Nama S

13 Juni 2024 06:35

Iklan

Iklan

Nama S

13 Juni 2024 06:35

Pertanyaan

Sebutkan salahsatu fungsi dari JDBC?

Sebutkan salahsatu fungsi dari JDBC?


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

13 Juni 2024 13:25

Jawaban terverifikasi

<p>🌷Fungsi JDBC</p><p>Ini <strong>memungkinkan aplikasi untuk berinteraksi dengan database, baik untuk membaca maupun menulis data</strong>. Eksekusi perintah SQL: Melalui JDBC, aplikasi Java dapat menjalankan perintah SQL, seperti SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE.</p><p>🌷JDBC adalah Application Programming Interface (API) yang menyediakan fungsi-fungsi dasar untuk akses data. JDBC API terdiri atas sejumlah class dan interface yang dapat digunakan untuk menulis aplikasi database dengan menggunakan Java.</p><p>&nbsp;</p>

🌷Fungsi JDBC

Ini memungkinkan aplikasi untuk berinteraksi dengan database, baik untuk membaca maupun menulis data. Eksekusi perintah SQL: Melalui JDBC, aplikasi Java dapat menjalankan perintah SQL, seperti SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE.

🌷JDBC adalah Application Programming Interface (API) yang menyediakan fungsi-fungsi dasar untuk akses data. JDBC API terdiri atas sejumlah class dan interface yang dapat digunakan untuk menulis aplikasi database dengan menggunakan Java.

 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 03:12

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu fungsi utama dari JDBC (Java Database Connectivity) adalah memungkinkan aplikasi Java untuk berinteraksi dengan database secara independen dari jenis database yang digunakan. Fungsi-fungsi utama JDBC termasuk:</p><p><strong>Koneksi ke Database</strong>: JDBC menyediakan API untuk mendirikan koneksi antara aplikasi Java dan database. Ini memungkinkan aplikasi untuk melakukan operasi seperti mengambil, menyimpan, mengubah, dan menghapus data dalam database.</p><p><strong>Eksekusi Pernyataan SQL</strong>: JDBC memungkinkan aplikasi untuk mengeksekusi pernyataan SQL (Structured Query Language) seperti SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, dan lain-lain untuk berinteraksi dengan data dalam database.</p><p><strong>Penanganan Transaksi</strong>: JDBC mendukung manajemen transaksi, yaitu kumpulan operasi database yang harus dilakukan secara atomik (entah semuanya berhasil dilakukan atau tidak sama sekali). Ini memastikan konsistensi data dalam database.</p><p><strong>Pengelolaan Penyimpanan Data</strong>: JDBC memungkinkan aplikasi untuk mengelola penyimpanan data melalui operasi seperti membuat, mengubah, dan menghapus tabel serta indeks dalam database.</p>

Salah satu fungsi utama dari JDBC (Java Database Connectivity) adalah memungkinkan aplikasi Java untuk berinteraksi dengan database secara independen dari jenis database yang digunakan. Fungsi-fungsi utama JDBC termasuk:

Koneksi ke Database: JDBC menyediakan API untuk mendirikan koneksi antara aplikasi Java dan database. Ini memungkinkan aplikasi untuk melakukan operasi seperti mengambil, menyimpan, mengubah, dan menghapus data dalam database.

Eksekusi Pernyataan SQL: JDBC memungkinkan aplikasi untuk mengeksekusi pernyataan SQL (Structured Query Language) seperti SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, dan lain-lain untuk berinteraksi dengan data dalam database.

Penanganan Transaksi: JDBC mendukung manajemen transaksi, yaitu kumpulan operasi database yang harus dilakukan secara atomik (entah semuanya berhasil dilakukan atau tidak sama sekali). Ini memastikan konsistensi data dalam database.

Pengelolaan Penyimpanan Data: JDBC memungkinkan aplikasi untuk mengelola penyimpanan data melalui operasi seperti membuat, mengubah, dan menghapus tabel serta indeks dalam database.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tuliskan notasi sigma dari 2+3+4+5+6+7?

24

5.0

Jawaban terverifikasi