabungan beberapa zat dengan perbandingan tidak tetap tanpa melalui reaksi kimia.


Iklan

Iklan

Dindaaaaa D

13 Juni 2024 12:45

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: Unsur adalah zat murni yang tidak dapat dipecah lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan metode kimia. Senyawa adalah zat yang terbentuk dari dua atau lebih unsur yang berbeda yang bergabung dalam perbandingan tertentu. Campuran adalah kombinasi dari dua atau lebih zat yang tidak bergabung secara kimia. 【Penjelasan】: 1. Unsur: Unsur adalah zat dasar yang memiliki sifat kimia dan fisika tertentu. Contohnya adalah oksigen, hidrogen, emas, dan perak. Unsur tidak dapat dipecah lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan metode kimia. Setiap unsur memiliki simbol kimia yang unik, misalnya H untuk hidrogen dan O untuk oksigen. 2. Senyawa: Senyawa adalah zat yang terbentuk ketika dua atau lebih unsur berbeda bergabung dalam perbandingan tertentu. Contohnya adalah air (H₂O) yang terbentuk dari unsur hidrogen dan oksigen. Sifat senyawa berbeda dari unsur-unsur penyusunnya. Misalnya, sifat air berbeda dari hidrogen dan oksigen. 3. Campuran: Campuran adalah kombinasi dari dua atau lebih zat yang tidak bergabung secara kimia. Dalam campuran, komponen-komponennya dapat dipisahkan dengan metode fisik. Contohnya adalah campuran pasir dan garam. Dalam campuran, sifat-sifat zat penyusunnya masih dapat dilihat. Misalnya, dalam campuran pasir dan garam, kita masih dapat melihat butiran pasir dan garam.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang terjadi jika benda bermuatan positif didekat kan dengan benda bermuatan positif?

4

5.0

Jawaban terverifikasi