Japan.UwU J

29 April 2024 03:09

Iklan

Iklan

Japan.UwU J

29 April 2024 03:09

Pertanyaan

sebutkan alat pencernaan makanan pada manusia tolong di jawab ya

sebutkan alat pencernaan makanan pada manusia tolong di jawab ya


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

29 April 2024 04:03

Jawaban terverifikasi

<p>Alat pencernaan makanan pada manusia meliputi:</p><ol><li>Mulut: Tempat dimulainya pencernaan mekanis dan kimiawi dengan bantuan air liur.</li><li>Kerongkongan (esophagus): Saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung, tempat makanan dihantarkan menuju lambung.</li><li>Lambung: Tempat terjadinya pencernaan kimiawi oleh asam lambung dan enzim-enzim pencernaan.</li><li>Usus halus: Terdiri dari tiga bagian, yaitu duodenum, jejunum, dan ileum, tempat terjadinya absorpsi nutrisi ke dalam darah.</li><li>Usus besar: Tempat terjadinya penyerapan air dan pembentukan tinja sebelum dikeluarkan dari tubuh.</li><li>Anus: Tempat keluarnya sisa-sisa pencernaan dari tubuh.</li></ol>

Alat pencernaan makanan pada manusia meliputi:

  1. Mulut: Tempat dimulainya pencernaan mekanis dan kimiawi dengan bantuan air liur.
  2. Kerongkongan (esophagus): Saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung, tempat makanan dihantarkan menuju lambung.
  3. Lambung: Tempat terjadinya pencernaan kimiawi oleh asam lambung dan enzim-enzim pencernaan.
  4. Usus halus: Terdiri dari tiga bagian, yaitu duodenum, jejunum, dan ileum, tempat terjadinya absorpsi nutrisi ke dalam darah.
  5. Usus besar: Tempat terjadinya penyerapan air dan pembentukan tinja sebelum dikeluarkan dari tubuh.
  6. Anus: Tempat keluarnya sisa-sisa pencernaan dari tubuh.

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

29 April 2024 07:55

Jawaban terverifikasi

<p>Alat pencernaan makanan pada manusia :</p><p>1. <strong>Mulut</strong></p><p>Di dalam mulut manusia tersusun atas gigi, lidah, air liur, dan kelenjar ludah, yang berfungsi menjalankan proses mekanik dan kimiawi dari makanan supaya bisa masuk ke pencernaan.</p><p>&nbsp;</p><p>2. <strong>Kerongkongan (esofagus)</strong></p><p>Kerongkongan adalah saluran penghubung antara mulut dan lambung. Di kerongkongan ini, semua minuman atau makanan yang sudah dikunyah akan melaju menuju lambung.</p><p>&nbsp;</p><p>3. <strong>Lambung (ventrikulus)</strong></p><p>Lambung adalah kantung yang terletak di rongga perut sebelah kiri. Lambung berfungsi memecah makanan agar berubah menjadi seperti bubur. Di dalam lambung, makanan akan bercampur dengan zat asam dan enzim.</p><p>&nbsp;</p><p>4. <strong>Usus halus</strong></p><p>Usus halus atau usus kecil adalah bagian terpanjang di saluran pencernaan manusia. Peran usus halus yaitu memecah sekaligus menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.</p><p>&nbsp;</p><p>Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerap (ileum).</p><p>&nbsp;</p><p>5. <strong>Usus besar (kolon)</strong></p><p>Usus besar mempunyai panjang sekitar 5-6 meter yang terdiri atas tiga bagian yaitu sekum, kolon, dan rektum.</p><p>&nbsp;</p><p>Sisa makanan yang tidak diserap di usus halus secara perlahan bergerak menuju usus besar dan menjadi feses. Usus ini adalah bagian terakhir atau ujung dari sistem pencernaan.</p><p>&nbsp;</p><p>6. <strong>Rektum</strong></p><p>Rektum atau disebut juga poros usus merupakan bagian akhir dari usus besar. Rektum menjadi penghubung antara usus besar dengan anus.</p><p>&nbsp;</p><p>Organ ini berguna untuk menampung feses dari usus besar, sampai tiba saatnya dikeluarkan tubuh lewat anus.</p><p>&nbsp;</p><p>7. <strong>Anus</strong></p><p>Anus adalah lubang tempat saluran pencernaan berakhir, yang menjadi jalan keluarnya feses dari dalam tubuh. Apabila feses telah siap dibuang, maka otot sfingter akan mengatur pembukaan dan penutupan anus.</p><p>&nbsp;</p>

Alat pencernaan makanan pada manusia :

1. Mulut

Di dalam mulut manusia tersusun atas gigi, lidah, air liur, dan kelenjar ludah, yang berfungsi menjalankan proses mekanik dan kimiawi dari makanan supaya bisa masuk ke pencernaan.

 

2. Kerongkongan (esofagus)

Kerongkongan adalah saluran penghubung antara mulut dan lambung. Di kerongkongan ini, semua minuman atau makanan yang sudah dikunyah akan melaju menuju lambung.

 

3. Lambung (ventrikulus)

Lambung adalah kantung yang terletak di rongga perut sebelah kiri. Lambung berfungsi memecah makanan agar berubah menjadi seperti bubur. Di dalam lambung, makanan akan bercampur dengan zat asam dan enzim.

 

4. Usus halus

Usus halus atau usus kecil adalah bagian terpanjang di saluran pencernaan manusia. Peran usus halus yaitu memecah sekaligus menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

 

Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerap (ileum).

 

5. Usus besar (kolon)

Usus besar mempunyai panjang sekitar 5-6 meter yang terdiri atas tiga bagian yaitu sekum, kolon, dan rektum.

 

Sisa makanan yang tidak diserap di usus halus secara perlahan bergerak menuju usus besar dan menjadi feses. Usus ini adalah bagian terakhir atau ujung dari sistem pencernaan.

 

6. Rektum

Rektum atau disebut juga poros usus merupakan bagian akhir dari usus besar. Rektum menjadi penghubung antara usus besar dengan anus.

 

Organ ini berguna untuk menampung feses dari usus besar, sampai tiba saatnya dikeluarkan tubuh lewat anus.

 

7. Anus

Anus adalah lubang tempat saluran pencernaan berakhir, yang menjadi jalan keluarnya feses dari dalam tubuh. Apabila feses telah siap dibuang, maka otot sfingter akan mengatur pembukaan dan penutupan anus.

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jawaban no 3 apa ya.. tolong jawaban nya nanti dapat 100 gold di ruang guru

5

5.0

Jawaban terverifikasi