Rosyida L

09 Februari 2024 03:55

Iklan

Iklan

Rosyida L

09 Februari 2024 03:55

Pertanyaan

Sebutkan contoh murokkab yang memberikan faedah 10, dan contoh murokkab yang tidak memberikan faedah 10

Sebutkan contoh murokkab yang memberikan faedah 10, dan contoh murokkab yang tidak memberikan faedah 10


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 06:29

Jawaban terverifikasi

<p>"Murokkab" atau "murakkab" dalam bahasa Arab merujuk pada konstruksi atau frasa yang terdiri dari dua atau lebih kata. Untuk memberikan faedah atau makna yang sesuai dengan pertanyaan, kita bisa menggunakan beberapa contoh murokkab yang memiliki relevansi dengan nilai 10 dan murokkab yang tidak memiliki faedah 10.</p><p><strong>Contoh Murokkab yang Memberikan Faedah 10:</strong></p><ol><li><strong>العلم النافع</strong> (Al-'Ilmu An-Nafi'): Ilmu yang memberikan manfaat. Ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.</li><li><strong>الأمل الصادق</strong> (Al-Amalu As-Sadiq): Harapan yang tulus. Harapan yang didasarkan pada kejujuran dan ketulusan hati.</li><li><strong>العدل الإلهي</strong> (Al-'Adlu Al-Ilahi): Keadilan yang bersumber dari Allah. Prinsip keadilan yang berasal dari ketentuan Ilahi.</li><li><strong>التعلم المستمر</strong> (At-Ta'lim Al-Mustamir): Pembelajaran yang berkelanjutan. Proses belajar yang terus-menerus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.</li><li><strong>الإحسان إلى الآخرين</strong> (Al-Ihsan Ila Al-Akhirin): Berbuat baik kepada orang lain. Tindakan baik dan berbuat kebajikan kepada sesama.</li></ol><p>&nbsp;</p><p><strong>Contoh Murokkab yang Tidak Memberikan Faedah 10:</strong></p><ol><li><strong>الكلام الفارغ</strong> (Al-Kalam Al-Fariq): Pembicaraan yang tidak berarti. Berbicara atau berkomentar tanpa memberikan manfaat atau informasi yang berguna.</li><li><strong>التأخير المستمر</strong> (At-Ta'khir Al-Mustamir): Penundaan yang berkelanjutan. Kebiasaan menunda-nunda yang tidak membawa hasil atau perkembangan positif.</li><li><strong>الإنفاق الإسرافي</strong> (Al-Infâq Al-Isrâfî): Pengeluaran yang boros. Pengeluaran uang atau sumber daya secara berlebihan tanpa kebijakan atau kebutuhan yang jelas.</li><li><strong>الكسل الدائم</strong> (Al-Kasal Ad-Da'im): Kemalasan yang berkelanjutan. Kebiasaan malas yang tidak memberikan manfaat atau kemajuan.</li><li><strong>القراءة السطحية</strong> (Al-Qira'ah As-Suthiyah): Membaca secara dangkal. Membaca tanpa pemahaman yang mendalam atau tanpa menyerap isi yang bermanfaat.</li></ol>

"Murokkab" atau "murakkab" dalam bahasa Arab merujuk pada konstruksi atau frasa yang terdiri dari dua atau lebih kata. Untuk memberikan faedah atau makna yang sesuai dengan pertanyaan, kita bisa menggunakan beberapa contoh murokkab yang memiliki relevansi dengan nilai 10 dan murokkab yang tidak memiliki faedah 10.

Contoh Murokkab yang Memberikan Faedah 10:

  1. العلم النافع (Al-'Ilmu An-Nafi'): Ilmu yang memberikan manfaat. Ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
  2. الأمل الصادق (Al-Amalu As-Sadiq): Harapan yang tulus. Harapan yang didasarkan pada kejujuran dan ketulusan hati.
  3. العدل الإلهي (Al-'Adlu Al-Ilahi): Keadilan yang bersumber dari Allah. Prinsip keadilan yang berasal dari ketentuan Ilahi.
  4. التعلم المستمر (At-Ta'lim Al-Mustamir): Pembelajaran yang berkelanjutan. Proses belajar yang terus-menerus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
  5. الإحسان إلى الآخرين (Al-Ihsan Ila Al-Akhirin): Berbuat baik kepada orang lain. Tindakan baik dan berbuat kebajikan kepada sesama.

 

Contoh Murokkab yang Tidak Memberikan Faedah 10:

  1. الكلام الفارغ (Al-Kalam Al-Fariq): Pembicaraan yang tidak berarti. Berbicara atau berkomentar tanpa memberikan manfaat atau informasi yang berguna.
  2. التأخير المستمر (At-Ta'khir Al-Mustamir): Penundaan yang berkelanjutan. Kebiasaan menunda-nunda yang tidak membawa hasil atau perkembangan positif.
  3. الإنفاق الإسرافي (Al-Infâq Al-Isrâfî): Pengeluaran yang boros. Pengeluaran uang atau sumber daya secara berlebihan tanpa kebijakan atau kebutuhan yang jelas.
  4. الكسل الدائم (Al-Kasal Ad-Da'im): Kemalasan yang berkelanjutan. Kebiasaan malas yang tidak memberikan manfaat atau kemajuan.
  5. القراءة السطحية (Al-Qira'ah As-Suthiyah): Membaca secara dangkal. Membaca tanpa pemahaman yang mendalam atau tanpa menyerap isi yang bermanfaat.

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan Pancasila

4

5.0

Jawaban terverifikasi