Danys C

31 Mei 2024 06:36

Iklan

Danys C

31 Mei 2024 06:36

Pertanyaan

salah satu sifat elektron sebagai partikel subatom adalah

salah satu sifat elektron sebagai partikel subatom adalah

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

16

:

36

:

43

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Navniaaa N

31 Mei 2024 07:26

Jawaban terverifikasi

<p>Elektron adalah partikel subatom bermuatan negatif dan sering ditulis sebagai e-. Elektron tidak memiliki komponen atau sub struktur dasar yang diketahui, sehingga dikatakan sebagai partikel elementer. Sebuah elektron memiliki massa 1/1836 proton. Momentum sudut intrinsik (spin) elektron adalah setengah dari nilai bilangan bulat dalam satuan, yang berarti itu adalah fermion.</p><p>&nbsp; &nbsp;Antipartikel elektron disebut positron, yang seperti elektron, tetapi memiliki muatan positif. Ketika sebuah elektron bertabrakan dengan positron, keduanya dapat menyebar atau dimusnahkan sepenuhnya, menciptakan sepasang (atau lebih) foton gamma.</p><p>Sejarah elektron_</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp;Orang Yunani kuno memperhatikan bahwa amber dapat menarik benda-benda kecil ketika digosok dengan bulu binatang. Selain petir, fenomena ini merupakan salah satu catatan tere awal manusia mengenai listrik. Dalam karya tahun 1600-nya De Magnete, fisikawan Inggris William Gilbert menciptakan istilah baru electricus untuk merujuk pada sifat penarikan benda-benda kecil setelah digosok. Bahasa Inggris untuk kata electric diturunkan dari bahasa Latin ēlectrum, yang berasal dari bahasa Yunani ήλεκτρον (ēlektron) untuk batu ambar.</p><p>Penemu dan Pengembang Elektron_</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; Penemu elektron dikenal banyak orang sebagai Joseph John Thomson, juga dikenal sebagai J.J Thomson. Namun berdasarkan beberapa catatan sejarah, J.J. Thomson melanjutkan eksperimen William Crookes. Setelah dikembangkan oleh J.J Thomson, penemuan elektron terus dikembangkan. Jika dipilah, ada beberapa penemu yang berperan dalam perkembangan elektron antara lain:</p>

Elektron adalah partikel subatom bermuatan negatif dan sering ditulis sebagai e-. Elektron tidak memiliki komponen atau sub struktur dasar yang diketahui, sehingga dikatakan sebagai partikel elementer. Sebuah elektron memiliki massa 1/1836 proton. Momentum sudut intrinsik (spin) elektron adalah setengah dari nilai bilangan bulat dalam satuan, yang berarti itu adalah fermion.

   Antipartikel elektron disebut positron, yang seperti elektron, tetapi memiliki muatan positif. Ketika sebuah elektron bertabrakan dengan positron, keduanya dapat menyebar atau dimusnahkan sepenuhnya, menciptakan sepasang (atau lebih) foton gamma.

Sejarah elektron_

     Orang Yunani kuno memperhatikan bahwa amber dapat menarik benda-benda kecil ketika digosok dengan bulu binatang. Selain petir, fenomena ini merupakan salah satu catatan tere awal manusia mengenai listrik. Dalam karya tahun 1600-nya De Magnete, fisikawan Inggris William Gilbert menciptakan istilah baru electricus untuk merujuk pada sifat penarikan benda-benda kecil setelah digosok. Bahasa Inggris untuk kata electric diturunkan dari bahasa Latin ēlectrum, yang berasal dari bahasa Yunani ήλεκτρον (ēlektron) untuk batu ambar.

Penemu dan Pengembang Elektron_

      Penemu elektron dikenal banyak orang sebagai Joseph John Thomson, juga dikenal sebagai J.J Thomson. Namun berdasarkan beberapa catatan sejarah, J.J. Thomson melanjutkan eksperimen William Crookes. Setelah dikembangkan oleh J.J Thomson, penemuan elektron terus dikembangkan. Jika dipilah, ada beberapa penemu yang berperan dalam perkembangan elektron antara lain:


Iklan

Karanina K

31 Mei 2024 07:45

Jawaban terverifikasi

<p>Elektron bermuatan negatif. Elektron ditemukan oleh Thomson berdasarkan hasil penelitian menggunakan tabung sinar katode. Penemuan elektron oleh Thomson tersebut menyebabkan para ahli berpikir bahwa atom masih tersusun oleh partikel subatom yang lebih kecil ukurannya.</p><p>Sifat-sifat elektron sebagai sub atom antara lain:</p><p>- Masanya nyaris nol</p><p>- Partikel atomik bermuatan negatif</p><p>- Merupakan partikel elementer</p><p>- Ditemukan salam orbital atom elektron</p><p>- Spin</p><p>&nbsp;</p>

Elektron bermuatan negatif. Elektron ditemukan oleh Thomson berdasarkan hasil penelitian menggunakan tabung sinar katode. Penemuan elektron oleh Thomson tersebut menyebabkan para ahli berpikir bahwa atom masih tersusun oleh partikel subatom yang lebih kecil ukurannya.

Sifat-sifat elektron sebagai sub atom antara lain:

- Masanya nyaris nol

- Partikel atomik bermuatan negatif

- Merupakan partikel elementer

- Ditemukan salam orbital atom elektron

- Spin

 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan