Era E

16 Februari 2024 14:07

Iklan

Iklan

Era E

16 Februari 2024 14:07

Pertanyaan

sebutkan syarat syarat moderator yang baik

sebutkan syarat syarat moderator yang baik


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

16 Februari 2024 22:34

Jawaban terverifikasi

<p>Seorang moderator yang baik memenuhi beberapa syarat, antara lain:</p><p><strong>Netralitas:</strong></p><ul><li>Menjaga netralitas tanpa memihak pada salah satu pihak atau opini.</li></ul><p><strong>Pengetahuan Mendalam:</strong></p><ul><li>Memiliki pemahaman yang mendalam terhadap topik diskusi.</li></ul><p><strong>Kemampuan Berkomunikasi:</strong></p><ul><li>Mampu mengkomunikasikan aturan dan petunjuk dengan jelas.</li></ul><p><strong>Pemahaman Terhadap Audiens:</strong></p><ul><li>Memahami kebutuhan dan harapan audiens diskusi.</li></ul><p><strong>Keberanian Mengatasi Konflik:</strong></p><ul><li>Bersedia dan mampu menangani konflik dengan bijak.</li></ul><p><strong>Keterampilan Menjaga Waktu:</strong></p><ul><li>Mampu mengatur waktu diskusi dengan efisien.</li></ul><p><strong>Empati:</strong></p><ul><li>Memiliki empati terhadap peserta diskusi.</li></ul><p><strong>Keterbukaan Terhadap Berbagai Perspektif:</strong></p><ul><li>Bersedia menerima berbagai sudut pandang.</li></ul><p><strong>Keberlanjutan dan Kepantasan:</strong></p><ul><li>Memastikan kelancaran diskusi dan menjaga agar tetap pantas.</li></ul><p><strong>Fleksibilitas:</strong></p><ul><li>Bersikap fleksibel dalam mengatasi perubahan atau tantangan yang muncul.</li></ul>

Seorang moderator yang baik memenuhi beberapa syarat, antara lain:

Netralitas:

  • Menjaga netralitas tanpa memihak pada salah satu pihak atau opini.

Pengetahuan Mendalam:

  • Memiliki pemahaman yang mendalam terhadap topik diskusi.

Kemampuan Berkomunikasi:

  • Mampu mengkomunikasikan aturan dan petunjuk dengan jelas.

Pemahaman Terhadap Audiens:

  • Memahami kebutuhan dan harapan audiens diskusi.

Keberanian Mengatasi Konflik:

  • Bersedia dan mampu menangani konflik dengan bijak.

Keterampilan Menjaga Waktu:

  • Mampu mengatur waktu diskusi dengan efisien.

Empati:

  • Memiliki empati terhadap peserta diskusi.

Keterbukaan Terhadap Berbagai Perspektif:

  • Bersedia menerima berbagai sudut pandang.

Keberlanjutan dan Kepantasan:

  • Memastikan kelancaran diskusi dan menjaga agar tetap pantas.

Fleksibilitas:

  • Bersikap fleksibel dalam mengatasi perubahan atau tantangan yang muncul.

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

16 Februari 2024 23:23

Jawaban terverifikasi

<p>1. Tampil percaya diri</p><p>&nbsp;</p><p>Perlu diingat, bahwa seorang moderator memiliki peranan penting dalam suatu acara. Audiens tidak hanya mengamati narasumber, tetapi juga moderator. Oleh karena itu penting bagi Sobat SMP yang menjadi moderator tampil percaya diri dengan menunjukkan kesan pertama yang baik. Jangan lupa memperkenalkan diri dan menyapa para audiens untuk menghidupkan suasana.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Memimpin jalannya presentasi dalam acara</p><p>&nbsp;</p><p>Terdapat beberapa format acara yang menggelar panel diskusi di dalamnya, seperti seminar, debat, atau dialog terbuka. Setiap acara juga memiliki konsep yang berbeda, sehingga moderator harus dapat memimpin jalannya presentasi sesuai konsep acara apakah itu formal, semi formal, atau non formal.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Menghubungkan narasumber dengan audiens</p><p>&nbsp;</p><p>Seorang moderator harus tampil menjadi penghubung antara narasumber dengan audiens. Moderator memulai diskusi dengan memperkenalkan narasumber mulai dari biodata sampai dengan pengalamannya, sampaikan pula materi yang akan dibawakan narasumber. Jangan lupa juga untuk menginformasikan kepada narasumber durasi pemaparan materi yang diberikan panitia</p><p>&nbsp;</p><p>4. Membangun suasana</p><p>&nbsp;</p><p>Baca Juga&nbsp; Direktorat SMP Melaksanakan Training of Trainer Pengelolaan Sarana Prasarana Tahun 2022</p><p>Kegiatan yang dinamis dan komunikatif, serta mengarahkan audiens untuk fokus pada topik materi yang dibahas. Oleh karena itu, penting bagi moderator untuk memahami materi yang akan dibawakan agar dapat mengendalikan acara tetap kondusif sesuai rencana.</p><p>&nbsp;</p><p>5. Memimpin sesi tanya jawab</p><p>&nbsp;</p><p>Setiap acara tentu saja dapat diharapkan berjalan lancar dan sesuai dengan susunan acara yang sudah dibuat sebelumnya. Umumnya setelah narasumber membawakan materi, akan digelar sesi tanya jawab dengan audiens sesuai alokasi waktu yang disediakan. Catat seluruh pertanyaan dan tentukan mekanisme sesi tanya jawab.</p><p>&nbsp;</p><p>6. Menyampaikan simpulan dari materi</p><p>&nbsp;</p><p>Tugas moderator lainnya adalah menyimpulkan materi yang disajikan narasumber dan menutup sesi acara tersebut. Dengan menyampaikan simpulan dari materi dapat membantu peserta yang sempat melewatkan sesi-sesi materi.</p>

1. Tampil percaya diri

 

Perlu diingat, bahwa seorang moderator memiliki peranan penting dalam suatu acara. Audiens tidak hanya mengamati narasumber, tetapi juga moderator. Oleh karena itu penting bagi Sobat SMP yang menjadi moderator tampil percaya diri dengan menunjukkan kesan pertama yang baik. Jangan lupa memperkenalkan diri dan menyapa para audiens untuk menghidupkan suasana.

 

2. Memimpin jalannya presentasi dalam acara

 

Terdapat beberapa format acara yang menggelar panel diskusi di dalamnya, seperti seminar, debat, atau dialog terbuka. Setiap acara juga memiliki konsep yang berbeda, sehingga moderator harus dapat memimpin jalannya presentasi sesuai konsep acara apakah itu formal, semi formal, atau non formal.

 

3. Menghubungkan narasumber dengan audiens

 

Seorang moderator harus tampil menjadi penghubung antara narasumber dengan audiens. Moderator memulai diskusi dengan memperkenalkan narasumber mulai dari biodata sampai dengan pengalamannya, sampaikan pula materi yang akan dibawakan narasumber. Jangan lupa juga untuk menginformasikan kepada narasumber durasi pemaparan materi yang diberikan panitia

 

4. Membangun suasana

 

Baca Juga  Direktorat SMP Melaksanakan Training of Trainer Pengelolaan Sarana Prasarana Tahun 2022

Kegiatan yang dinamis dan komunikatif, serta mengarahkan audiens untuk fokus pada topik materi yang dibahas. Oleh karena itu, penting bagi moderator untuk memahami materi yang akan dibawakan agar dapat mengendalikan acara tetap kondusif sesuai rencana.

 

5. Memimpin sesi tanya jawab

 

Setiap acara tentu saja dapat diharapkan berjalan lancar dan sesuai dengan susunan acara yang sudah dibuat sebelumnya. Umumnya setelah narasumber membawakan materi, akan digelar sesi tanya jawab dengan audiens sesuai alokasi waktu yang disediakan. Catat seluruh pertanyaan dan tentukan mekanisme sesi tanya jawab.

 

6. Menyampaikan simpulan dari materi

 

Tugas moderator lainnya adalah menyimpulkan materi yang disajikan narasumber dan menutup sesi acara tersebut. Dengan menyampaikan simpulan dari materi dapat membantu peserta yang sempat melewatkan sesi-sesi materi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan menggambar

0

0.0

Jawaban terverifikasi