Elaina-Chan E

17 September 2024 12:57

Iklan

Elaina-Chan E

17 September 2024 12:57

Pertanyaan

tolong bantu aku mencari semua kebahasaan pidato yang ada di pidato di bawah ini Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi untuk kita semua. Pertama-tama dan paling utama, marilah kita ucapkan syukur kepada Allah SWT yang sudah memberi limpahan rezeki bagi kita semua. Tak lupa selawat dan salam, mari kita gaungkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, sampai kepada kita selaku umatnya. Hadirin yang berbahagia, Pada kesempatan kali ini izinkan saya berbicara mengenai pentingnya menjaga lingkungan di sekolah. Sebab isu lingkungan sudah menjadi isu di seluruh negara. Maka, menjaganya sudah menjadi tugas bersama. Menjaga lingkungan tak melulu soal menjaga kebersihan. Lebih dari itu, menjaga lingkungan dapat diupayakan lewat menanam tanaman di lingkungan sekolah, menghemat air, dan mengupayakan untuk meminimalkan penggunaan plastik. Lalu, kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah? Sebab, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi tempat pertama untuk memupuk kebiasaan menjaga lingkungan. Hadirin yang berbahagia, Hal-hal yang saya singgung di atas, seperti menanam tanaman, menghemat air, dan meminimalkan penggunaan plastik merupakan hal yang kecil. Namun percayalah, aktivitas kecil punya dampak besar bila dilakukan bersama dan menjadi kebiasaan. Semoga dengan aktivitas positif di sekolah bisa dibawa juga ke rumah, sehingga kegiatan menjaga lingkungan dapat dilakukan terus menerus. Alangkah lebih baik lagi bila kita mampu untuk mempengaruhi saudara, orang tua, dan teman di rumah untuk sama-sama menjaga lingkungan. Demikianlah pidato lingkungan hidup tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang saya sampaikan. Meski singkat, semoga ada manfaatnya. Terima kasih atas atensinya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

tolong bantu aku mencari semua kebahasaan pidato yang ada di pidato di bawah ini

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi untuk kita semua.
Pertama-tama dan paling utama, marilah kita ucapkan syukur kepada Allah SWT yang sudah memberi limpahan rezeki bagi kita semua. Tak lupa selawat dan salam, mari kita gaungkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, sampai kepada kita selaku umatnya.
Hadirin yang berbahagia,
Pada kesempatan kali ini izinkan saya berbicara mengenai pentingnya menjaga lingkungan di sekolah. Sebab isu lingkungan sudah menjadi isu di seluruh negara. Maka, menjaganya sudah menjadi tugas bersama.
Menjaga lingkungan tak melulu soal menjaga kebersihan. Lebih dari itu, menjaga lingkungan dapat diupayakan lewat menanam tanaman di lingkungan sekolah, menghemat air, dan mengupayakan untuk meminimalkan penggunaan plastik.
Lalu, kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah? Sebab, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi tempat pertama untuk memupuk kebiasaan menjaga lingkungan.
Hadirin yang berbahagia,
Hal-hal yang saya singgung di atas, seperti menanam tanaman, menghemat air, dan meminimalkan penggunaan plastik merupakan hal yang kecil. Namun percayalah, aktivitas kecil punya dampak besar bila dilakukan bersama dan menjadi kebiasaan.
Semoga dengan aktivitas positif di sekolah bisa dibawa juga ke rumah, sehingga kegiatan menjaga lingkungan dapat dilakukan terus menerus. Alangkah lebih baik lagi bila kita mampu untuk mempengaruhi saudara, orang tua, dan teman di rumah untuk sama-sama menjaga lingkungan.
Demikianlah pidato lingkungan hidup tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang saya sampaikan. Meski singkat, semoga ada manfaatnya.
Terima kasih atas atensinya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

23

:

51

:

36

Klaim

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rendi R

Community

17 September 2024 13:16

Jawaban terverifikasi

<p>Pidato di atas menggunakan berbagai ciri kebahasaan yang khas untuk menyampaikan pesan dengan baik dan jelas. Berikut adalah analisis ciri-ciri kebahasaan yang digunakan dalam pidato tersebut:</p><p><strong>1. Sapaan atau Salam Pembuka</strong></p><ul><li><strong>"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh."</strong></li><li><strong>"Selamat pagi untuk kita semua."</strong></li></ul><p>Penggunaan salam pembuka menunjukkan sopan santun dan merupakan ciri khas dalam teks pidato. Ini bertujuan untuk menarik perhatian audiens dan menciptakan suasana yang baik di awal pidato.</p><p><strong>2. Penggunaan Kalimat Sapaan kepada Audiens</strong></p><ul><li><strong>"Hadirin yang berbahagia,"</strong></li></ul><p>Frasa ini sering digunakan untuk menyapa audiens secara formal dan menunjukkan rasa hormat. Dalam pidato, sapaan kepada audiens adalah hal penting untuk menjaga keterlibatan mereka.</p><p><strong>3. Penggunaan Kalimat Penghormatan</strong></p><ul><li><strong>"Pertama-tama dan paling utama, marilah kita ucapkan syukur kepada Allah SWT yang sudah memberi limpahan rezeki bagi kita semua."</strong></li><li><strong>"Tak lupa selawat dan salam, mari kita gaungkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, sampai kepada kita selaku umatnya."</strong></li></ul><p>Ini adalah ungkapan syukur dan penghormatan yang menunjukkan kerendahan hati serta rasa syukur kepada Tuhan dan tokoh agama. Penggunaan kalimat ini merupakan ciri kebahasaan yang sering ditemui dalam pidato keagamaan.</p><p><strong>4. Penggunaan Kata Ganti Orang Pertama</strong></p><ul><li><strong>"Saya"</strong> digunakan dalam kalimat:<ul><li>"Pada kesempatan kali ini izinkan saya berbicara mengenai pentingnya menjaga lingkungan di sekolah."</li><li>"Demikianlah pidato lingkungan hidup tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang saya sampaikan."</li></ul></li></ul><p>Kata "saya" menunjukkan pidato bersifat personal, di mana pembicara mengajak audiens untuk mendengar dan memperhatikan pesan yang akan disampaikan.</p><p><strong>5. Kalimat Persuasif (Mengajak/Mendorong)</strong></p><ul><li><strong>"Sebab, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi tempat pertama untuk memupuk kebiasaan menjaga lingkungan."</strong></li><li><strong>"Semoga dengan aktivitas positif di sekolah bisa dibawa juga ke rumah, sehingga kegiatan menjaga lingkungan dapat dilakukan terus menerus."</strong></li><li><strong>"Alangkah lebih baik lagi bila kita mampu untuk mempengaruhi saudara, orang tua, dan teman di rumah untuk sama-sama menjaga lingkungan."</strong></li></ul><p>Pidato ini menggunakan kalimat-kalimat persuasif yang bertujuan untuk mendorong audiens melakukan tindakan tertentu, seperti menjaga lingkungan di sekolah dan rumah.</p><p><strong>6. Penggunaan Kalimat Imperatif (Perintah)</strong></p><ul><li><strong>"Marilah kita ucapkan syukur..."</strong></li><li><strong>"Mari kita gaungkan selawat dan salam..."</strong></li></ul><p>Kalimat imperatif ini digunakan untuk mengajak atau memerintahkan audiens untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama, dalam hal ini menunjukkan ajakan untuk bersyukur dan menghormati Nabi Muhammad SAW.</p><p><strong>7. Penggunaan Kata Hubung (Konjungsi)</strong></p><ul><li><strong>"Sebab"</strong> (menyebabkan atau menjelaskan alasan):<ul><li>"Sebab isu lingkungan sudah menjadi isu di seluruh negara."</li><li>"Sebab, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi tempat pertama untuk memupuk kebiasaan menjaga lingkungan."</li></ul></li><li><strong>"Namun"</strong> (menyatakan pertentangan):<ul><li>"Namun percayalah, aktivitas kecil punya dampak besar bila dilakukan bersama dan menjadi kebiasaan."</li></ul></li><li><strong>"Lalu"</strong> (melanjutkan ide atau pemikiran):<ul><li>"Lalu, kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah?"</li></ul></li></ul><p>Konjungsi digunakan untuk menghubungkan gagasan atau argumen dalam pidato dan memberikan penjelasan yang lebih logis dan runtut.</p><p><strong>8. Kalimat Retoris</strong></p><ul><li><strong>"Lalu, kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah?"</strong></li></ul><p>Kalimat retoris adalah pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban langsung dari audiens, melainkan digunakan untuk menegaskan gagasan tertentu dan merangsang pemikiran audiens.</p><p><strong>9. Penggunaan Kata-kata yang Mengandung Nilai Positif</strong></p><ul><li><strong>"Menjaga lingkungan," "meminimalkan penggunaan plastik," "menghemat air," "aktivitas positif," "memupuk kebiasaan," "dampak besar," "kebersihan."</strong></li></ul><p>Kata-kata ini memiliki nilai positif yang bertujuan untuk mendorong audiens melakukan hal-hal baik yang berkaitan dengan tema pidato, yaitu menjaga lingkungan.</p><p><strong>10. Penutup Pidato</strong></p><ul><li><strong>"Demikianlah pidato lingkungan hidup tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang saya sampaikan. Meski singkat, semoga ada manfaatnya."</strong></li><li><strong>"Terima kasih atas atensinya."</strong></li><li><strong>"Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh."</strong></li></ul><p>Bagian penutup biasanya mengandung kalimat yang merangkum isi pidato dan harapan agar audiens mendapatkan manfaat dari pidato tersebut. Juga, terdapat ucapan terima kasih kepada audiens serta salam penutup.</p><p><strong>Kesimpulan</strong></p><p>Ciri-ciri kebahasaan yang ditemukan dalam pidato ini meliputi:</p><ul><li>Penggunaan salam pembuka dan penutup</li><li>Sapaan kepada audiens</li><li>Penggunaan kata ganti orang pertama (saya)</li><li>Kalimat persuasif untuk mengajak audiens melakukan sesuatu</li><li>Kalimat imperatif (perintah)</li><li>Kalimat retoris</li><li>Penggunaan kata hubung (konjungsi)</li><li>Penggunaan kata-kata positif</li><li>Kalimat penutup yang sopan dan menghormati audiens.</li></ul><p>Semua ciri kebahasaan ini berfungsi untuk menciptakan pidato yang menarik, sopan, dan efektif dalam menyampaikan pesan kepada audiens.</p>

Pidato di atas menggunakan berbagai ciri kebahasaan yang khas untuk menyampaikan pesan dengan baik dan jelas. Berikut adalah analisis ciri-ciri kebahasaan yang digunakan dalam pidato tersebut:

1. Sapaan atau Salam Pembuka

  • "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh."
  • "Selamat pagi untuk kita semua."

Penggunaan salam pembuka menunjukkan sopan santun dan merupakan ciri khas dalam teks pidato. Ini bertujuan untuk menarik perhatian audiens dan menciptakan suasana yang baik di awal pidato.

2. Penggunaan Kalimat Sapaan kepada Audiens

  • "Hadirin yang berbahagia,"

Frasa ini sering digunakan untuk menyapa audiens secara formal dan menunjukkan rasa hormat. Dalam pidato, sapaan kepada audiens adalah hal penting untuk menjaga keterlibatan mereka.

3. Penggunaan Kalimat Penghormatan

  • "Pertama-tama dan paling utama, marilah kita ucapkan syukur kepada Allah SWT yang sudah memberi limpahan rezeki bagi kita semua."
  • "Tak lupa selawat dan salam, mari kita gaungkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, sampai kepada kita selaku umatnya."

Ini adalah ungkapan syukur dan penghormatan yang menunjukkan kerendahan hati serta rasa syukur kepada Tuhan dan tokoh agama. Penggunaan kalimat ini merupakan ciri kebahasaan yang sering ditemui dalam pidato keagamaan.

4. Penggunaan Kata Ganti Orang Pertama

  • "Saya" digunakan dalam kalimat:
    • "Pada kesempatan kali ini izinkan saya berbicara mengenai pentingnya menjaga lingkungan di sekolah."
    • "Demikianlah pidato lingkungan hidup tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang saya sampaikan."

Kata "saya" menunjukkan pidato bersifat personal, di mana pembicara mengajak audiens untuk mendengar dan memperhatikan pesan yang akan disampaikan.

5. Kalimat Persuasif (Mengajak/Mendorong)

  • "Sebab, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi tempat pertama untuk memupuk kebiasaan menjaga lingkungan."
  • "Semoga dengan aktivitas positif di sekolah bisa dibawa juga ke rumah, sehingga kegiatan menjaga lingkungan dapat dilakukan terus menerus."
  • "Alangkah lebih baik lagi bila kita mampu untuk mempengaruhi saudara, orang tua, dan teman di rumah untuk sama-sama menjaga lingkungan."

Pidato ini menggunakan kalimat-kalimat persuasif yang bertujuan untuk mendorong audiens melakukan tindakan tertentu, seperti menjaga lingkungan di sekolah dan rumah.

6. Penggunaan Kalimat Imperatif (Perintah)

  • "Marilah kita ucapkan syukur..."
  • "Mari kita gaungkan selawat dan salam..."

Kalimat imperatif ini digunakan untuk mengajak atau memerintahkan audiens untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama, dalam hal ini menunjukkan ajakan untuk bersyukur dan menghormati Nabi Muhammad SAW.

7. Penggunaan Kata Hubung (Konjungsi)

  • "Sebab" (menyebabkan atau menjelaskan alasan):
    • "Sebab isu lingkungan sudah menjadi isu di seluruh negara."
    • "Sebab, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi tempat pertama untuk memupuk kebiasaan menjaga lingkungan."
  • "Namun" (menyatakan pertentangan):
    • "Namun percayalah, aktivitas kecil punya dampak besar bila dilakukan bersama dan menjadi kebiasaan."
  • "Lalu" (melanjutkan ide atau pemikiran):
    • "Lalu, kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah?"

Konjungsi digunakan untuk menghubungkan gagasan atau argumen dalam pidato dan memberikan penjelasan yang lebih logis dan runtut.

8. Kalimat Retoris

  • "Lalu, kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah?"

Kalimat retoris adalah pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban langsung dari audiens, melainkan digunakan untuk menegaskan gagasan tertentu dan merangsang pemikiran audiens.

9. Penggunaan Kata-kata yang Mengandung Nilai Positif

  • "Menjaga lingkungan," "meminimalkan penggunaan plastik," "menghemat air," "aktivitas positif," "memupuk kebiasaan," "dampak besar," "kebersihan."

Kata-kata ini memiliki nilai positif yang bertujuan untuk mendorong audiens melakukan hal-hal baik yang berkaitan dengan tema pidato, yaitu menjaga lingkungan.

10. Penutup Pidato

  • "Demikianlah pidato lingkungan hidup tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang saya sampaikan. Meski singkat, semoga ada manfaatnya."
  • "Terima kasih atas atensinya."
  • "Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh."

Bagian penutup biasanya mengandung kalimat yang merangkum isi pidato dan harapan agar audiens mendapatkan manfaat dari pidato tersebut. Juga, terdapat ucapan terima kasih kepada audiens serta salam penutup.

Kesimpulan

Ciri-ciri kebahasaan yang ditemukan dalam pidato ini meliputi:

  • Penggunaan salam pembuka dan penutup
  • Sapaan kepada audiens
  • Penggunaan kata ganti orang pertama (saya)
  • Kalimat persuasif untuk mengajak audiens melakukan sesuatu
  • Kalimat imperatif (perintah)
  • Kalimat retoris
  • Penggunaan kata hubung (konjungsi)
  • Penggunaan kata-kata positif
  • Kalimat penutup yang sopan dan menghormati audiens.

Semua ciri kebahasaan ini berfungsi untuk menciptakan pidato yang menarik, sopan, dan efektif dalam menyampaikan pesan kepada audiens.


Elaina-Chan E

17 September 2024 13:49

thank you kaa

Iklan

Nanda R

Community

19 Oktober 2024 01:15

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah analisis kebahasaan dari pidato yang kamu berikan:</p><p>### Kebahasaan Pidato</p><p>1. **Salam Pembuka**<br>&nbsp; - "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh."<br>&nbsp; - "Selamat pagi untuk kita semua."</p><p>2. **Pernyataan Pembuka**<br>&nbsp; - "Pertama dan terpenting, izinkan kami mengatakannya."<br>&nbsp; - "Berilah shalawat dan salam, datanglah SAW, keluarganya, hatinya."</p><p>3. **Pengantar Topik**<br>&nbsp; - "Berbicara mengenai olahraga."<br>&nbsp; - "Penyebab masalah th negara."</p><p>4. **Pernyataan Utama**<br>&nbsp; - "Menjaga lingkungan tak melulu soal menjaga kebersihan."<br>&nbsp; - "Lebih dari itu, menjaga lingkungan dapat diupayakan lewat menanam tanaman di lingkungan sekolah, menghemat air, dan mengupayakan untuk meminimalkan penggunaan plastik."</p><p>5. **Alasan dan Penjelasan**<br>&nbsp; - "Kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah?"<br>&nbsp; - "Sebab, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi tempat pertama untuk memupuk kebiasaan menjaga lingkungan."</p><p>6. **Ajakan kepada Hadirin**<br>&nbsp; - "Hadirin yang berbahagia, hal-hal yang saya singgung di atas, seperti menanam tanaman, menghemat air, dan meminimalkan penggunaan plastik merupakan hal yang kecil."<br>&nbsp; - "Namun percayalah, aktivitas kecil punya dampak besar bila dilakukan bersama dan menjadi kebiasaan."</p><p>7. **Harapan dan Penutup**<br>&nbsp; - "Semoga dengan aktivitas positif di sekolah bisa dibawa juga ke rumah, sehingga kegiatan menjaga lingkungan dapat dilakukan terus menerus."<br>&nbsp; - "Alangkah lebih baik lagi bila kita mampu untuk mempengaruhi saudara, orang tua, dan teman di rumah untuk sama-sama menjaga lingkungan."<br>&nbsp; - "Demikianlah pidato lingkungan hidup tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang saya sampaikan."<br>&nbsp; - "Meski singkat, semoga ada manfaatnya."</p><p>### Elemen Kebahasaan<br>- **Bahasa Santai dan Formal**: Pidato ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dengan kombinasi ungkapan formal dan informal untuk menjangkau berbagai kalangan pendengar.<br>- **Penggunaan Pertanyaan Retoris**: Misalnya, "Kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah?" Ini efektif untuk menarik perhatian audiens dan mengajak mereka berpikir.<br>- **Pengulangan**: Ada pengulangan tema menjaga lingkungan, yang memberi penekanan pada pentingnya topik.<br>- **Kalimat Ajakan**: Kalimat ajakan kepada audiens untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan.<br>- **Pernyataan Harapan**: Ada harapan agar sikap menjaga lingkungan bisa diteruskan di rumah dan dapat mempengaruhi orang lain.</p><p>Dengan semua elemen ini, pidato tersebut berhasil menyampaikan pesan penting tentang menjaga lingkungan secara efektif dan menarik. Jika kamu memerlukan analisis lebih mendalam tentang bagian tertentu, silakan beri tahu!</p>

Berikut adalah analisis kebahasaan dari pidato yang kamu berikan:

### Kebahasaan Pidato

1. **Salam Pembuka**
  - "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh."
  - "Selamat pagi untuk kita semua."

2. **Pernyataan Pembuka**
  - "Pertama dan terpenting, izinkan kami mengatakannya."
  - "Berilah shalawat dan salam, datanglah SAW, keluarganya, hatinya."

3. **Pengantar Topik**
  - "Berbicara mengenai olahraga."
  - "Penyebab masalah th negara."

4. **Pernyataan Utama**
  - "Menjaga lingkungan tak melulu soal menjaga kebersihan."
  - "Lebih dari itu, menjaga lingkungan dapat diupayakan lewat menanam tanaman di lingkungan sekolah, menghemat air, dan mengupayakan untuk meminimalkan penggunaan plastik."

5. **Alasan dan Penjelasan**
  - "Kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah?"
  - "Sebab, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi tempat pertama untuk memupuk kebiasaan menjaga lingkungan."

6. **Ajakan kepada Hadirin**
  - "Hadirin yang berbahagia, hal-hal yang saya singgung di atas, seperti menanam tanaman, menghemat air, dan meminimalkan penggunaan plastik merupakan hal yang kecil."
  - "Namun percayalah, aktivitas kecil punya dampak besar bila dilakukan bersama dan menjadi kebiasaan."

7. **Harapan dan Penutup**
  - "Semoga dengan aktivitas positif di sekolah bisa dibawa juga ke rumah, sehingga kegiatan menjaga lingkungan dapat dilakukan terus menerus."
  - "Alangkah lebih baik lagi bila kita mampu untuk mempengaruhi saudara, orang tua, dan teman di rumah untuk sama-sama menjaga lingkungan."
  - "Demikianlah pidato lingkungan hidup tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang saya sampaikan."
  - "Meski singkat, semoga ada manfaatnya."

### Elemen Kebahasaan
- **Bahasa Santai dan Formal**: Pidato ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dengan kombinasi ungkapan formal dan informal untuk menjangkau berbagai kalangan pendengar.
- **Penggunaan Pertanyaan Retoris**: Misalnya, "Kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah?" Ini efektif untuk menarik perhatian audiens dan mengajak mereka berpikir.
- **Pengulangan**: Ada pengulangan tema menjaga lingkungan, yang memberi penekanan pada pentingnya topik.
- **Kalimat Ajakan**: Kalimat ajakan kepada audiens untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan.
- **Pernyataan Harapan**: Ada harapan agar sikap menjaga lingkungan bisa diteruskan di rumah dan dapat mempengaruhi orang lain.

Dengan semua elemen ini, pidato tersebut berhasil menyampaikan pesan penting tentang menjaga lingkungan secara efektif dan menarik. Jika kamu memerlukan analisis lebih mendalam tentang bagian tertentu, silakan beri tahu!


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kondisi kehidupan bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan belum stabil. Dibawah ini adalah penyabab ketidakstabilan kehidupan politik pada masa awal kemerdekaan, kecuali... A. Pertentangan antar partai B. Gangguan dari Belanda yang ingin berkuasa kembali C. Munculnya kesulitan ekonomi dan keuangan D. Terjadinya bentrokan antar etnis E. Munculnya gangguan keamanan dalam negeri 2. Pada tanggal 3 November 1945 diterbitkan maklumat pemerintah mengenai pendirian partai partai politik. Sebelum adanya maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945, Indonesia merencanakan satu partai tunggal yaitu... A. Masyumi D. PNI B. PKI E. NU C. PSI 3. Terbentuknya Kabinet Sjahrir tanggal 14 November 1945 merupakan suatu bentuk penyelewengan pertama pemerintah RI terhadap UUD 1945. Sejak tanggal 14 November 1945 Indonesia menganut sistem pemerintahan... A. Presidensial B. Liberalisme C. Parlementer D. Terpimpin E. Aristokrasi 4. Berdirinya partai partai politik telah mendorong Sutan Sjahrir yang berasal dari partai Sosialis untuk menghidupkan bentuk pemerintahan dengan cabinet parlementer. Hal ini dilakukan dengan alasan... A. agar perjuangan bangsa Indonesia mendapat dukungan dari negara negara barat B. mengikuti arus perpolitikan Indonesia yang mulai berkembang C. sesuai dengan perkembangan ideology di Indonesia D. sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 E. permintaan dari Presiden Soekarno. 5. Pada masa awal kemerdekaan, system pemerintahan berubah dari presidensial menjadi parlementer. Salah satu alasan dan pertimbangan perubahan system pemerintahan dari presidensial ke parlementer pada awal kemerdekaan adalah... A. Demokrasi bisa segera ditegakkan secara benar B. Parlementer sangat cocok untuk bangsa Indonesia C. Presidensial tidak sesuai dengan Indonesia yang multi etnis. D. Presidensial terlalu sulit untuk diterapkan dalam pemerintahan E. Mempermudah perundingan dengan Belanda 6. Sampai dengan awal tahun 1946, keadaan ibu kota Jakarta semakin kacau. Pemerintah terus didesak dan diteror oleh pemerintah asing.Pada saat ibukota dipindahkan ke Yogyakarta, Perdana Menteri Sjahrir masih berkedudukan di Jakarta untuk... A. menghadapi terror Belanda B. menjalankan roda pemerintahan dari pusat C. menghimpun kekuatan menghadapi Belanda D. menciptakan pemerintahan tandingan E. mengadakan hubungan dengan luar negeri 7. Kondisi kehidupan ekonomi bangsa Indonesia pada awal kemerdekaan tidak stabil. Keadaan ekonomi pada awal kemerdekaan mengalami kekacauan, salah satu factor penyebab antara lain... A. Adanya Blokade ekonomi oleh Belanda B. Rakyat Indonesia hanya mengandalkan pendapatan dalam pertanian . C. Banyaknya investor asing yang mengintervensi perekonomian Indonesia D. Rendahnya sumber daya manusia Indonesia dalam perekonomian E. Sering terjadi konflik horizontal dalam negeri Indonesia 8. Kondisi kehidupan ekonomi pada masa awal kemerdekaan tidak stabil karena terjadi inflasi. Terjadinya inflasi pada masa awal kemerdekaan disebabkan oleh... A. Indonesia belum memiliki mata uang yang sah B. Tentara Jepang masih menguasai sebagian besar sector ekonomi C. Terjadinya pertempuran pertempuran diberbagai daerah. D. Peredaran mata uang Jepang yang belum terkendali E. Munculnya perusahaan perusahaan asing milik Belanda 9. Indonesia harus dapat mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapi pada masa awal kemerdekaan. Salah satu upaya bangsa Indonesia dalam melakukan perbaikan ekonomi pada awal kemerdekaan dilakukan dengan cara ... A. Menaikkan pajak dan bea Cukai B. Meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan untuk diekspor C. Mengeluarkan mata uang sendiri (ORI) D. Mengisi kas pemerintah yang kosong E. Mengedarkan uang secara besar besaran. 10. Salah satu penyebab kacaunya kondisi perekonomian Indonesia pada masa awal kemerdekaan karena kas negara kosong. Upaya pemerintah Republik Indonesia mengisi kas negara yang kosong pada awal Kemerdekaan adalah ... A. Menasionalisasi De Javasche Bank B. Membuat kebijakan Gunting Syafruddin C. Mendevaluasi mata uang rupiah D. Sistim ekonomi Gerakan Benteng E. Menyelenggarakan pinjaman Nasional

148

0.0

Jawaban terverifikasi

Sahabat yang Tergadai Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Namun, suatu hari segalanya berubah. Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya. Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina. Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak. Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya. Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan. Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya. Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku." Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup." Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi. Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan. Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

76

0.0

Jawaban terverifikasi

Tentukan mana yang merupakan struktur abstraksi,orientasi,krisis,reaksi,dan koda Teks 1 Racun Serangga Alkisah hiduplah sepasang suami istri dengan dua orang anaknya. Setiap pagi kedua anak tersebut pergi berkebun untuk membantu orang tuanya. Namun, tiba-tiba mereka berdua pulang ke rumah dengan tergesa-gesa. Kakak: "Bu, Ibu tolong bu, gawat ini adik menelan kecoa!" Ibu: "Astaga, kok bisa sih kak? Gimana ceritanya? Ayo cepat panggil Bapak suruh bawa dokter ke sini!" Kakak: "Jangan bu, malah tambah gawat nanti. Sebentar lagi kecoanya juga mati." Ibu: "Lho, kok bisa gitu kak?" Kakak: "Iya bu, soalnya adik sudah aku kasih racun serangga bu. Di botolnya kan ada tulisan "dapat membunuh serangga ekstra cepat." Ibu: "Astagfirullah, sembrono kamu!" Kakak: (bingung) Ibu: "Pak, Bapak anak kita makan kecoa." (sambil berlari mencari suaminya). Kakak: (masih tetap bingung) ------------------------------- Teks 2 Tukang roti Pada Pagi hari Azril duduk di teras rumahnya sembari menunggu tukang roti yang biasa lewat. Begitu tukang roti lewat Azril lantas memanggil sang penjual. Azril: "Beli rotinya, Pak." Tukang Roti: "Boleh silahkan mau roti yang mana." Azril: "Ini apa, Pak?" Tukang Roti: "Ini semangka." Azril: "Kalau yang ini apa?" Tukang Roti: "Srikaya." Azril: "Terus ini apa, Bang?" Tukang Roti: "Oh...kalau ini blueberry, dek." Azril: "Gimana sih, terus rotinya mana? Saya mau beli roti bukan buah, kok daritadi yang disebut buah-buahan aja. Gak jadi beli deh saya kalau gini." Tukang Roti: "Yang saya sebut tuh rasa rotinya!" Azril: "Gak jadi, deh!"

25

5.0

Jawaban terverifikasi