Megi P

06 Februari 2024 14:13

Iklan

Iklan

Megi P

06 Februari 2024 14:13

Pertanyaan

Pernyataan Yang Benar Mengenai Sembelihan Adalah


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 06:30

Jawaban terverifikasi

<p>Sembelihan, dalam konteks agama Islam, merupakan proses penyembelihan hewan yang diatur oleh aturan-aturan tertentu. Berikut adalah pernyataan yang benar mengenai sembelihan dalam Islam:</p><p><strong>Penggunaan Pisau Tajam:</strong> Sembelihan harus dilakukan dengan menggunakan pisau yang sangat tajam untuk memastikan penyembelihan dilakukan dengan cepat dan tanpa menyebabkan penderitaan berlebih pada hewan.</p><p><strong>Menyebut Nama Allah:</strong> Ketika menyembelih, orang yang bertanggung jawab atas sembelihan (biasanya seorang Muslim yang kompeten) harus menyebut nama Allah (bismillah) sebelum memotong hewan.</p><p><strong>Penyembelihan oleh Muslim:</strong> Sembelihan harus dilakukan oleh seorang Muslim yang baik akhlaknya dan beriman kepada prinsip-prinsip Islam.</p><p><strong>Mengikuti Aturan Syariah:</strong> Sembelihan harus mengikuti aturan syariah Islam yang dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Hadis, termasuk cara memotong dan bagian mana dari hewan yang diizinkan untuk dimakan.</p><p><strong>Tidak Memakan Daging yang Haram:</strong> Muslim dilarang memakan daging dari hewan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah atau yang disembelih oleh non-Muslim (kecuali Ahlul Kitab), dan dari hewan yang mati secara alami atau yang mati karena penyakit tertentu.</p><p><strong>Memberikan Bagian kepada Fakir Miskin:</strong> Ada anjuran untuk membagikan sebagian dari daging sembelihan kepada fakir miskin sebagai bentuk sedekah dan kepedulian terhadap sesama.</p><p><strong>Daging yang Halal dan Thayyib:</strong> Daging yang dihasilkan dari sembelihan yang sesuai dengan aturan syariah dianggap halal dan thayyib (baik dan suci).</p>

Sembelihan, dalam konteks agama Islam, merupakan proses penyembelihan hewan yang diatur oleh aturan-aturan tertentu. Berikut adalah pernyataan yang benar mengenai sembelihan dalam Islam:

Penggunaan Pisau Tajam: Sembelihan harus dilakukan dengan menggunakan pisau yang sangat tajam untuk memastikan penyembelihan dilakukan dengan cepat dan tanpa menyebabkan penderitaan berlebih pada hewan.

Menyebut Nama Allah: Ketika menyembelih, orang yang bertanggung jawab atas sembelihan (biasanya seorang Muslim yang kompeten) harus menyebut nama Allah (bismillah) sebelum memotong hewan.

Penyembelihan oleh Muslim: Sembelihan harus dilakukan oleh seorang Muslim yang baik akhlaknya dan beriman kepada prinsip-prinsip Islam.

Mengikuti Aturan Syariah: Sembelihan harus mengikuti aturan syariah Islam yang dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Hadis, termasuk cara memotong dan bagian mana dari hewan yang diizinkan untuk dimakan.

Tidak Memakan Daging yang Haram: Muslim dilarang memakan daging dari hewan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah atau yang disembelih oleh non-Muslim (kecuali Ahlul Kitab), dan dari hewan yang mati secara alami atau yang mati karena penyakit tertentu.

Memberikan Bagian kepada Fakir Miskin: Ada anjuran untuk membagikan sebagian dari daging sembelihan kepada fakir miskin sebagai bentuk sedekah dan kepedulian terhadap sesama.

Daging yang Halal dan Thayyib: Daging yang dihasilkan dari sembelihan yang sesuai dengan aturan syariah dianggap halal dan thayyib (baik dan suci).


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

perubahan sosial adalah...

4

5.0

Jawaban terverifikasi