Anonim N

24 Maret 2024 12:04

Iklan

Iklan

Anonim N

24 Maret 2024 12:04

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan kontribusi Indonesia dalam perpolitikan dunia!


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rich. R

27 Maret 2024 08:16

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah beberapa kontribusi Indonesia :</p><p>1. Gerakan Non-Blok (GNB): Indonesia adalah salah satu dari lima negara pendiri GNB pada tahun 1961. Gerakan ini bertujuan untuk menjaga kemerdekaan dan kedaulatan negara-negara anggotanya di tengah ketegangan Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur. Indonesia, dengan prinsip "Bebas Aktif", memainkan peran penting dalam mempromosikan prinsip-prinsip GNB, yaitu non-intervensi, non-aliansi, dan non-agresi.</p><p>2. Diplomasi Multilateral: Indonesia aktif dalam berbagai forum diplomasi multilateral seperti ASEAN, APEC, G-20, dan lainnya. Melalui forum-forum ini, Indonesia berusaha mempromosikan kerjasama regional dan global serta menyelesaikan isu-isu global seperti perubahan iklim, terorisme, dan perdagangan.</p><p>3. Keanggotaan di PBB dan Organisasi Internasional Lainnya: Sebagai anggota PBB sejak tahun 1950, Indonesia telah berpartisipasi aktif dalam berbagai komite dan badan PBB. Selain itu, Indonesia juga menjadi anggota dari berbagai organisasi internasional lainnya seperti WHO, UNESCO, dan IMF.</p><p>4. Upaya Perdamaian: Indonesia telah berperan aktif dalam upaya perdamaian di berbagai konflik regional seperti di Kamboja, Vietnam, dan Filipina. Indonesia juga pernah menjadi mediator dalam konflik antara pemerintah Filipina dan gerakan separatis Moro.</p><p>5. Mediasi Konflik Internasional: Indonesia juga pernah menjadi mediator dalam beberapa konflik internasional seperti konflik antara India dan Pakistan di Kashmir dan konflik antara China dan Taiwan.</p>

Berikut adalah beberapa kontribusi Indonesia :

1. Gerakan Non-Blok (GNB): Indonesia adalah salah satu dari lima negara pendiri GNB pada tahun 1961. Gerakan ini bertujuan untuk menjaga kemerdekaan dan kedaulatan negara-negara anggotanya di tengah ketegangan Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur. Indonesia, dengan prinsip "Bebas Aktif", memainkan peran penting dalam mempromosikan prinsip-prinsip GNB, yaitu non-intervensi, non-aliansi, dan non-agresi.

2. Diplomasi Multilateral: Indonesia aktif dalam berbagai forum diplomasi multilateral seperti ASEAN, APEC, G-20, dan lainnya. Melalui forum-forum ini, Indonesia berusaha mempromosikan kerjasama regional dan global serta menyelesaikan isu-isu global seperti perubahan iklim, terorisme, dan perdagangan.

3. Keanggotaan di PBB dan Organisasi Internasional Lainnya: Sebagai anggota PBB sejak tahun 1950, Indonesia telah berpartisipasi aktif dalam berbagai komite dan badan PBB. Selain itu, Indonesia juga menjadi anggota dari berbagai organisasi internasional lainnya seperti WHO, UNESCO, dan IMF.

4. Upaya Perdamaian: Indonesia telah berperan aktif dalam upaya perdamaian di berbagai konflik regional seperti di Kamboja, Vietnam, dan Filipina. Indonesia juga pernah menjadi mediator dalam konflik antara pemerintah Filipina dan gerakan separatis Moro.

5. Mediasi Konflik Internasional: Indonesia juga pernah menjadi mediator dalam beberapa konflik internasional seperti konflik antara India dan Pakistan di Kashmir dan konflik antara China dan Taiwan.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Maret 2024 05:25

Jawaban terverifikasi

<p>Indonesia telah memberikan berbagai kontribusi penting dalam perpolitikan dunia sejak mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1945. Beberapa kontribusi utama Indonesia dalam perpolitikan dunia antara lain:</p><p><strong>Gerakan Non-Blok (Non-Aligned Movement):</strong> Indonesia merupakan salah satu pendiri Gerakan Non-Blok pada tahun 1955. Gerakan ini bertujuan untuk mempromosikan kemerdekaan, kedaulatan, dan netralitas negara-negara berkembang di tengah Perang Dingin antara blok Barat dan blok Komunis. Indonesia memainkan peran penting dalam memperkuat posisi Gerakan Non-Blok di panggung internasional.</p><p><strong>Perdamaian dan Konflik:</strong> Indonesia telah berperan sebagai mediator dalam berbagai konflik internasional, terutama di kawasan Asia Tenggara. Salah satu contoh signifikan adalah perannya dalam mengakhiri konflik di Kamboja pada tahun 1990-an. Indonesia juga telah terlibat dalam berbagai inisiatif perdamaian, baik di tingkat regional maupun global.</p><p><strong>Penyebaran Demokrasi:</strong> Indonesia, sebagai negara demokrasi terbesar di dunia dengan jumlah penduduk Muslim terbesar, telah berperan dalam mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia di tingkat internasional. Melalui partisipasi dalam forum-forum internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan ASEAN, Indonesia berusaha untuk memperjuangkan prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan sosial.</p><p><strong>Perlindungan Lingkungan:</strong> Indonesia memiliki peran penting dalam isu-isu lingkungan global, terutama terkait dengan keberlanjutan hutan tropis dan lahan gambut. Sebagai negara yang memiliki salah satu hutan tropis terbesar di dunia, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk memainkan peran dalam perlindungan lingkungan dan mitigasi perubahan iklim.</p><p><strong>Pemberantasan Terorisme:</strong> Indonesia telah aktif dalam upaya internasional untuk memerangi terorisme. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki peran penting dalam memerangi ekstremisme dan merintis dialog antaragama untuk mempromosikan perdamaian dan toleransi.</p>

Indonesia telah memberikan berbagai kontribusi penting dalam perpolitikan dunia sejak mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1945. Beberapa kontribusi utama Indonesia dalam perpolitikan dunia antara lain:

Gerakan Non-Blok (Non-Aligned Movement): Indonesia merupakan salah satu pendiri Gerakan Non-Blok pada tahun 1955. Gerakan ini bertujuan untuk mempromosikan kemerdekaan, kedaulatan, dan netralitas negara-negara berkembang di tengah Perang Dingin antara blok Barat dan blok Komunis. Indonesia memainkan peran penting dalam memperkuat posisi Gerakan Non-Blok di panggung internasional.

Perdamaian dan Konflik: Indonesia telah berperan sebagai mediator dalam berbagai konflik internasional, terutama di kawasan Asia Tenggara. Salah satu contoh signifikan adalah perannya dalam mengakhiri konflik di Kamboja pada tahun 1990-an. Indonesia juga telah terlibat dalam berbagai inisiatif perdamaian, baik di tingkat regional maupun global.

Penyebaran Demokrasi: Indonesia, sebagai negara demokrasi terbesar di dunia dengan jumlah penduduk Muslim terbesar, telah berperan dalam mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia di tingkat internasional. Melalui partisipasi dalam forum-forum internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan ASEAN, Indonesia berusaha untuk memperjuangkan prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan sosial.

Perlindungan Lingkungan: Indonesia memiliki peran penting dalam isu-isu lingkungan global, terutama terkait dengan keberlanjutan hutan tropis dan lahan gambut. Sebagai negara yang memiliki salah satu hutan tropis terbesar di dunia, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk memainkan peran dalam perlindungan lingkungan dan mitigasi perubahan iklim.

Pemberantasan Terorisme: Indonesia telah aktif dalam upaya internasional untuk memerangi terorisme. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki peran penting dalam memerangi ekstremisme dan merintis dialog antaragama untuk mempromosikan perdamaian dan toleransi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berikan penjelasan ya!

0

0.0

Jawaban terverifikasi