Avita R

25 April 2024 04:44

Iklan

Iklan

Avita R

25 April 2024 04:44

Pertanyaan

Sebutkan bukti teori Gujarat dan kekuranganya


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

25 April 2024 06:27

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah beberapa bukti yang mendukung <strong>teori Gujarat</strong> mengenai masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke-13 M:</p><p><strong>Batu Nisan Sultan Samudera Pasai Malik As-Saleh dan Batu Nisan Syekh Maulana Malik Ibrahim</strong>:</p><ul><li>Terdapat kesamaan batu nisan di <strong>Cambay, Gujarat, India</strong> dengan batu nisan Sultan Malik As-Saleh di <strong>Pasai, Sumatera Utara</strong>, serta batu nisan Syekh Maulana Malik Ibrahim di <strong>Gresik</strong>. Hal ini menunjukkan hubungan antara Gujarat dan Sumatra yang telah terjalin cukup lama.</li><li><strong>Marcopolo</strong>, seorang pelaut dari Venesia, Italia, mencatat pada tahun 1292 bahwa saat singgah di <strong>Perlak</strong>, ia melihat penduduk setempat telah memeluk Islam dan pedagang Islam dari India juga menyebarkan ajaran tersebut.</li></ul><p><strong>Catatan Sejarah</strong>:</p><ul><li><strong>Pijnapel</strong>, seorang ilmuwan dari Universitas Leiden, Belanda, berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia karena dibawa oleh pedagang dari Gujarat sekitar abad ke-13 M.</li><li><strong>Snouck Hurgronje</strong>, ilmuwan Belanda lainnya, juga mendukung teori Gujarat. Ia menyatakan bahwa hubungan dagang antara Indonesia dan pedagang Gujarat telah terjadi lebih lama daripada hubungan dengan orang-orang Arab.</li></ul><p>Namun, perlu diingat bahwa teori Gujarat juga memiliki <strong>kekurangan</strong>, yaitu tidak mempertimbangkan pengaruh agama-agama lain seperti Hindu-Buddha dalam proses penyebaran Islam di Indonesia. Meskipun memiliki bukti yang mendukung, teori ini juga mendapatkan kritik dan sangkalan dari beberapa pihak.</p>

Berikut adalah beberapa bukti yang mendukung teori Gujarat mengenai masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke-13 M:

Batu Nisan Sultan Samudera Pasai Malik As-Saleh dan Batu Nisan Syekh Maulana Malik Ibrahim:

  • Terdapat kesamaan batu nisan di Cambay, Gujarat, India dengan batu nisan Sultan Malik As-Saleh di Pasai, Sumatera Utara, serta batu nisan Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik. Hal ini menunjukkan hubungan antara Gujarat dan Sumatra yang telah terjalin cukup lama.
  • Marcopolo, seorang pelaut dari Venesia, Italia, mencatat pada tahun 1292 bahwa saat singgah di Perlak, ia melihat penduduk setempat telah memeluk Islam dan pedagang Islam dari India juga menyebarkan ajaran tersebut.

Catatan Sejarah:

  • Pijnapel, seorang ilmuwan dari Universitas Leiden, Belanda, berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia karena dibawa oleh pedagang dari Gujarat sekitar abad ke-13 M.
  • Snouck Hurgronje, ilmuwan Belanda lainnya, juga mendukung teori Gujarat. Ia menyatakan bahwa hubungan dagang antara Indonesia dan pedagang Gujarat telah terjadi lebih lama daripada hubungan dengan orang-orang Arab.

Namun, perlu diingat bahwa teori Gujarat juga memiliki kekurangan, yaitu tidak mempertimbangkan pengaruh agama-agama lain seperti Hindu-Buddha dalam proses penyebaran Islam di Indonesia. Meskipun memiliki bukti yang mendukung, teori ini juga mendapatkan kritik dan sangkalan dari beberapa pihak.


Iklan

Iklan

Mercon M

Community

26 April 2024 15:38

Jawaban terverifikasi

Teori Gujarat adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa manusia modern pertama kali muncul di wilayah Gujarat, India. Namun, kekurangannya adalah kurangnya bukti arkeologis yang cukup kuat untuk mendukung klaim tersebut. Meskipun beberapa situs arkeologis telah ditemukan di Gujarat, bukti fosil manusia purba yang ditemukan di wilayah lain, terutama di Afrika, lebih banyak dan lebih lengkap. Oleh karena itu, kekurangan utama teori Gujarat adalah kurangnya dukungan bukti arkeologis yang kuat untuk mendukung klaim bahwa Gujarat adalah tempat asal-usul manusia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bagaimanakah keterkaitan antara perkembangan Islam di Nusantara dengan jaringan perdagangan regional dan internasional

2

4.0

Jawaban terverifikasi