Sierra S

14 Juli 2024 08:10

Iklan

Sierra S

14 Juli 2024 08:10

Pertanyaan

Sekarang kita telah memasuki tahun 1446 H tepatnya di bulan Muharram, bulan pertama yang mengawali penanganan Hijriyah. Ada yang wajib kita sadari bahwa penetapan tahun Hijriyah bukan sekedar memberikan kesan, perubahan dan tanggal. lebih daripada itu, penetapan komentum hijriyah nabi S.A.W dari Mekkah ke yatsrib yang kelak telah menjadi Madinah suatu kota yang menginspirasi, mencerahkan dan berkemajuan seakan memberikan kesan pada kita setiap. Kita melangkah kapanpun itu dan dimanapun itu umat Islam dalam petunjuk yang Allah berikan pada mereka. Kurikulum kehidupan yang dibentuk oleh Allah sempurna pasti memberikan warna-warna yang mencerahkan sehingga dapat merubah suatu yang tertinggal menjadi berkemajuan, merubah suatu yang cenderung jenuh, menjadi sesuatu yang terang dan mencerahkan, merubah suasana yang sulit menjadi lapang inilah ciri khas muslim dengan membawa tuntunan Islam. Hijriyah juga dipahami di hadis nabi S.A.W dalam meninggalkan sesuatu yang kurang baik menuju kepada setiap yang mulia, meninggalkan yang salah dan menuju yang sholeh maka segala yang dilakukan itu dinamakan Muharram, segala sikap negatif disebut Muharram hukumnya haram. Jika kita ingin menjadikan semua itu sebagai landasan dan waktu serta momentum untuk memulai meninggalkan segala yang dilarang maka, secepatnya tambah alif lam di depan Muharram yang jadinya Al Muharram (bulan pertama di tahun Hijriyah) kata Muharram yang bukan sekedar menunjukkan waktu berubah, mengganti bulan, mengganti waktunya tapi esensinya ini memberikan pelajaran yang dalam kepada kita semua. Jika kita ingin berhijrah maka mulailah meninggalkan segala sesuatu yang Allah dan rasulnya larang maka dengan itu akan terbuka peluang-peluang kebaikan yang mampu dilakukan oleh seluruh tubuh kita. tolong text tersebut dirangkum intinya

Sekarang kita telah memasuki tahun 1446 H tepatnya di bulan Muharram, bulan pertama yang mengawali penanganan Hijriyah.


 Ada yang wajib kita sadari bahwa penetapan tahun Hijriyah bukan sekedar memberikan kesan, perubahan dan tanggal. lebih daripada itu, penetapan komentum hijriyah nabi S.A.W dari Mekkah ke yatsrib yang kelak telah menjadi Madinah suatu kota yang menginspirasi, mencerahkan dan berkemajuan seakan memberikan kesan pada kita setiap. 
 

  Kita melangkah kapanpun itu dan dimanapun itu umat Islam dalam petunjuk yang Allah berikan pada mereka.

  Kurikulum kehidupan yang dibentuk oleh Allah sempurna pasti memberikan warna-warna yang mencerahkan sehingga dapat merubah suatu yang tertinggal menjadi berkemajuan, merubah suatu yang cenderung jenuh, menjadi sesuatu yang terang dan mencerahkan, merubah suasana yang sulit menjadi lapang inilah ciri khas muslim dengan membawa tuntunan Islam.


 Hijriyah juga dipahami di hadis nabi S.A.W dalam meninggalkan sesuatu yang kurang baik menuju kepada setiap yang mulia, meninggalkan yang salah dan menuju yang sholeh maka segala yang dilakukan itu dinamakan Muharram, segala sikap negatif disebut Muharram hukumnya haram.


 Jika kita ingin menjadikan semua itu sebagai landasan dan waktu serta momentum untuk memulai meninggalkan segala yang dilarang maka, secepatnya tambah alif lam di depan Muharram yang jadinya Al Muharram (bulan pertama di tahun Hijriyah) kata Muharram yang bukan sekedar menunjukkan waktu berubah, mengganti bulan, mengganti waktunya tapi esensinya ini memberikan pelajaran yang dalam kepada kita semua.

 Jika kita ingin berhijrah maka mulailah meninggalkan segala sesuatu yang Allah dan rasulnya larang maka dengan itu akan terbuka peluang-peluang kebaikan yang mampu dilakukan oleh seluruh tubuh kita.

 

 

tolong text tersebut dirangkum intinya

 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

21

:

51

:

40

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Lulu'Atul M

14 Juli 2024 13:20

Jawaban terverifikasi

<p>Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriyah, menandai tahun baru Islam yang lebih dari sekadar perubahan tanggal. Momentum hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Yatsrib (Madinah) memberikan inspirasi untuk selalu berada di bawah petunjuk Allah.</p><p>Hijrah mengajarkan kita untuk meninggalkan yang buruk dan menuju kebaikan, sebagaimana dalam hadis Nabi SAW. Muharram, yang berarti haram, mengingatkan kita untuk menjauhi hal-hal negatif. Menambahkan "Al" di depan Muharram menjadi Al Muharram, menandakan bulan pertama yang tidak hanya tentang waktu tetapi juga pelajaran spiritual.</p><p>Jika ingin berhijrah, kita harus meninggalkan apa yang dilarang Allah dan Rasul-Nya, sehingga membuka peluang kebaikan bagi diri kita.</p>

Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriyah, menandai tahun baru Islam yang lebih dari sekadar perubahan tanggal. Momentum hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Yatsrib (Madinah) memberikan inspirasi untuk selalu berada di bawah petunjuk Allah.

Hijrah mengajarkan kita untuk meninggalkan yang buruk dan menuju kebaikan, sebagaimana dalam hadis Nabi SAW. Muharram, yang berarti haram, mengingatkan kita untuk menjauhi hal-hal negatif. Menambahkan "Al" di depan Muharram menjadi Al Muharram, menandakan bulan pertama yang tidak hanya tentang waktu tetapi juga pelajaran spiritual.

Jika ingin berhijrah, kita harus meninggalkan apa yang dilarang Allah dan Rasul-Nya, sehingga membuka peluang kebaikan bagi diri kita.


Iklan

Salsabila M

Community

14 Juli 2024 13:34

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah ringkasan dari teks tersebut:</p><p>Penetapan tahun Hijriyah bukan hanya tentang perubahan tanggal, tetapi juga memiliki makna mendalam yang terinspirasi oleh hijrah Nabi Muhammad S.A.W dari Mekkah ke Madinah. Hijrah tersebut membawa pesan penting bagi umat Islam untuk selalu mengikuti petunjuk Allah, mengubah keadaan yang tertinggal menjadi maju, yang jenuh menjadi terang, dan yang sulit menjadi lapang. Dalam hadis, hijrah juga berarti meninggalkan yang buruk menuju yang baik. Bulan Muharram menjadi momentum untuk memulai perubahan ini. Dengan menambah alif lam menjadi Al-Muharram, bulan pertama di tahun Hijriyah, kita diajarkan untuk meninggalkan segala yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya, membuka peluang kebaikan, dan mencapai kemajuan.</p>

Berikut adalah ringkasan dari teks tersebut:

Penetapan tahun Hijriyah bukan hanya tentang perubahan tanggal, tetapi juga memiliki makna mendalam yang terinspirasi oleh hijrah Nabi Muhammad S.A.W dari Mekkah ke Madinah. Hijrah tersebut membawa pesan penting bagi umat Islam untuk selalu mengikuti petunjuk Allah, mengubah keadaan yang tertinggal menjadi maju, yang jenuh menjadi terang, dan yang sulit menjadi lapang. Dalam hadis, hijrah juga berarti meninggalkan yang buruk menuju yang baik. Bulan Muharram menjadi momentum untuk memulai perubahan ini. Dengan menambah alif lam menjadi Al-Muharram, bulan pertama di tahun Hijriyah, kita diajarkan untuk meninggalkan segala yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya, membuka peluang kebaikan, dan mencapai kemajuan.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan