Vera R

25 Maret 2024 02:36

Iklan

Iklan

Vera R

25 Maret 2024 02:36

Pertanyaan

Salah satu cara mengatasi konflik adalah menjamin pelaksanaan hak warga negara. Jelaskan contoh hak warga negara yang diatur dlm UUD 1945.


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Maret 2024 06:04

Jawaban terverifikasi

<p>UUD 1945 merupakan konstitusi Indonesia yang mengatur berbagai hak warga negara. Salah satu contoh hak warga negara yang diatur dalam UUD 1945 adalah hak atas pendidikan.</p><p>Pendidikan diatur dalam Pasal 31 ayat (1) dan (2) UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan. Pemerintah wajib menyelenggarakan pendidikan dan mengatur sistem pendidikan nasional yang memungkinkan setiap warga negara mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan.</p><p>Penjelasan lebih lanjut, hak atas pendidikan ini mencakup beberapa hal, antara lain:</p><p><strong>Hak atas akses pendidikan</strong>: Setiap warga negara berhak mendapatkan akses yang sama terhadap pendidikan, tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi, jenis kelamin, atau aspek lainnya.</p><p><strong>Hak atas pendidikan yang berkualitas</strong>: Pemerintah diamanatkan untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan berkualitas, sehingga setiap warga negara memiliki kesempatan yang setara untuk mengembangkan potensinya.</p><p><strong>Hak atas pendidikan gratis</strong>: Meskipun tidak secara eksplisit disebutkan dalam UUD 1945, prinsip pendidikan gratis diatur dalam berbagai regulasi dan kebijakan pemerintah, sehingga pendidikan dasar dan menengah di Indonesia biasanya diselenggarakan secara gratis atau dengan biaya yang terjangkau oleh semua warga negara.</p>

UUD 1945 merupakan konstitusi Indonesia yang mengatur berbagai hak warga negara. Salah satu contoh hak warga negara yang diatur dalam UUD 1945 adalah hak atas pendidikan.

Pendidikan diatur dalam Pasal 31 ayat (1) dan (2) UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan. Pemerintah wajib menyelenggarakan pendidikan dan mengatur sistem pendidikan nasional yang memungkinkan setiap warga negara mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan.

Penjelasan lebih lanjut, hak atas pendidikan ini mencakup beberapa hal, antara lain:

Hak atas akses pendidikan: Setiap warga negara berhak mendapatkan akses yang sama terhadap pendidikan, tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi, jenis kelamin, atau aspek lainnya.

Hak atas pendidikan yang berkualitas: Pemerintah diamanatkan untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan berkualitas, sehingga setiap warga negara memiliki kesempatan yang setara untuk mengembangkan potensinya.

Hak atas pendidikan gratis: Meskipun tidak secara eksplisit disebutkan dalam UUD 1945, prinsip pendidikan gratis diatur dalam berbagai regulasi dan kebijakan pemerintah, sehingga pendidikan dasar dan menengah di Indonesia biasanya diselenggarakan secara gratis atau dengan biaya yang terjangkau oleh semua warga negara.


Iklan

Iklan

Seo H

27 Maret 2024 12:18

Jawaban terverifikasi

Terdapat beberapa hak warga negara yang diatur dalam UUD 1945, di antaranya adalah: 𝟭. Hak atas kebebasan berserikat dan berkumpul secara damai. 𝟮. Hak atas kebebasan berpendapat dan menyatakan pendapat. 𝟯. Hak atas kebebasan beragama dan beribadah. 𝟰. Hak atas perlindungan hukum dan keadilan yang sama di depan hukum. 𝟱. Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. 𝟲. Hak atas pendidikan yang bermutu dan terjangkau. 𝟳. Hak atas kesehatan dan lingkungan yang sehat dan layak. 𝟴. Hak atas keamanan dan perlindungan dari ancaman kejahatan dan terorisme.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pelanggaran hak warga negara bidang pendidikan, hukum, politik, dan ekonomi

11

0.0

Jawaban terverifikasi