Chena R

04 Mei 2024 09:37

Iklan

Chena R

04 Mei 2024 09:37

Pertanyaan

Reaksi kesetimbangan gas SO3 , NO, SO2 dan NO2 dalam wadah tertutup adalah sebagai berikut. SO3(g) + NO(g) ⇌ SO2 (g) + NO2(g) Pada temperature tertentu, dalam keadaan kesetimbangan tekanan parsial gas SO3 dan NO masing-masing adalah I atm, sedangan tekanan parsial gas 502 dan N02 masing-masing adalah 2 atm. Kesetimbangan tersebut ... (A) Tidak bergeser jika tekanan parsial 502 dan NO masing-masing dikurangi 0,5 atm. (B) Bergeser ke kananjika tekanan parsial 502 dan NO masing-masing dikurangi 0,5 atm (C) Bergeser ke kirijika tekanan parsial 502 dan NO masing-masing dikurangi 0,5 atm (D) Bergeser ke kirijika tekanan parsial 502 dan NO masing-masing ditambah 0,5 atm (E) Tidak bergeser jika tekanan parsial 502 dan NO masing-masing ditambah 0,5 atm.

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

11

:

24

:

35

Klaim

0

0


Empty Comment

Belum ada jawaban 🤔

Ayo, jadi yang pertama menjawab pertanyaan ini!

Mau jawaban yang cepat dan pasti benar?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Temukan jawabannya dari Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Seorang anak memasukkan es 100 gram es dari suhu -5 ⁰C ke dalam 50 gram air pada suhu 30 ⁰C. Jika kalor jenis es 0,5 kal/ g. ⁰C, kalor lebur es 80 kal/g, kalor jenis air 1 kal/ g. ⁰C dan kalor, pernyataan berikut yang benar adalah…. A. Sebagian es melebur dan suhu kesetimbangan 0 ⁰C B. Air akan membeku dan suhu kesetimbangan 0 ⁰C C. Seluruh es melebur dan suhu kesetimbangan 0 ⁰C D. Seluruh es melebur dan suhu kesetimbangan di atas o ⁰C E. Sebagian es melebur dan kesetimbangan di bawah ⁰C

2

0.0

Jawaban terverifikasi

HOS Cokroaminoto, Yang Guru Bangsa Haji Tjokroaminoto adalah anak kedua dari 12 bersaudara dari ayah barname RM Tjokroamiseno, salah seorang pejabat pemerintahan pada saat itu. Kakaknya, RM. Adipati Tjokronegoro, pernah juga menjabat sebagai Bupati Ponorogo Tjokro lahir di Tegalsari, Ponorogo, Jawa Timur, pada tanggal 16 Agustus 1882. Awalnya kehidupan Tjokro terbilang biasa-basa saja. Semasa kecil ia dikenal sebagai anak yang nakal dan suka berkelahi. Setelah beberapa kali berpindah sekolah, akhirnya ia berhasil menyelesaikan sekolahnya di osvia (sekolah calon pegawai pervarintah atau pamong praja di Magelang pada tahun 1902. Setelah menamatkan osvia, Tjokro bekerja sebagai seorang juru tulis di Ngawi, Jawa Timur Tiga tahun kemudian ia bekerja di perusahaan dagang di Surajaya. Keindahannya ke Surajaya membawanya terjun ke dunia politik. Di kota pahlawan itu Tjokro kemudian bergabung dalam Sarekat Dagang Islam (sdi pimpinan H. Samanhudi, la menyarankan agar SDI diubah menjadi partai politik. SDI kemudian resmi diubah menjadi Sarekat Islam (50) dan Tjokro menjadi Ketua SI pada tanggal 10 Sepetember 1912. Tjokroaminoto dipercaya untuk memangiku jabatan ketua setelah sebelumnya menjabat sebagai komisaris Sl. Di bawah kepemimpinannya, Sl mengalami kemajuan pesat dan berkembang menjadi partai massa sehingga menimbulkan kekhawatiran pemerintah Belanda. Pemerintah Hindia Belanda berupaya menghalangi St yang termasuk organisasi Islam terbesar pa anak tu. Pemerintah kolonial sangat membatasi kekuasaan pengurus pusat Si agar mudah di dipengaruhi pangreh praja setempat. Situasi itu menjadikan Sl menghadapi kesenjangan antara p dan daerah yang menyebabkan kesulitan dalam mobilisasi para anggotanya. G 57 tahap Thidangka ke by Iharaar magedi inspire smu generasi muda Pada periode tahun 1912-1916, Tjokroaminoto dan para pemimpin Si lainnya sedikit bersikap moderat terhadap pamarntah Belancia. Mereka memperjuangkan penegakan hak-hak manusia sewa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Tapi sejak tahun 1916, menghadapi pembentukan Dewan Rakyat 8. sana m jadi hangat. Dalam kongres kongres 51, Tjokroaminoto mulai melancarkan ide pembentukan kation (bangsa) dan pemerintahan sendiri. Sebagai reaksi terhadap seni Novembar (November beloftemt, Gubernur Jenderal dan Limburgh Stanum, Tjokroaminoto selaku wakil SI delam Volksraad bersama sastrawan, aktivis, jurnalis Adul Kuis, Cipto Mangunkusumo mengajukan mosi yang kemudian dikenal dengan Mosi Tjokroaminoto pada tanggal 25 November 1918. Mereka menuntut Pertama, pembentukan Dewan Negara di mana penduduk semua wakil dari kerajaan. Kedua, pertanggungjawaban departemen/pemerintah Hindia Belanda terhadap perwakilan rakyat. Tiga, pertanggungjawaban terhadap perwakilan rakyat. Keempat, reformasi pemerintahan dan desentralisasi. Intinya, mereka menuntut pemerintah Belanda membentuk parlemen yang anggotama dipilih dari rakyat dan oleh rakyat Pemerintah sendiri dituntut bertanggung jawab pada parlemen Namun, oleh Ketua Parlemen Belanda, tuntutan tersebut dianggap hanya fantasi belaka. Selanjutnya, pada kongres gas ona SI di Yogyakata tanggal 2-6 Maret 1921, SI pimpinan Tjokro . memberikan reaksi atas sikap pemerintah Belanda tersebut dengan merumuskan tujuan perjuangan politik Sl sebagai, Untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan Belanda. Selama hidupnya, Tjokroaminoto merupakan sosok yang berpengaruh besar terhadap tokoh-tokoh muda pergerakan nasional saat itu. Keahliannya berpidato ia gunakan untuk mengecam kesewenang wenangan pemerintah Belanda. Semasa perjuangannya, dia misalnya mengecam perampasan tanah oleh Belanda untuk dijadikan perkebunan milik Belanda. la juga mendesak Sumatera Landsyndicaat supaya mengembalikan tanah rakyat di Gunung Seminung (tepi Danau Danau, Sumatera Selatan). Nasib para dokter pribumi juga turut diperjuangkannya dengan menuntut kesetaraan kedudukan antara dokter Indonesia dengan dokter Belanda. Pada tahun 1920, Tjokro dijebloskan ke penjara dengan tuduhan marghasut dan mempersiapkan pemberontakan untuk menggulingkan pemerintah Belanda. Pada Apris 1922, setelah tujuh bulan meringkuk di penjara, ia kemudian dibebaskan. cokroaminoto kemudian diminta kembali untuk duduk am Volksraad, namun permintaan itu ditolaknya kerena ia sudah tak mau lagi bekerja sama dengan pemerintah Belanda Sebagai tokoh masyarakat, pemerintah koloria menjulukinya sebagai de Ongekroonde Kuning dan Jasa (Raja Jawa yang tidak bermahkota atau tidak dinobatkan). Pengaruh Tjokro yang Luas menjadikannya sebagai tokoh panutan masyarakat. Karena alasan itu pula maka R.M. Soekemi Sesrodihardjo mengirimkan anaknya Soekamo untuk pendidikan dengan in de kost di rumahnya. Selain menjadi politikus, Tjokroaminoto aktif menulis karangan di majalah dan surat kabar. Salah satu karyanya ialah buku yang berjudul Islam dan Nasionalisme. Tjokroaminoto menghembuskan napasnya yang terakhir pada tanggal 17 Desember 1934 di Yogyakata pada usia 51 tahun. Atas jasa-jasanya kepada negara, Haji Gemar Siad Cokroaminoto dianugerahkan gelar pahlawan Kemerdekaan Nasional berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No.590 Tahun 1961, tanggal 9 Nopember 1961. 1. carilah gagasan penjelas dari teks diatas 2. carilah keteladanan atau hikmah dari teks diatas

3

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Bacalah kedua teks di bawah ini dengan cermat! Teks 1 Hubungan Sosial Novel 'Laskar Pelangi' dan Kehidupan Nyata Banyak pembaca novel yang biasanya mempertanyakan antara hubungan cerita yang dikisahkan dalam novel dengan kehidupan nyata pengarangnya, seperti halnya hubungan sosial novel Laskar Pelangi dan kehidupan nyata yang terdapat di dalamnya dengan kehidupan sang pengarang, Andrea Hirata. Hubungan sosial sebuah karya sastra tentu akan sangat berkaitan erat dengan kenyataan sosial pengarangnya. Hal ini disebabkan oleh sifat karya sastra yang mimetik, yaitu menyerupai atau bahkan cerminan dari kehidupan nyata manusia, baik itu pengarang maupun lingkungan sosial yang tertangkap oleh pengarang itu sendiri. Berdasarkan beberapa informasi yang didapat, cerita dalam novel tersebut memang merupakan representasi dari kehidupan nyata sang pengarang sehingga tidak heran jika ia bisa secara jelas dan detail memaparkan naskahnya secara deskriptif dan inspiratif. Namun, jika Anda tidak pernah mengalami hal tersebut sebelumnya, bukan berarti Anda tidak memiliki kemampuan dan motivasi yang sama untuk memperjuangkan cita-cita yang ingin Anda raih. Bahkan Anda bisa lebih hebat dari anak-anak yang terdapat di dalam kisah tersebut. Motivasi yang dimunculkan dalam kisah tersebut tentu bukan hanya untuk siswa yang tidak mendapatkan fasilitas belajar yang tidak memadai, tapi juga untuk seluruh anak yang memiliki kemauan untuk bekerja keras menghadapi tantangan dan rintangan demi mencapai masa depan yang cerah. (Disarikan dari: www.bimbingan.org) Teks 2 Perjuangan Anak lanah Belitung Judul : Laskar Pelangi Penulis : Andrea Hirata Penerbit : Bentang Pustaka Tahun terbit : Cetakan ke-2 September 2011 Halaman : 534 halaman Novel ini karya pertama Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka, cetakan pertamanya dicetak pada tahun 2005 di Yogyakarta. Novel setebal 534 halaman ini sempat mengalami penambahan halaman dari 529 menjadi 534 halaman, dan novel Laskar Pelangi ini sering digunakan untuk bahan pidato pengukuhan guru besar, tesis, desertasi, hadiah ulang tahun, bahkan menjadi mas kawin mendampingi Al-qur'an. Tidak heran jika novel tersebut dapat mencapai mega best seller di Indonesia dan bahkan mencapai best seller di Malaysia. Hal itu termasuk sangat luar biasa, karena ditulis dari seorang yang tidak berasal dari lingkungan sastra ditambah lagi novel tersebut sama sekali tidak sejalan dengan trend pasar yang ada pada saat itu. Novel ini bercerita tentang semangat juang dari 11 anak kampung Belitung untuk mengubah nasib mereka melalui sekolah. Sebagian besar orang tua mereka lebih senang melihat anak-anaknya bekerja membantu orang tua dari pada belajar di sekolah. Suramnya pendidikan di desa itu tergambar jelas ketika SD Muhammadiyah terancam tutup jika murid baru sekolah itu tidak mencapai 10 orang, namun kesebelas anak itulah yang telah menyelamatkan masa depan pendidikan di desa itu yang hampir redup karena faktor ekonomi rakyatnya. Anak-anak Laskar Pelangi itu hidup dalam kebahagiaan masa kecil dan menyimpan mimpi masing-masing untuk masa mendatang. Namun, duabelas tahun kemudian, Ikal menyaksikan perubahan nasib teman-temannya yang sungguh di luar dugaan. Anak-anak Laskar Pelangi itu punya cita-cita setinggi langit, namun nasib jualah yang menentukan kehidupan mereka selanjutnya. Mereka harus tunduk oleh nasib yang semestinya bisa diupayakan oleh pemerintah yang punya amanah dan kuasa untuk memajukan pendidikan. Hal yang menarik dari cerita ini adalah hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca karena dalam penceritaan isi novel tidak berbelit-belit, kita dapat mengetahui perjuangan hidup dalam kemiskinan yang membelit. Selain itu, novel ini juga memiliki kelemahan dari segi penggunaan nama-nama ilmiah dalam cerita-ceritanya. Hal ini membuat pembaca kurang nyaman dalam membaca, apalagi glosarium terletak di bagian akhir. Meskipun demikian, novel ini tetap memikat dan penuh dengan motivasi. Novel ini dapat menjadi motivasi bagi siapa saja, khususnya para pelajar karena novel ini mengisahkan perjuangan yang begitu berat yang dialami oleh para tokohnya untu k bersekolah dan menuntut ilmu agar menjadi orang besar dan berguna nantinya. Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik. (Sumber: zul10ilham.blogspot.com, dengan pengubahan) Berdasarkan isi, manakah dari kedua teks di atas yang termasuk teks eksposisi?

3

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kedua teks anekdot berikut. Teks 1 Pilkades akan diselenggarakan besok pagi. Semua warga sepertinya sudah menentukan pilihan masing-masing. Pagi-pagi, seperti biasanya, ibu-ibu belanja di tukang sayur keliling. "Wah, serangan fajar, nih!" celetuk Bu Titik yang tidak sengaja melihat tukang sayur itu memasukkan bungkusan ke kresek-kresek belanjaan. "Ah, ibu ini bisa aja. lni hanya bonus kecil untuk para pelanggan tercinta. Saya hanya ingin berbagi kebaikan," kata si tukang sayur seraya berpamitan. Beberapa orang masih berkumpul di dekat poskamling dan membuka bungkusan yang diberi tukang sayur itu. Ternyata, bungkusan itu berisi serbet yang berlambang angka #7. Di dalam bungkusan, juga terselip amplop kecil berisi uang Rpl 2.000,00. Saat uang diambil, ada pesan di dalam amplop. "Jika terpilih, kami akan menambahkan sisanya, Rp 188.000,00." "Hahahaha. Begini yang dibilang bukan serangan fajar?" Orang-orang tertawa melihat kejadian tersebut. Teks 2 Farhan: Pak Martin kalau mengisi seminar kok tidak pernah beranjak dari tempat duduknya seperti yang lain. Kira-kira kenapa, ya? Jordan: Paling-paling, Pak Martin sedang kelelahan. 'Kan di rumahnya, Pak Martin juga menjalankan usaha. Farhan: Ah, iya. Benar juga. Ditambah lagi, Pak Martin juga aktif kegiatan sosial kan. Nando: Ah, kalian ini sok tahu. Pak Martin tidak pernah beranjak dari tempat duduk itu karena dia adalah pejabat. Jordan dan Farhan: Hah? Apa hubungannya? Nando: Ya kan kalau pejabat selalu berebut kursi. Pak Martin tentu tidak mau kursinya diduduki orang lain. Jordan dan Farhan: (bergeming tanpa ekspresi mendengar jawaban Nando) Perbedaan kedua teks anekdot tersebut adalah . .. A. Teks 1 menjelaskan pilkades, sedangkan Teks 2 menjelaskan pilkada. B. Teks 1 memiliki tiga tokoh, sedangkan Teks 2 memiliki banyak tokoh. C. Teks 1 disajikan secara naratif, sedangkan Teks 2 disajikan dalam bentuk dialog. D. Teks 1 menggunakan bahasa informal, sedangkan Teks 2 menggunakan bahasa formal. E. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang pertama, sedangkan Teks 2 menggunakan sudut pandang orang ketiga.

20

5.0

Jawaban terverifikasi