Silvina R

26 April 2024 02:13

Iklan

Iklan

Silvina R

26 April 2024 02:13

Pertanyaan

Sebutkan 3 komponen ekosistem beserta contohnya tolong di jawab ya Yang bisa jawab dapet 100 gold

Sebutkan 3 komponen ekosistem beserta contohnya tolong di jawab ya 

Yang bisa jawab dapet 100 gold


14

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Cassey C

26 April 2024 04:19

Jawaban terverifikasi

<p>3 Komponen Ekosistem, diantaranya :<br><br>1. <strong>Komponen Abiotik</strong> yang merupakan elemen non-hidup dalam ekosistem yang memengaruhi kehidupan organisme. Contohnya :<br>a. <strong>Tanah</strong> : Memberikan tempat tumbuh bagi tanaman dan menyediakan habitat bagi organisme tanah.<br>b. <strong>Air</strong> : Penting untuk kehidupan semua organisme; digunakan untuk minum, pertumbuhan tanaman, dan habitat bagi makhluk hidup air.<br>c. <strong>Udara</strong> : Mengandung oksigen yang diperlukan untuk respirasi dan karbon dioksida yang digunakan oleh tumbuhan untuk fotosintesis.<br>d. <strong>Suhu</strong> : Pengatur suhu memengaruhi aktivitas metabolisme organisme dalam ekosistem.<br>e. <strong>Sinar matahari</strong> : Energi dari matahari yang penting untuk fotosintesis dan pengaturan iklim.<br><br>2. <strong>Komponen Biotik</strong> yang merupakan organisme hidup dalam ekosistem. Mereka bisa berinteraksi dengan satu sama lain dan dengan lingkungan mereka. Contohnya :<br>a. <strong>Hewan</strong> : Seperti burung, mamalia, serangga, dan ikan.<br>b. <strong>Tumbuhan</strong> : Seperti pohon, rumput, semak, dan tanaman berbunga.<br>c. <strong>Mikroorganisme</strong> : Seperti bakteri, fungi, dan alga.<br><br>3. <strong>Komponen Antropogenik (Manusia)</strong> yang merupakan elemen yang berasal dari aktivitas manusia yang memengaruhi ekosistem. Contohnya :<br>a. <strong>Pertanian</strong> : Penggunaan lahan untuk pertanian, penggunaan pupuk, dan pestisida dapat memengaruhi kualitas tanah dan air.<br>b. <strong>Perkotaan</strong> : Pembangunan kota, industri, dan infrastruktur mempengaruhi pola aliran air, kualitas udara, dan keanekaragaman hayati.<br>c. <strong>Limbah industri</strong> : Pencemaran air dan udara oleh limbah industri dapat merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem.</p>

3 Komponen Ekosistem, diantaranya :

1. Komponen Abiotik yang merupakan elemen non-hidup dalam ekosistem yang memengaruhi kehidupan organisme. Contohnya :
a. Tanah : Memberikan tempat tumbuh bagi tanaman dan menyediakan habitat bagi organisme tanah.
b. Air : Penting untuk kehidupan semua organisme; digunakan untuk minum, pertumbuhan tanaman, dan habitat bagi makhluk hidup air.
c. Udara : Mengandung oksigen yang diperlukan untuk respirasi dan karbon dioksida yang digunakan oleh tumbuhan untuk fotosintesis.
d. Suhu : Pengatur suhu memengaruhi aktivitas metabolisme organisme dalam ekosistem.
e. Sinar matahari : Energi dari matahari yang penting untuk fotosintesis dan pengaturan iklim.

2. Komponen Biotik yang merupakan organisme hidup dalam ekosistem. Mereka bisa berinteraksi dengan satu sama lain dan dengan lingkungan mereka. Contohnya :
a. Hewan : Seperti burung, mamalia, serangga, dan ikan.
b. Tumbuhan : Seperti pohon, rumput, semak, dan tanaman berbunga.
c. Mikroorganisme : Seperti bakteri, fungi, dan alga.

3. Komponen Antropogenik (Manusia) yang merupakan elemen yang berasal dari aktivitas manusia yang memengaruhi ekosistem. Contohnya :
a. Pertanian : Penggunaan lahan untuk pertanian, penggunaan pupuk, dan pestisida dapat memengaruhi kualitas tanah dan air.
b. Perkotaan : Pembangunan kota, industri, dan infrastruktur mempengaruhi pola aliran air, kualitas udara, dan keanekaragaman hayati.
c. Limbah industri : Pencemaran air dan udara oleh limbah industri dapat merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem.


Silvina R

29 April 2024 01:03

makasih ya

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 02:59

<p>berikut adalah 3 komponen ekosistem beserta contohnya:</p><p>Produsen: Produsen adalah organisme yang mampu membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis atau kemosintesis. Contohnya adalah tumbuhan hijau seperti pohon, rumput, ganggang, dan tumbuhan lainnya.</p><p>Konsumen: Konsumen adalah organisme yang memperoleh energi dengan memakan organisme lain. Contohnya adalah hewan pemakan tumbuhan (herbivora) seperti kambing yang memakan rumput, hewan pemakan daging (karnivora) seperti singa yang memakan daging hewan lain, dan hewan pemakan segala (omnivora) seperti manusia yang memakan berbagai jenis makanan.</p><p>Pengurai: Pengurai adalah organisme yang memecah materi organik menjadi senyawa sederhana yang dapat digunakan kembali oleh produsen. Contohnya adalah bakteri dan jamur yang membantu dalam proses dekomposisi bahan organik seperti daun mati, bangkai hewan, atau sisa-sisa tumbuhan menjadi bahan organik yang lebih sederhana.</p>

berikut adalah 3 komponen ekosistem beserta contohnya:

Produsen: Produsen adalah organisme yang mampu membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis atau kemosintesis. Contohnya adalah tumbuhan hijau seperti pohon, rumput, ganggang, dan tumbuhan lainnya.

Konsumen: Konsumen adalah organisme yang memperoleh energi dengan memakan organisme lain. Contohnya adalah hewan pemakan tumbuhan (herbivora) seperti kambing yang memakan rumput, hewan pemakan daging (karnivora) seperti singa yang memakan daging hewan lain, dan hewan pemakan segala (omnivora) seperti manusia yang memakan berbagai jenis makanan.

Pengurai: Pengurai adalah organisme yang memecah materi organik menjadi senyawa sederhana yang dapat digunakan kembali oleh produsen. Contohnya adalah bakteri dan jamur yang membantu dalam proses dekomposisi bahan organik seperti daun mati, bangkai hewan, atau sisa-sisa tumbuhan menjadi bahan organik yang lebih sederhana.


Silvina R

29 April 2024 01:03

oke makasih

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tolong bantu jwb ya kak

6

0.0

Jawaban terverifikasi