Arsya A

17 Februari 2024 23:10

Arsya A

17 Februari 2024 23:10

Pertanyaan

Sebuah lingkaran dengan jari jari 1 cm di buat dalam sebuah segitiga ABC seperti pada gambar. Berapakah luas daerah berarsir jika diketahui segitiga ABC adalah segitiga sama sisi?

Sebuah lingkaran dengan jari jari 1 cm di buat dalam sebuah segitiga ABC seperti pada gambar. Berapakah luas daerah berarsir jika diketahui segitiga ABC adalah segitiga sama sisi?

alt

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

00

:

40

:

21

Klaim

12

1


I G

Community

18 Februari 2024 07:40

【Jawaban】: A 【Penjelasan】: Luas daerah berarsir adalah luas segitiga sama sisi ABC dikurangi luas lingkaran dengan jari-jari 1 cm. Luas segitiga sama sisi dengan panjang sisi a adalah $\frac{\sqrt{3}}{4}a^2$. Jika panjang sisi segitiga adalah 2 cm (karena jari-jari lingkaran adalah 1 cm), maka luas segitiga adalah $\frac{\sqrt{3}}{4}*(2^2) = \sqrt{3}$ cm persegi. Luas lingkaran dengan jari-jari r adalah $\pi r^2$, jadi luas lingkaran dengan jari-jari 1 cm adalah $\pi$ cm persegi. Jadi, luas daerah berarsir adalah $\sqrt{3} - \pi$, yang sesuai dengan pilihan A. Semoga membantu .


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Laporan Hasil Observasi Kunang-Kunang Kunang-kunang merupakan serangga kecil dan cantik yang mampu mengeluarkan cahaya dalam gelap. Namun, saat ini kunang-kunang makin jarang ditemui. Kunang-kunang berada dalam status hewan yang terancam punah. Kerusakan habitat, penggunaan pestisida, dan cahaya buatan menjadi ancaman serius bagi kunang-kunang. Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae dan merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera. Lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia. Spesies ini banyak ditemukan di rawa atau hutan basah yang menyediakan banyak makanan untuk larvanya. Kunang-kunang memancarkan sinar untuk saling mengenali dan menarik lawan jenis. Selain itu, kunang-kunang menggunakan cahayanya untuk memburu mangsa. Cahaya kunang-kunang juga berperan sebagai tanda peringatan bahwa mereka sedang berada dalam ancaman bahaya. Kunang-kunang merupakan serangga unik. Sayangnya keberadaan kunang-kunang saat ini mulai langka. Kita dapat melakukan aksi untuk mencegah kunang-kunang punah. Dengan demikian, cahaya kunang-kunang dapat terus kita saksikan. Cahaya pada kunang-kunang tidak hanya memberikan kesan cantik, tetapi juga memiliki fungsi lainnya. Pertanyaan: 1. Tentukan fakta dalam laporan hasil observasi tersebut! 2. Tentukan kata ilmiah atau istilah dalam laporan hasil observasi tersebut beserta maknanya!

266

5.0

Jawaban terverifikasi