Hafizhah H

23 Mei 2024 07:04

Iklan

Iklan

Hafizhah H

23 Mei 2024 07:04

Pertanyaan

selama pandemi,bank indonesia telah menurunkan tingkat suku bunga acuan sebesar 1% apa dampak terhadap perekonomian?

selama pandemi,bank indonesia telah menurunkan tingkat suku bunga acuan sebesar 1% apa dampak terhadap perekonomian?


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

24 Mei 2024 01:19

Jawaban terverifikasi

<p>Ketika suku bunga BI turun, suku bunga kredit pun ikut menurun. Itu artinya masyarakat dapat menikmati peminjaman dana dengan lebih mudah. Lembaga perbankan akan menurunkan cost of fund yang merupakan biaya dari hasil bunga sehingga nilai bunga pinjaman tidak begitu besar.</p><p>Dengan penurunan suku bunga tersebut apakah masyarakat akan perlahan-lahan tidak berminat lagi pada sektor perbankan karena tidak adanya keuntungan dari investasi tabungan ataukah dengan penurunan suku bunga tabungan masyarakat justru tidak terlalu terpengaruh dan masih beriminat menabung dilembaga perbankan.</p><p>&nbsp;</p><p>dampak pada perekonomian sebagai berikut Suku bunga adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam per-ekonomian suatu negara selain inflasi. Suku bunga dapat mempengaruhi ke-seimbangan antara simpanan masyarakat dan investasi pada sektor riil, selanjut-nya mempengaruhi jumlah lapangan kerja dan tingkat pengangguran.</p><p>Suku bunga yang rendah cenderung mampu merangsang investasi perusahaan dan individu, karena biaya pinjaman menjadi lebih terjangkau. Hal ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi dengan mendorong kegiatan investasi dalam sektor-sektor seperti infrastruktur, bisnis, dan teknologi.</p>

Ketika suku bunga BI turun, suku bunga kredit pun ikut menurun. Itu artinya masyarakat dapat menikmati peminjaman dana dengan lebih mudah. Lembaga perbankan akan menurunkan cost of fund yang merupakan biaya dari hasil bunga sehingga nilai bunga pinjaman tidak begitu besar.

Dengan penurunan suku bunga tersebut apakah masyarakat akan perlahan-lahan tidak berminat lagi pada sektor perbankan karena tidak adanya keuntungan dari investasi tabungan ataukah dengan penurunan suku bunga tabungan masyarakat justru tidak terlalu terpengaruh dan masih beriminat menabung dilembaga perbankan.

 

dampak pada perekonomian sebagai berikut Suku bunga adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam per-ekonomian suatu negara selain inflasi. Suku bunga dapat mempengaruhi ke-seimbangan antara simpanan masyarakat dan investasi pada sektor riil, selanjut-nya mempengaruhi jumlah lapangan kerja dan tingkat pengangguran.

Suku bunga yang rendah cenderung mampu merangsang investasi perusahaan dan individu, karena biaya pinjaman menjadi lebih terjangkau. Hal ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi dengan mendorong kegiatan investasi dalam sektor-sektor seperti infrastruktur, bisnis, dan teknologi.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Mei 2024 07:13

Selama masa pandemi, Bank Indonesia mengambil langkah-langkah untuk mendukung perekonomian nasional. Salah satunya adalah dengan menurunkan tingkat suku bunga acuan sebesar 1%. Langkah ini diambil untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan investasi di Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

peran bank indonesia dalam alat pembayaran adalah

17

5.0

Jawaban terverifikasi